Saturday, March 22, 2014

Membaca Seribu Bulan, 360 Kisah Keajaiban Al-Quran

Dear Temans,


Nailah putriku yang sebentar lagi enam tahun, hobi sekali baca. Ia sudah bisa membaca lumayan lancar dan mulai menjadi kutu buku. Buku apa saja dilahapnya mulai dari Ensiklopedi, buku cerita hingga kisah Princess yang jadi favoritnya. Kebiasaan membaca ini bikin adeknya kesal, dan bilang Kak Nai nggak asyik hihi karena jarang mau diajak main bareng kalau sedang asyik baca.


365 kisah keajaiban al quran


Sudah lama saya mencari buku tentang kisah-kisah dalam Al Quran untuk Nailah. 
Ada beberapa buku rekomendasi teman yang saya beli. Tapi, saat ini belum tertarik dibaca Nailah. Mungkin karena satu cerita masih terlalu panjang untuk anak seusianya. Gaya bahasanya pun agak serius. 

Dan, daku menemukan buku ini.
Judulnya Seribu Bulan, 360 Kisah Keajaiban Al-Quran di Semarang. Karya seorang teman, Nurul Asmayani. 
Buku ini disusun berdasarkan 12 bulan Hijriah.
Konsepnya sama dengan buku-buku yang beredar saat ini seperti 365 Dongeng Disney dan sebagainya.
Setiap hari satu cerita selama 12 bulan. Kita bisa membacanya dari bulan pertama yaitu bulan Muharram atau secara acak.

Dari segi sampul buku, menarik. Ilustrasinya lucu dipadu tulisan judul yang blink-blink. Menarik minat anak atau ibunya untuk meraihnya di toko buku. Hehe. Tebalnya juga bikin wow. Buku Nurul Asmayani, anggota IIDN yang kini menetap di Jepang ini setebal 495 halaman. Ilustrasi bagian dalam pun menarik. Karya Innerchild Studio yang sudah tersohor terutama untuk buku anak. Saya suka gaya ilustrasi mereka.

Dari segi harga, mungkin agak mengagetkan ibu ya, hehe. Sekitar 198 ribu rupiah.
Tapi, harganya sih menurut saya wajar karena bukunya yang tebal dan padat ceritanya. Penampilan buku juga menarik.

Saya membaca buku ini, setiap cerita ternyata tidak terlalu panjang. Tapi gampang dimengerti karena bahasanya ringan untuk anak seusia Nailah. Ini dia yang saya cari. Buku anak koleksi saya yang bertema serupa, bahasanya agak serius dan membuat Nai mengerutkan kening. Ia jadi bosan membacanya. Hm, disimpan dulu deh. Nanti kalau ia sudah bisa membaca cerita yang lebih panjang bakal dikeluarkan lagi. Hehe.

Uniknya, ada penjelasan tentang setiap bulan dalam penanggalan Hijriah. Misalnya di Bulan Muharram adalah bulan yang haram bagi umat Islam berperang. Adapula peristiwa besar yaitu hijrahnya Rasulullah SAW dan Abu Bakar ke Madinah. Di setiap cerita juga ditulis ayat Al Quran darimana cerita itu berasal.

"Kak, coba deh baca.."
Saya menyodorkan buku ini dan Alhamdulillah, ia suka.
Kami berdua membacanya, sesekali ia bertanya.

Hore, Buku kesukaan Nailah bertambah satu deh.


Berikut Sinopsis Bukunya:

Sinopsis


Al-Qur’an, kitab suci yang kita muliakan, berisi panduan hidup dan kisah yang langsung berasal dari Allah Swt. Ada kisah tentang kemenangan dan kekalahan, kesedihan dan kegembiraan, kebaikan dan keburukan, juga keajaiban yang menakjubkan.

Disusun sesuai urutan 12 bulan Hijriah, Seribu Bulan: 360 Kisah Keajaiban Al-Qur’an ini bisa kalian baca dari bulan pertama, yaitu Muharam, atau dari bulan dan kisah mana pun pilihan kalian. Seru, bukan?

Berikut contoh kisah-kisah menarik yang pasti membuat kalian ingin membaca buku ini sampai habis:
- unta ajaib
- bayi Isa berbicara
- kerikil yang bertasbih
- minuman penghuni surga
- perjalanan malam ke langit
- alam semesta mengembang
- awan dan makanan dari langit
- Nabi Sulaiman as. dan semut,
- ketika Rasulullah saw. menangis,
- Nabi Musa as. berbicara dengan Allah, serta
- ketika Al-Qur’an diturunkan kepada gunung.

Dihiasi gambar berwarna-warni yang sangat menarik, buku ini juga dilengkapi pengetahuan tentang keistimewaan masing-masing bulan penanggalan Islam, petikan ayat Al-Qur’an, dan doa-doa pilihan. Ayo mulai membaca!


 Sumber: www.gramediapustaka.com


1 comment:

  1. buku yang keren nih :) ulasannya menarik banget Mbk :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...