5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat


Dear Teman,

Hore, April telah tiba! Buat refreshing, selain membaca banyak novel, aku menonton beberapa film Korea yang temanya menarik banget. Ya, seperti tagline drakor yang aku tonton beberapa waktu lalu, Kuat adalah Cantik Yang Baru, 5 film yang kurekomendasikan ini pun bertema perempuan kuat. 

Seperti dramanya, film Korea juga ternyata banyak yang bertema kemandirian dan pemberdayaan perempuan. Kita tahu, budaya patriarki di Korea juga kental, hal ini tercermin dari rendahnya gaji karyawan perempuan juga seringnya perempuan dilecehkan. Para perempuan di sana berusaha mendobrak budaya yang melekat ini dan memperjuangkan hak perempuan serta kesetaraan gender.

Di bulan Ibu Kartini yang menjunjung emansipasi perempuan, aku ingin berbagi 5 film Korea tentang perempuan kuat yang aku tonton di VIU. Penasaran apa saja? Kita simak bareng yuk!

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

 

1.Kim Ji Young, Born 1982 (2019)

Film yang diangkat dari novel laris karya Cho Nam Ju berjudul sama ini benar-benar mencerminkan betapa rumitnya menjadi seorang perempuan, ibu, sekaligus anak dan menantu di Korea. Walaupun settingnya Korsel, kita sebagai perempuan di negara lain merasa related dengan Kim Ji Young, tokoh utamanya.

Selain banyak tekanan agar menjadi lebih baik dari lingkungan sekitar, dan keluarga. Diperankan dengan apik oleh Jung Yu Mi, Kim Jo Young merasakan kelelahan terus-menerus sebagai seorang istri, ibu dan menantu. Ia yang cerdas dan ingin bekerja terpaksa harus tinggal di rumah mengasuh anak. 

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Drakor Yang Menghangatkan Hati

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

Tekanan serta baby blues yang dialaminya membuat ia menderita depresi. Ya, menjadi perempuan memang tak mudah. Kita dituntut berkorban dan berperan lebih banyak. Dalam film ini, banyak tokoh perempuan inspiratif seperti Ibu Kim Jo Young, Mi Sook yang diperankan Kim Mi Kyung.

Mi Sook mendidik anak perempuannya dengan setara, ia mendorong anak perempuannya untuk berkarir. Ada juga mantan bos Kim Ji Young, yang berusaha menyeimbangkan karir dan merawat anak. Sebuah gambaran kehidupan perempuan modern di mana pun, tak hanya di Korea.

Sosok pasangan Kim Ji Young diperankan oleh Gong Yoo yang berbeda sekali karakternya dari Goblin. Kita bisa melihat dukungan sang suami berperan sekali untuk pulihnya Kim Ji Young. Film ini begitu menginsirasi perempuan untuk berani menyuarakan pendapat dan membela diri sendiri. Film ini menuai kontroversi di Korea Selatan karena topiknya yang sensitif, tapi tetap banyak yang mendukung termasuk Presiden Korsel sendiri.

2.Mothers (2017)

Film yang diperankan Im Soo Jung ini juga berasal dari novel berjudul sama yang terbit tahun 2015. Film Mothers dirilis di ajang bergengsi Busan International Film Festival bulan Oktober 2017. Film ini berkisah tentang Hyo Jin, seorang janda tanpa anak berusia 32 tahun yang menutup usaha bimbingan belajarnya karena terus-menerus merasa kelelahan. Suami Hyo Jin meninggal dua tahun lalu.

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

Suatu hari, adik suaminya menemui Hyo Jin untuk meminta bantuan merawat putera suaminya Jong Wook (diperankan Yoon Chan Young) yang berusia 16 tahun. Jong Wook biasa tinggal bersama neneknya di desa, tapi neneknya terkena demensia dan dirawat di panti jompo.

Hyo Jin mengalami pertentangan batin, antara enggan merawat orang yang asing baginya dan kasihan melihat nasib Jong Wook. Hyo Jin harus mendapat tentangan dari ibu dan sahabatnya. Film yang disutradarai Lee Dong Eun ini berdurasi 108 menit. Kita disuguhi akting pemeran utama yang memikat. Bagaimana Hyo Jin akhirnya bersedia merawat anak mendiang suaminya dan berusaha menyesuaikan diri dengan anak remaja yang sedang mencari jati diri dan memberontak. Proses adaptasi dan saling mengerti ini menarik dan menyentuh hati. 

Baca Juga: Komik Perempuanmu

3.Little Princess (2019)

Film berikutnya, Little Princess begitu menyentuh dan bikin kita nano-nano nontonnya. Ceritanya bikin ketawa, terus menangis terharu. Berkisah tentang seorang nenek, Mal Soon (diperankan Na Moon Hee) yang hidup sendirian. Tiba-tiba, ia kedatangan petugas sosial yang menyerahkan kedua cucunya. Putrinya yang sudah lama meninggalkan rumah baru saja meninggal dunia. Awalnya, Mal Soon merasa keberatan harus mengurus cucu perempuannya, Gong Joo (Kim Su An) dan adiknya yang masih bayi. Apalagi, ia hidup pas-pasan.

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

Tapi, ternyata Gong Joo anak yang ceria, cerdas dan baik hati. Ia juga berbakat memotret. Dengan cepat Mal Soon jatuh cinta pada kedua cucunya. Kemalangan datang ketika adik Gong Joo mengidap penyakit langka dan akan diadopsi oleh pasangan dokter. Tak hanya itu, Mal Soon mengidap demensia dan harus dirawat di panti. Gong Joo jadi sebatangkara dan akan diadopsi dokter juga. Film yang digarap sutradara Heo In Moo ini bersetting tahun 2000. Kita belajar banyak tentang kekuatan kasih sayang dari Mal Soon dan cucunya, Gong Joo.

4.Baseball Girl (2019)

Kalian pernah menonton drama Weightlifting Fairy Kim Book Jo dan Itaewon Class? Maka kamu akan ingat siapa pemeran Baseball Girl ini. Ya, aktris berbakat yang punya akting yahud ini bernama Lee Jo Young. Ia bermain sebagai sahabat Kim Bok Joo, atlet angkat besi yang tomboy. Di Itaewon Class, perannya sebagai koki transgender melambungkan namanya. Aktris kelahiran 1992 ini punya seabrek prestasi di bidang akting seperti Actress of The Year di ajang 23rd Busan International Film 2018 untuk perannya di Maggie. Keren, ya! Film Baseball Girl ini pertama kali ditayangkan di Busan international Film Festival 2019.

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

Dalam film indie berjudul Baseball Girl ini, Lee Jo Young berperan sebagai Joo So In, pemain baseball perempuan di tim SMAnya. Ia berbakat dan ditakuti pemain pria. Sayangnya, saat akan lulus dan ingin masuk tim profesional, Lee Jo Young mendapat kesulitan karena ia perempuan. Tak ada pemain baseball pro di liga Korea. Walau ditentang oleh pelatih Choi Jin Tae (Lee Jon Hyuk) dan ibunya, So In berjuang keras untuk mematahkan stereotip bahwa perempuan tidak boleh main baseball. 

5.The Day I Died: Unclosed Case (2020)

Hyun Soo, Seorang detektif perempuan yang sedang proses bercerai dengan suaminya dan harus menghadapi dengar pendapat dalam kasus indisipliner. Diperankan oleh Kim Hyee Soo aktris senior yang sudah malang-melintang di dunia akting. Hyun Soo diberi tugas untuk membuat laporan tentang seorang gadis yang bunuh diri di pulau.

5 Rekomendasi Film Korea Tentang Perempuan Kuat

Se Jin (diperankan No Jeong Ee) yang menjadi saksi kunci dalam kasus penggelapan ayahnya, harus mengikuti program perlindungan saksi dan tinggal sendirian di pulau. Suatu hari, penduduk desa menemukan sepatu gadis itu di tebing dan juga surat permintaan maafnya. Ia diduga bunuh diri melompat dari tebing. Tapi, jasadnya tak ditemukan.

Hyun Soo pun menyelidiki kasus bunuh diri itu dan menemukan banyak fakta penting. Hyun Soo yang sedang banyak masalah ini merasa terhubung dengan Se Jin. Ia merasa dirinya dan Se Jin sama, berada di ujung tanduk dan tak ada tempat berpaling. Saat ia ingin menyelidiki kasus ini lebih dalam, ia ditentang bosnya. 

Menonton film ini bikin penasaran bagaimana nasib Se Jin dan Hyun Soo. Akting Kim Hyee Soo tentu saja tak usah diragukan lagi. Aktris cantik berusia 50 tahun ini sudah membintangi banyak drama laris seperti Signal dan Hyena. Ia juga kerap meraih penghargaan bergengsi di Korea.



Comments

  1. No 4 dan 5 belum nonton, Kim Hye Soo yg main mah wajib tonton ah

    ReplyDelete
  2. aku belum nonton semuanya huhuhu.. harus nih salah satunya ditonton supaya terinspirasi dan bisa dapetin hikmah dari cerita masing-masing

    ReplyDelete
  3. Aku baru nonton yg nomor 1 doang, Mbaaa
    memang ceritanya kuattt bgt.
    plot dan konflik keren.
    pemeranya juga daebaakkk
    Kece lahhh pilem2 korea eniihh

    ReplyDelete
  4. Wow banyak banget Ternyata film yang berkualitas. Sayangnya aku belum nonton sama sekali 😂

    Kayaknya bisa nih masuk sebagai tontonan saat bulan puasa

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah nonton semua judul drakor yang Mbak Dedew sebutkan di atas ekekekkekeke :) AKu denger2 Mothers paling panyak disenangi karena tokoh utamanya sangat inspiratif. Memang deh ya di Korea aktris2nya hebat sekali berakting. Ini juga kemajuan dan pemberdayaan perempuan di sana.

    ReplyDelete
  6. aaah wahai perempuan kuat di mana pun berada. Mari kita berkumpul dan saling menginspirasi yaaa mba. senang baca tokoh - tokoh ini

    ReplyDelete
  7. Nambah lagi nih daftar yang wajib ditonton... Kayaknya seru2 deh.. apalagi tentang tokoh perempuan tangguh..

    ReplyDelete
  8. Jadi perempuan tuh memang harus kuat ya.. apalagi sudah menjadi seorang ibu, karena ibu adalah teladan buat anak anaknya.. anak hebat berawal dari ibu yang hebat juga duh jadi curhat.. maacih rekomendasinya mbak

    ReplyDelete
  9. Huaaa.. parah deh, aku malah belum nonton semua. Seru-seru nih kayaknya, apalagi yang cerita detektif. Jadi pengen nonton deh aku.

    ReplyDelete
  10. Dari ke 5 film itu, film nomor 1 sudah ku tonton waktu di bioskop dulu. Eh, sekarang ada di Viu. 4 film lainnya antre nontonnya deh.

    ReplyDelete
  11. Saya masih belum betah nonton drakor. Tetapi, kalau film Korea udah ada beberapa yang saya suka banget. Dua di antaranya itu Kim Ji Young dan Little Princess. Banjir air mata deh saya menontonnya ^_^

    ReplyDelete
  12. aku senang klo ada drama korea yang lead femalenya punya karakter perempuan yg hebat dan kuat seperti ini, favoritku sih Mothers

    ReplyDelete
  13. Film Korea ini emang bikin penasaran gitu ya apalagi ceritanya tentang wanita kuat seperti ini Aku jadi penasaran gitu

    ReplyDelete
  14. Dari 5 film ini baru nonton yang pertama karena yang main Gong Yoo hehehe. Tapi ceritanya memang keren sih. Lainnya akan masuk daftar wajib tonton nih.

    ReplyDelete
  15. Aku belu mnonton semua mbak, tapi tertarik sama Baseball girol jadi inget Weightlifting Fairy Kim Book Jo soalnya

    ReplyDelete
  16. Cuma nomor satu yang pernah kutonton hehe, itupun krn sempet viral kyknya.
    Kalau yg lain sering liat aja di aplikasi film tapi belum pernah nyoba nonton, bisa nih masuk list tontonan selanjutnya :D

    ReplyDelete
  17. Dari semuanya aku cm pernah nonton kim ji young mba. Jd pengen nonton yg lain jg nih. Krn ceritanya seru2.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya seru juga nih di bulan April ini nonton film yang bertema kekuatan perempuan.
    Masih ngerasa kalau April itu bulannya perempuan

    ReplyDelete
  19. Aku baru nonton Kim Ji Young aja nih, jadi oenasaran sama film korea yang lainnyaaa.. nanti coba cari di Viu aaaahhh

    ReplyDelete
  20. Aku uda masukin wishlist nonton film-film di atas.
    Dari semuanya, baru Kim Ji Young yang uda aku tonton. Dan aku sedikit kurang menjiwai.
    Lalu setelah baca bukunya, baru "oh...kenapa Kim Ji Young begini itu karena latar belakang keluarganya juga too..."

    ReplyDelete
  21. Kelima Drakor ini belum nonton semua, tapi paling pengen sih yang nomor 5. Menarik kalo baca review mba Dew tentang The Day I Died: Unclosed Case ini. Noted dulu ntar nonton kalo udah kelar tayangan film yang sedang aku nikmati, hihii

    ReplyDelete
  22. Saya baru nonton 2 dari 5 list di atas.
    Baseball Girl ini juga jadi pemeran di Times kalau ga salah jadinya aku tonton sampai habis

    ReplyDelete
  23. Ada satu lagi mba film empress itu loh duh si jang na ra yang jadi pemeran utamanya. Edan semua mau bunuh dia.

    ReplyDelete
  24. Belum satu pun dari 5 film rekomendasi di atas aku tonton Mbak Dew. Mengangkat tema perempuan kuat, banyak yang bisa kita petik dalam ceritanya ya. Gak sekadar nonton drama tapi juga memberi nilai tambah dalam pengembangan pribadi kita

    ReplyDelete
  25. Langsung browsing film drama daftar lead female terakhir, Kim Hye Soo, Hyena!
    Adegang kissingnya menuai kontroversial juga ya.
    Juga filmnya sendiri, karena karakter lead femalenya yang strong dan smart!

    Kayaknya kudu nonton ne!
    Hyena.
    C-A-T-A-T!

    Terima kasih atas revienya, Dewiku!

    ReplyDelete
  26. Wah, aku belom nonton semuanya nih. Baru Kim Ji Young aja. Emang ya, drama Korea dan film Korea ini banyak yang menginspirasi. Berkarakter kuat. Orang yang selama ini sering ngomongin yang cinta-cintaannya aja. Padahal banyak banget cerita keren yang karakternya membuka mindset kita.

    ReplyDelete
  27. Kim Ji Young, Born 1982 saya nonton sekilas pas lagi staycation di hotel saat malam tahun baru kemarin.
    Jadinya gak konsen nontonnya.
    Tapi saya lihat emang ceritanya tipikal keluarga Timur, dimana istri tinggal di rumah mengurus keluarga padahal berpendidikan bagus. Kim Ji Young sepertinya kelelahan banget...

    ReplyDelete
  28. Belum pernah nonton semua list drakor diatas.

    Yang aku pengen nonton Kim Ji Young.
    Kisah tentang ibu di Korea selalu menarik buat ditonton. Sama seperti keseharianku sebagai IRT.

    ReplyDelete
  29. Karakter kuat dalam drama itu bisa kita jadikan referensi untuk pengembangan diri.

    sejujurnya ak belum pernah nonton drama drama itu. Bukan tipikal penggemar drama addict sih, hihihi

    ReplyDelete
  30. Ada dua yang belum aku tonton Teh. Little princess ama basball girl. Udah download lama tapi belum kelar semuanya seru ya ini filmnya teh

    ReplyDelete

Post a comment