Tuesday, June 19, 2018

5 Destinasi Unik yang Wajib Kamu Kunjungi di Abu Dhabi

5 Destinasi Unik yang Wajib Kamu Kunjungi di Abu Dhabi. Dear Temans, beberapa waktu lalu dapat kabar kalau teman ngekosku dulu di Yogya kini tinggal di Abu Dhabi karena suaminya dapat pekerjaan di sana. Duh, mupeng! 



Hihi. Soalnya Abu Dhabi ini terkenal dengan tempat wisatanya yang unik dan serba wow.  Abu Dhabi adalah ibu kota negara Uni Emirat Arab (UEA) yang terkenal dengan lansekapnya yang futuristik tetapi tidak melupakan akar budayanya. Kamu dapat dengan mudah menemukan gedung-gedung dengan desain arsitektur yang seolah-olah diadaptasi langsung dari karya-karya fiksi ilmiah.

Sebagai salah satu sumber minyak bumi terkaya di dunia, Abu Dhabi sadar betul akan keterbatasan industri minyak sehingga terus mengembangkan industri pariwisata yang menarik antusiasme warga dunia. Kreatif bingit!

Nggak heran, berbagai maskapai berlomba lomba membuka rute menuju Abu Dhabi dengan fasilitas berkelas, termasuk pula maskapai nasional yaitu Emirates. Abu Dhabi pun berhasil menemukan keseimbangan antara budaya dunia dengan kearifan budaya lokal. 

Hal ini tercermin dari berbagai destinasi wisata yang bukan hanya menarik minat wisatawan lokal tetapi juga wisatawan dari manca negara seperti akuuh! Hihi. 

1. Museum Louvre Abu Dhabi 

Museum Louvre Abu Dhabi adalah museum karya seni dan peradaban dunia. Sedikitnya, terdapat 600 koleksi seni dengan berbagai jenis aliran dipamerkan di museum ini. 

Bahkan dipamerkan pula salah satu lukisan karya sang maestro Pablo Picasso yang belum pernah dilihat oleh masyarakat dunia. Bukan hanya karya yang dipamerkan, desain bangunan museum ini pun sarat akan nilai artistik. 

Bangunannya berbentuk kubus-kubus berbagai ukuran yang tersebar secara tidak beraturan, mirip dengan permukiman rural di tengah gurun. Museum Louvre Abu Dhabi juga dikelilingi oleh kolam air yang jernih sehingga membuatnya terlihat seperti berada di tengah oase. 

Seluruh kubus-kubus itu bersatu di bawah kubah raksasa yang dirajut dari panel-panel besi yang menyisakan celah-celah untuk tata cahaya yang apik. Menikmati karya seni dunia di dalam Louvre Abu Dhabi terasa semakin indah dengan pilar-pilar cahaya yang turun dari kubah raksasa tersebut. 

2. Corniche Road 

Corniche Road adalah jalan sepanjang 8 kilometer di tepi pantai berpasir putih. Di sepanjang jalan ini, kamu dapat menemukan berbagai hotel, restoran, dan pertokoan terpopuler di Abu Dhabi. 

Bayangin deh, kita bersantai menikmati pemandangan pasir putih yang bertemu laut biru dengan gedung-gedung futuristik Abu Dhabi sebagai latar belakangnya. 

Selain bersantai menikmati waktu di pantai atau restoran, kita juga bisa bersepeda menyusuri Corniche Road sambil menikmati keindahan Teluk Persia mulai dari pagi hingga dini hari. Semoga ada rezeki bisa ke sana ya, aamiin!

3. Sheikh Zayed Grand Mosque 

Sheikh Zayed Grand Mosque adalah destinasi terpopuler Abu Dhabi hingga saat ini. Selesai dibangun pada tahun 2007 atas permintaan presiden pertama Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, masjid ini merupakan salah satu masjid termegah dunia dengan 82 kubah dan 1000 tiang. 

Masjid ini memiliki desain arsitektur Islam kontemporer dengan memadukan arsitektur khas Kekhalifahan Fatimid, Kesultanan Mamluk, dan Kekaisaran Ottoman. Masjid ini pun terbuka untuk umum bahkan menyediakan tur gratis yang menjelaskan fakta-fakta sejarah dan kebudayaan Uni Emirat Arab. 

Kita bisa berkeliling menikmati kemegahan arsitektur Jazirah Arab sembari memperkaya ilmu sejarah. Nggak hanya wisata tapi juga dapat pengetahuan baru, yes.

4. Emirates Palace 

Emirates Palace adalah salah satu bukti dari kepiawaian Abu Dhabi meramu destinasi kelas dunia yang mengakar kuat pada kearifan budaya lokal. 

Terletak di Corniche Road, Emirates Palace adalah sebuah resort bintang lima yang menyajikan pelayanan selayaknya keluarga kerajaan. Resort ini dimahkotai lebih dari 100 kubah yang menghiasi bagian luarnya serta ribuan lampu gantung yang menghiasi bagian dalamnya. Wow.

Intip di internet, aku jadi berdecak kagum menyaksikan kemegahan kubah yang dihiasi oleh pola fraktal geometris khas Arab. Resort ini dikelilingi oleh kolam-kolam air, perkebunan hijau, dan pohon-pohon palem yang semakin membuatnya terasa seperti oase berbintang lima. 

Tidak perlu khawatir, karena resort ini juga menyediakan fasilitas bagi para non tamu yang dapat membuat kalian menikmati kemewahan seorang princess hehe.  

5. Masdar City 

Masdar City adalah sebuah kota pertama di dunia yang bebas karbon dan bebas limbah di dunia. Kota ini juga menggunakan energi terbarukan sebagai sumber tenaganya. 

Di kota ini, kamu akan menemukan kampus-kampus riset dan berbagai perusahaan yang fokus pada teknologi yang bersih, terbarukan, dan ramah lingkungan. 

Kita bisa menggunakan Personal Rapid Transit (PRT) yang berbentuk seperti kapsul untuk mengelilingi kampus utama. Satu hal yang unik adalah PRT tidak membutuhkan seorang pengemudi karena dapat bekerja secara otomatis. 

Masdar City adalah tempat yang tepat apabila kamu ingin mengintip seperti apa kota masa depan. Duh, kudu rajin nabung nih biar bisa mampir ke Abu Dhabi! Hwaiting!

7 comments:

  1. Rasanya pengen banget main ke sini tapi mbak saya gak bisa bayangin gimana bentuk lokasinya kalau gak ada gambar nih

    ReplyDelete
  2. Wah penasaran naik personal rapid transit di Masdar City itu, mungkin bentuknya kayak APM (Skytrain) tapi lebih kecil ya

    ReplyDelete
  3. pengen deh ke negeri arab, ingin tau sejarah dan jejak Nabi. Mudah-mudahan bisa kesana dan bisa mengunjungi destinasi terutama museum hehe..

    ReplyDelete
  4. Saya harus nabung keras kalau ke sini hehehe

    ReplyDelete
  5. Huaa.. Mupeng sangat ke Abu Dhabi!

    ReplyDelete
  6. Masdar City kok keren ya? Duh jadi pengen ke Abu Dhabi deh!

    ReplyDelete
  7. Keliatannya keren destinasi wisatanya, tapi kurang dapat gambaran nih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...