Monday, November 24, 2014

Blogging With Heart, Tips Menjadi Blogger Profesional Ala Mbak Indjul

Dear Temans,


Alhamdulillah, Kopdar bulanan IIDN Semarang kembali terlaksana. Setelah dua bulan nggak kopdaran karena lagi sok sibuk, sok sosialita, haha. Kopdar kali ini terasa istimewa, karena kami sukses menggaet *halah Mbak Indah Juli, dedengkot Kumpulan Emak-Emak Blogger dan blogger senior yang malang-melintang di dunia tulis-menulis dan blog. 

welcome to Semarang Mbak Indah Juli

Mbak Indjul sobat lamaku, kami sudah kenal sejak di Blogfam aka Blogger Family. Dakuw tertular virus ngeblognya di tahun 2005. Blog pertamaku adalah blog www.dedew80.boleh.com dan www.dedew80.multiply.com, yang keduanya sudah almarhum hehe. Kami sudah digusur dan aku hengkang kesini. Mbak Indah Juli selain blogger profesional juga menerbitkan beberapa buku anak.

Mba Indjul dan Akyu plus teman-teman Blogfam tempo doeloe

Seru dan kagum melihat prestasi dan sepak-terjang Mbak Indjul di dunia literasi dan blog, membuat kami ingin sekali mengundang beliau untuk sharing.  Alhamdulillah, hepi ketika tahu mbak Indjul sekarang menetap di Yogya. Kerugian blogger Jabotabek, adalah keuntungan bagi kami, haha *evil grin. Ya, mengundang Mbak Indah Juli jadi semakin mudah terwujud. Yogya kan tetanggaan dengan Semarang? :p

Alhamdulillah, kesempatan itu datang jua untuk orang-orang yang bertekad kuat dan sabar *eh apa sih. Jadwal Mbak Indjul ada luang bulan November. Dan dengan sigap dakuw colek-colek hehe. Officially now, Mbak Indjul bakal tampil di kopdar November! Yippiee!

Mulailah, geng panitia bergerak cepat. Mulai dari booking ruangan, yaitu Rumah Albi Tlogorejo, pesan snack, souvenir dan plakat. Dan tentu saja woro-woro peserta. Maklum, ruangan Albi terbatas. Kalau nanti peserta membludak dan terjadi chaos gimanaa? *eh.

Alhamdulillah, emak-embaks IIDN Semarang selalu antusias dengan ilmu. Apalagi ilmu ngeblog yang kini happening banget di dunia maya, langsung dari masternya. Kesempatan emas, bo! Peseta yang mendaftar sangat antusias. Proud of you, dear sista!

Yak,  di Hari H memang dakuw nggak bisa hadir, karena my lil girl Nailah demam sejak Rabu sore. Gagal ketemu Mbak Indah Juli, Mbak Wati, dan teman-teman IIDN yang belum pernah ketemu langsung, hiks. It's okay, yang penting ketularan ilmunya, hasil menyimak Twitter Lestari di @tarie_tar dan @keisyaavicenna. Makasih live tweetnya ya Taro dan Nungmaa..

So, dakuw share yaa, rangkuman dari Twitter Lestari dan Norma disini, biar jadi reminder aku juga biar lebih konsisten ngeblog. Alhamdulillah, berkat ngeblog dan berkomunitas di tahun 2005, dakuw bisa kenalan dengan Bhai Benny Rhamdani,  master cerita anak, yang konon main ke blogku, membaca postinganku, dan menawariku menulis buku pertamaku. Allah is great!

Saat ini, blogger mendapat tempat spesial, blog tak lagi hanya menjadi wadah menulis ngalor-ngidul, atau sekedar tempat curhat si galauers, blog kini bisa menghasilkan dan menjadi profesi keren. Kerjaan nulis itu kini tak hanya penulis buku, artikel, penulis skenario dan lain-lain. Blogger juga kini menjadi profesi menjanjikan. 

Yes, i'am a professional blogger!

Mbak Indjul mulai ngeblog di tahun 2003 dan mulai konsisten dan fokus di tahun 2010 lewat blognya www.indahjulianti.com. Jleb banget yaa, karena daku ngeblog juga sudah lama tapi hanya sebagai selingan hehe, untuk curhat geje, jualan, promo buku juga. Baru-baru sekarang deh insyaf kalau blog bukanlah sampingan. Jika ditekuni Inshaa Allah akan berbuah manis.

Blogging with heart, money will follow, quote jleb dari Mbak Indjul.

Mengapa Mbak Indjul ngeblog?
1. Sebagai rekam jejak kehidupannya dan keluarga.
2. Dokumentasi karya
3. Belajar HTML dasar
4. Untuk pekerjaan

Ngeblog bisa di blog gatisan seperti blogspot dan wordpress, di komunitas seperti Blogdetik dan domain berbayar.  Ngeblog di domain berbayar kudu lebih kencang usahanya, karena harus membayar tagihan domain setiap tahun, hehe.

Mbak Indjul blak-blakan membuat pengakuan kalau beliau mendapat 6 juta rupiah untuk pekerjaan pertamanya mereview satu produk. Wow, ngencees akyuu! 

Ah, itu kan Mbak Indjul, blogger senior, blognya keren! Kalau blogku apalah aku inii..

Eits, Nggak ada istilah blogger pemula, blogger semua sama saja. Semua yang terjadi dalam hidup, bukan kebetulan. Semua ada prosesnya. Dan untuk mengusahakan blog kita bisa keren dan menjual, tentu harus berusaha. Usahanya? Ya, blogging with heart, to Jeng!

Rahasia untuk menjual blog menurut Mbak Indjul ada 3: 

1. Konten yang menarik
Konten blog yang menarik tentu mengundang pengunjung untuk mampir ke blog, jadi blog kita naik peringkatnya, bisa dicek sendiri di Page Rank, Alexa. Menurut Mbak Indjul, jika blog kita punya tema khusus, kans untuk mendapat job review makin besar. Ya, misalnya blog resep seperti blog Mak Diah Didi, pengunjung blognya fantastis.  Atau blog khusus travelling seperti blog Mbak Katerina Rien. Aih, blogku masih serabutan! *tutupmuka.

2. Personal Taste
Apa yang kita tulis di blog adalah pengalaman personal kita, apa yang kita lihat, rasakan terhadap sesuatu. Begitu juga dalam menulis job review. Perusahaan ingin kita menulis nggak hard selling, blog kita dipilih berdasarkan pengalaman dan pandangan pribadi kita terhadap suatu produk. Menulis dengan hati, sesuai yang kita rasakan dan alami. Sharing experience, kata orang Jawa.Untuk job review, pertama tulis pengalaman pribadi kedua mulai jualan, ketiga, kombinasi keduanya.

3. Update Teratur
Nggak cuma makan dan olahraga yang kudu teratur. Yak, ternyata update teratur blog kita itu penting bingiits yaa! Pembaca setia blog kita pasti menunggu-nunggu apa yang kita posting. Update ini juga mempengaruhi animo perusahaan untuk mengontrak kita. Siapa yang mau mempercayakan job review kalau blognya saja suram? Jarang posting dan dipenuhi jaring laba-laba? Hehe. Bertamu saja takuut.

Nah, nggak terlalu sulit kan? Bisa kita usahakan. 
Tidak ada kata nggak bisa. Yang ada, mau atau tidak mau. Kita harus punya target pribadi. Kita mau apa? Kalau penulis, targetnya punya buku karya kita sendiri. Kalau blogger, apa targetmu?

Jangan berkecil hati dengan blog kita, merasa blog kita nggak ada apa-apanya dibanding blogger lain., (ups, gue bangeet ini, suka minder, hihi), Konsisten saja ngeblog, nanti ada hasilnya. Ngeblog nggak perlu neko-neko, jaim, apa adanya saja. Sesuai diri kita. Jujur. 

Untuk menjadi Blogger Profesional, ada 3 kunci: rajin apdet, blogwalking dan networking.

1. Rajin posting, minimal 1x seminggu. Daripada nggak apdet sama-sekali.

Malah Ollie, pengusaha dan penulis andal itu punya jadwal rutin menayangkan tulisan di blognya. Kan ada tuh cara setting, mengapdet tulisan di blog agar bisa tayang sesuai jadwal dengan otomatis, misalnya tiap Selasa tengah malam, nggak kalah dari tabloid hehe. So mulailah rajin posting,  Nggak mood-moodan kayak dakuw yang blogger abal-abal haha. 

2. Rajin Blogwalking,

Blogger nggak hidup sendiri. Yuk, saling mengunjungi. Mbak Indjul blogwalking minimal 10 blog setiap hari. Blogwalking satu hari untul blog teman, dua hari untuk blog baru yang belum pernah kita kunjungi. Wow, keren ya Mak! Inshaa Allah bakal rajin blogwalking dari sekarang. Yang kita butuhkan bukan follower, tapi orang-orang yang rutin membaca postingan kita, menjadi pembaca setia blog kita.

IIDN Semarang dan Mbak Indah Juli


3. Networking

Bergabung di komunitas blogger, termasuk aktif di social media. Socmed dan blog sangat berhubungan. Social media adalah pasar kita. Semua orang melihat dan menilai kita. Jadi, mulailah nyinyir cantik.

Kita harus nyinyir, tapi bukan nyinyir ngegosip atau black campaign lho. Nyinyir disini, nyinyir yang cantik, bawel promosi buku kita, karya kita, promosiin diri kita.

Nge-tweet link postingan terutama job review dari perusahaan kudu dilakukan. Itu adalah bagian dari pekerjaan kita, ketika menerima job review. Harus mempromosikannya. Bertanggung jawablah dengan pekerjaan kita. 

Menurut Mbak Indjul, Minimal nge-tweet 10 kali sehari, informasi yang kira-kira dibutuhkan orang diluar network kita. Share link postingan cukup di 1-3 komunitas, jangan di semua komunitas atau grup yang kita ikuti. Kekuatan socmed intinya viral, promosikan blog kita hingga tersebar. Bisa melalui Retweet dan G+

Aih, jadi punya pe er hari ini! Rajin apdet blog minimal seminggu sekali dan rajin blogwalking ke blog teman-teman 10 blog per hari, Bismillah. 

So, masih meragukan kekuatan blog dan socmed untuk karir dan kehidupan kamu? 
Pikir lagi! *iklan So Nice.

Photo Courtesy of Norma Keisya& Iwok Abqary













42 comments:

  1. Dapat ilmu baru lagi nih kita :)
    Thanx for share yaa say!

    ReplyDelete
  2. Aku juga baru berusaha konsisten ngeblog hahaha.
    Blogku masih gado-gado mak Dew :(

    ReplyDelete
  3. aduh makin manteb nih pantengin blog... siip makasih banget..Blog jadi pekerjaan, bukan sambilan.

    ReplyDelete
  4. @mba tatit: ngga pa pa mbaa...anggap aja tema kita: dunia perempuan, jadi segala bisa ditulis hehe...makasih udah mampiir..

    ReplyDelete
  5. @kak ery: ayo kaaak kita semangat, udah daftar KEB blom? blogmu kubilang potensial banget karena ada tema khusus: fashion and travelling, cucoook...tinggal rajin apdet, rajin promoin :*

    ReplyDelete
  6. @ardie; ayo maas, jadi blogger keren dari Ungaran :)

    ReplyDelete
  7. Mak Injul memang keren, seneng banget pas beberapa kali kopdar bisa mepet2 :D

    ReplyDelete
  8. Isshhh issshhh
    Kereeen banget siy mak.

    Dikau tdk hadir di TKP, tapi reviewnya super-duper-kompleet :))

    ReplyDelete
  9. Minimal blogwalking sehari 10 blog y mak...olrite, salah satu yg kukunjugi tulisan penuh manfaat ini :)

    ReplyDelete
  10. iyaakkk... dpt ilmu lg.. emang konsisten apdet itu kunci penting yaa..

    ReplyDelete
  11. Alhamdulilah, meski kemarin gagal datang karena harus menggantikan tugas teman. Tapi dapat ilmunya lengkap.
    Lemah lemah teles ya mbak... Hehe

    ReplyDelete
  12. Yg msih susah fiterapin:bikin konten khusus sama rajin ngetweet..secara eyke gagap twitter..hiks

    ReplyDelete
  13. makjleb banget mba...*bersihin blog yg udah bersarang...salam kenal ya mba..

    ReplyDelete
  14. Aku juga mau dong nyinyir cantik biar tajir ^_^ *lap2in blog yang kurang kenceng posting*

    ReplyDelete
  15. duh jd malu. blog saya gado2 n jarang update...
    makasih sharingnya, mak :)

    ReplyDelete
  16. @mak irma:aiih ada ibu cantiik mampir, nuhun yaa maak..

    ReplyDelete
  17. mak nurul:hahaha efek nyontek live twit tari dan norma nii maak *nyumput..kalau nulis sendiri bakalan bolong2 krn banyak rumpi en makannya :p

    ReplyDelete
  18. @ardiba: ngetwit itu gampang lho saaay...sini kuajarin hehe

    ReplyDelete
  19. mba @nita kenapa ngga jadi datang maak? next time join yaa

    ReplyDelete
  20. @inna:samaa maak, aku juga gado2 bingiits...:D

    ReplyDelete
  21. makasih udah mampir yaaa mak @jade ayu..mari rajin postiing hehe

    ReplyDelete
  22. @efi masa jarang apdeeet dirimuuu...:*

    ReplyDelete
  23. @widihe salam kenal ya saaaay nuhuun..

    ReplyDelete
  24. Makanya aku nggak sukses2, jauuuuh dari itu semua hahahaaa.... Kurang motivasi emang, karena memulainya cuma utk iseng2. Senang kalau ada sessi sharing gini jadi lebih termotivasi.

    ReplyDelete
  25. mak @lusi: aihh nggak sukses gimanaa? Dirimu salah satu blogger idolaku,tulisannya apik2 syukaaa...

    ReplyDelete
  26. Makasih tips2nya maak..
    berarti sekarang klo ikut lomba harus yg udah dipake ya produknya? :D

    ReplyDelete
  27. @ela:blogmu mah dah ciamiiik maak, keep it up!

    ReplyDelete
  28. Paling susah itu di sosmed, klo udh buka jadi malas beranjak haha

    ReplyDelete
  29. mak @esti itu lah penyebab naskah bukuk ngga kelar2 huhuhu...*ngeles ini sihhh

    ReplyDelete
  30. Makasih Ilmunya Mak.... sudah semua (perasaanku nih)..tp memang kudu lebih konsisten deh dan pantang patah hati krn ngersa kok blog ku sepi ya??? ayoo "jalan2" ke blog ku donk mak..kasih kritikan dan "nyinyiran" :p

    ReplyDelete
  31. mak @citra aihh dirimu merendah deh mak, dakuw dah main ke blogmu, apik dan pengunjungnya ratusan ribuu..tips ini mah lewaat :D salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  32. Thank u for sharing dan sdh berkunjung ke blog ku yg masih baru itu ya :)

    ReplyDelete
  33. Keren keren sekali nih mbak dewi... salam kenal..

    ReplyDelete
  34. ngeblog kalo hasilnya gak bisa buat beli nasi ya percuma, buang2 waktu kaya gak ada kerjaan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi banyak manfaatnya kok ngeblog selain materi, buat pelepas stres, dapat teman, dapat pahala, Alhamdulillah lewat blog, aku bisa dapat byk berkah..ngga hanya materi...

      Delete
    2. iya,,, nggak semuanya mesti diukur dengan materi. masih banyak hal-hal yang luar biasa yang nggak bisa dibeli dengan uang.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...