!-- Leverage Chaching Fixed --> Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak - Small Things, Kecil Tapi Penting

Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak

Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak. Dear Temans, sudah setahun aku mengajar Kelas Jurnalistik di sebuah SD Islam dekat rumah. Merupakan  pengalaman baru yang berharga untukku sharing tentang menulis pada anak-anak secara rutin.

Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak 
Sebelum memutuskan menjadi mentor kelas jurnalistik, aku banyak berdiskusi tentang mengajar dari teman-teman yang sudah berpengalaman.
Kurang pede awalnya aku tuh, hehe. Maklum, nubie pisan. Apa saja yang akan diajarkan? Apa bahannya? Aku blank.Alhamdulilah, setelah ngobrol aku jadi lebih pede memulainya.
Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak
Bikin majalah dinding 
Teman-teman berbagi pengalaman bagaimana mencairkan suasana kelas, bagaimana membuat permainan kata dan banyak lagi. Pokoknya Kelas Teaching 101, deh. Hehe
Bahkan, aku dapat bocoran bahan mengajar dan kurikulumnya dari teman-teman. Baik banget kan mereka.
Terima kasih untuk bro dan sista di Grup Penulis Ceria, Nungma DNA Creative dan Dyah Setya dari Kelingan. Terima kasih banyak bimbingannya, ya!
Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak
Belajar wawancara

Nah, setiap mengisi kelas, biasanya aku membuat makalah sederhana untuk bahan anak-anak. Agar bahannya tidak terbuang,rencananya akan kubagikan di blog dengan tag: Tips Nulis Dedew. Semoga bermanfaat ya!

Cara Mudah Membuat Puisi

Halo, kalian tahu apa itu puisi?
Puisi adalah salah satu bentuk penulisan yang digemari banyak orang. Kalian juga bisa lho menulis puisi dan membacakannya di depan Papa dan Mama! Asyiknya menulis puisi karena isinya tidak terlalu panjang. Dibandingkan dengan menulis cerita pendek atau artikel.
Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak

Jadi, bagus untuk berlatih menulis. Jika sudah menulis puisi, bisa kalian kirimkan ke Majalah Bobo atau Koran Suara Merdeka. Sudah siap belajar menulis puisi? Yuk, mulai!
  1. Cari Ide di Sekelilingmu
Apa saja bisa menjadi ide menulis puisi lho. Misalnya, sahabatmu berulangtahun. Kamu bisa menulis puisi tentang ulang tahunnya. Apa yang ingin kamu katakan padanya hari itu, apa doamu untuk dia dan apa kado yang kamu persiapkan untuknya. Hehe.
  1. Buatlah Pohon Ide
Ingat pohon ide? Iya, kita membuat pohon ide, untuk memudahkan kalian menulis puisi. Aslinya sih, metode ini bernama mind map.
Tujuannya mengurai suatu topik agar lebih mudah kita tulis atau hapalkan.Metode ini seru banget untuk melatih otak, mengembangkan ide, dan banyak hal lainnya.
Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak
Mari menulis puisi
Untuk puisi kita bisa menerapkan metode mind map ini menjadi pohon ide. Pohon ide ini dibagikan oleh penulis produktif Semarang, Arinda Shafa di grup WA Kelingan alias Kelompok Literasi Ungaran.
Caranya mudah. Misalnya kalian ingin membuat puisi tema Mamaku Tersayang. Nah, kalian gambar pohon deh lalu tuliskan segala hal tentang Mama kalian.
Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak
Pohon Ide Foto Arinda Shafa

Misalnya: Mamaku cantik, Mama berasal dari Salatiga, Mama anak kedua, Mama suka pakai baju biru, Mama selalu tersenyum, Mama hobi memasak, Mama terkadang mengomel dan lainnya.
Nah, setelah semuanya terkumpul, kalian bisa memasukkan hal-hal di atas pada puisi kalian!

Mamaku Tersayang

Mamaku namanya Hana
Ia berasal dari Salatiga
Mama anak kedua
Mamaku cantik, suka tersenyum
Mamaku cantik, Apalagi kalau pakai baju biru
Mama hobi memasak dan aku hobi makan
Mama mengomel kalau aku tak bikin TR

Nah, mudah kan? Kalian tinggal masukkan kata-kata yang berhubungan dengan Mama ke dalam puisi lalu menambahkannya dengan kata-kata lain yang kalian anggap sesuai dengan puisinya.
Setelah itu, coba baca keras-keras puisinya saat kalian sendirian. Ada yang perlu ditambahkan, tidak? Kalau sudah enak dibaca, berarti puisi kalian sudah selesai!
  1. Rajin Berlatih ya!
Sudah bisa menulis puisi? Jangan lupa untuk terus berlatih setiap hari. Cari ide, lalu tuangkan dalam bentuk puisi. Nanti kalian akan terbiasa dan bisa menulis puisi dengan lancar. Selamat berlatih ya! Baiklah, sudah aku bagikan Cara Mudah Membuat Puisi Untuk Anak. Semoga bermanfaat :)



12 comments:

  1. Wah keren, go go mbak dedew, ilmu menulisnya ditularkan sama anak-anak, InsyaAllah berkah :)

    ReplyDelete
  2. Mbak Dedew, so inspiring.
    Keep up the good work mbak.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah... Dapat pencerahan dr mbak dedew... chalenging bgt mbak ngajarin anak2 bikin puisi

    ReplyDelete
  4. Wah boljug nih ide mindmap nya 😀

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas sharingnya, semoga bisa membantu banyak orang dan berguna untuk orang lain juga

    ReplyDelete
  6. Setiap sabtu
    Saya banyak waktu
    Bersama kamu
    Hingga hari minggu


    Kalo gitu masuk kategori apa mba.

    Hehe

    ReplyDelete
  7. Duhhh adekadek yang produktif banget sih. Baru tau Teteh ngajar, aduhhq mau jadi muridnya Teh 😍😍

    ReplyDelete
  8. Wah, sangat menginspirasi sekali nih mba :)

    ReplyDelete
  9. Waaah, boleh juga ini. Ngajari anak untuk nulis jadi lebih mudah. Makasih banyak ya, Mbak. Salam dari Purwomartani.

    ReplyDelete
  10. salam kenal bu. membuat tulisan ini saya kagum, sangat kagum. di saat saya sepertinya harus teriak soal literasi. Namun di sisi yang lain anak anak SD sedang giat mempelajari jurnalistik. Ini hebat menurut saya. Oh ya pohon ide, benar-benar sangat menarik. saya pun pakai. luar biasa, tetap semangat bu, salam literasi

    ReplyDelete
  11. salam literasi ibu. semoga anak sekarang bisa lebih mencintai literasi

    ReplyDelete
  12. Mbak Dewi, kereeen banget. Semoga istiqomah. Aku brlajar juga dong mbak. Buka cabang di sini, mbak.

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts