5 Cara Ajarkan Anak Mencintai Rasulullah SAW

Dear Teman,

Sudahkah mendekatkan buah hati kita pada Rasulullah dan para sahabat Nabi?

Tak kenal, maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta, ungkapan ini juga berlaku bagi Rasulullah dan para sahabatnya. Jika kita tak pernah mengenalkan Rasulullah, menceritakan keteladanan beliau dan para sahabat, bagaimana anak-anak akan mencintai mereka?

5 Cara Ajarkan Anak Mencintai Rasulullah SAW
5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasuulullah SAW

Apalagi di masa sekarang, saat internet menguasai dunia. Serbuan film animasi dan game dari Amerika Serikat, Jepang dan Korea mendominasi. Anak-anak lebih familiar dengan tokoh Princess Disney, Pokemon, Naruto hingga Doraemon dan tokoh game Mobile Legend. Anak bisa menghapal seluruh nama anggota boy grup Korea NCT yang berjumlah 23 orang tapi tak dapat mengingat satupun nama sahabat nabi. Miris sekali, bukan?

Tentu saja kita ikut andil dalam hal ini. Mengapa anak-anak lebih akrab dengan tokoh film animasi dibandingkan para Khulafaur Rasyidin yang patut diteladani? Nah, 5 Cara ajarkan anak cinta Rasulullah adalah:

1.       Rajin Membacakan Buku Sirah Nabi sejak Bayi

Ya, saat ini berbagai penerbit di Indonesia telah menerbitkan seri buku Sirah Nabi. Bahkan, ada yang memiliki koleksi satu paket buku berisi 10 buku yang mengisahkan sejarah hidup Rasulullah mulai dari lahir, menerima wahyu pertama, berdakwah hingga wafatnya. Buku-buku ini memiliki penceritaan yang menarik serta ilustrasi yang berwarna-warni sehingga tidak membosankan untuk anak.


4 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Buku-buku tentang Nabi dan Rasul Allah

Jika anak kita masih balita atau usia TK dan SD awal, sekarang juga ada buku picture book, buku bergambar dengan halaman hardcover dan full colour mengisahkan kisah hidup Rasulullah secara singkat. Jadi, berapapun usia anak kita bisa membacakan buku Sirah Nabi tinggal pilih buku yang sesuai untuk mereka. 

Baca Juga: Sukses Jadi Penulis Biografi

Jadi teringat pada Dek Arkan, bocah delapan tahun anak seorang sahabatku. Setiap hari ia dibacakan sirah Nabi oleh ibunya sebelum tidur. Ia sangat mengidolakan Rasulullah. Bayangkan, setiap datang ke musala kompleks untuk salat berjamaah, ia selalu mengambil sapu dan menyapu musala.

“Rasulullah suka kebersihan, Bu.” Jawabnya ketika ditanya ibunya mengapa ia rajin menyapu musala. Masya Allah, terharu!

2.       Bercerita Tentang Keteladanan Rasulullah

Sebelum tidur, orang tua bisa membacakan buku atau bercerita pada anak tentang kisah-kisah keteladanan Rasulullah. Misalnya, aku menceritakan kisah Rasulullah yang tidak membalas perundungan orang kafir saat berdakwah. Aku ingin mengenalkan sifat sabar pada anak-anak. 


4 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Bercerita pada anak tentang Rasulullah

Lain kali, kita bisa bercerita bagaimana Rasulullah suka sekali bermain dengan cucunya. Menunjukkan ia suka sekali dan penyayang pada anak-anak. Kisah-kisah ini mendekatkan Rasulullah pada anak-anak kita. Mereka bisa mengetahui keteladanan Rasulullah seperti sifat kepemimpinan, jujur, dermawan dan lainnya. Makin cinta, kan!

3.       Menonton Film Tentang Keteladanan Rasulullah

Kita bisa mengajak anak-anak menonton film animasi yang menceritakan tentang kisah para Nabi dan Rasul. Misalnya Kabi: Kisah Teladan Nabi di Youtube Educa Studio. Educa Studio ini memiliki 54 ribu subscriber, lho. Selain kisah hidup Rasulullah, banyak juga video tentang Nabi lainnya.

Salah satu videonya cerita tentang Nabi Yunus dan Ikan Paus. Animasinya memang masih sederhana tapi menarik dan edukatif untuk ditonton anak-anak.

Kita juga bisa mengajak anak-anak menonton film animasi seperti Upin Ipin, Nussa dan Rara hingga Syaamil dan Dodo yang sarat nilai Islami tapi dikemas dalam tayangan yang lucu dan menghibur.

4. Memberikan Komik Islami untuk Anak

Untuk anak yang lebih besar, usia SD hingga SMA yang biasanya menyukai komik, bisa dikenalkan dengan komik Nabi, atau kisah pejuang dan para sahabat Nabi. Misalnya saja komik Rasulullah SAW Idolaku karya Dian K dan Aan W terbitan Qibla. Berisi komik strip meneladani Rasulullah, bagaimana beliau menghormati orang lain, selalu membantu yang kesusahan. 

5 Cara Ajarkan Anak Mencintai Rasulullah SAW

Anak suka kisah superhero? Banyak lho komik pahlawan Islami yang tak kalah heroik dibandingkan Kapten Amerika. Beberapa komik karya komikus Indonesia dari Studio Papillon Semarang yang menarik diantaranya komik pahlawan Islam Imaduddin Zanki dan Salahuddin Al Ayyubi. Ilustrasinya memukau dan plotnya menarik. Cocok untuk dibaca anak-anak kita.


5 Cara Ajarkan Anak Mencintai Rasulullah SAW

5 Cara Ajarkan Anak Mencintai Rasulullah SAW

 5. Mengenakan Kaos Bertuliskan Rasulullah

Saat ini, anak-anak hobi mengenakan kaos bergambar anggota Avengers atau Princess Disney saat beraktivitas. Kampanye film Marvel Studios dan Disney yang gencar membuat merchandise seperti kaos, jaket, tempat minum dan lainnya laris diserbu penggemar filmnya. Tak heran, Marvel Studios yang juga anak perusahaan Disney makin kaya-raya.

5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Bajunya nyaman dikenakan saat main bola

Strategi ini bisa dicontoh oleh para produsen baju muslim untuk membuat kaos menarik yang nyaman dipakai anak-anak. Bisa bergambar tokoh kartun Islami seperti Syaamil dan Dodo hingga tulisan kaligrafi Rasulullah dan para sahabat Nabi. Anak-anak akan bangga memakainya.

5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Alde, main bola yuk!

Kita bisa memperkenalkan anak-anak pada Rasulullah dan khalifah dengan menghadiahkan kaos bertuliskan nama Rasulullah dan para sahabat nabi. Tentu saja kaosnya yang nyaman untuk anak-anak kenakan untuk beraktivitas sehari-hari. Nah, Aldebaran memiliki dua kaos kurta yang ia pakai untuk belajar dan bermain. Harganya pun terjangkau Rp99.000,00 per buah.

5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Kostum main bola di lapangan kompleks

Tulisan di kaosnya adalah Khalifah Umar Bin Khattab dan Ali Bin Abi Thalib. Alde suka sekali kaosnya karena modelnya keren dan nyaman untuk dikenakan. Ia juga bertanya siapa saja kedua tokoh ini? Akhirnya, Mamak cerita deh kalau Umar Bin Khattab dan Ali Bin Abi Thalib adalah sahabat Rasulullah dan khalifah yang memimpin setelah Rasulullah tiada. Keduanya khalifah yang jujur, adil, berani dan bijaksana. Berkat kaos ini, Aldebaran jadi bertambah pengetahuannya tentang sahabat Rasulullah ya.


5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Kaos yang keren dan nyaman

5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Serius banget bacanya Dek

Tertarik dengan produk kaos kurta ini? Kalian bisa mengintip www.bajuyuli.com, produsen baju muslim untuk anak dari Bandung. Selain memproduksi baju muslim yang berkualitas, mereka juga menjualnya secara online di web jadi memudahkan kita yang tinggal di kota lain untuk membelinya.

Produk yang dijual di bajuyuli termasuk lengkap lho ada gamis anak, celana sirwal kargo, hijab, baju koko hingga kaos kurta anak yang seperti Aldebaran kenakan di foto. Cara pemesanan mudah tinggal buka webnya, pilih produk yang diinginkan seperti model, warna serta ukuran baju yang diinginkan. Informasinya detail banget lho di web. 

Baca Juga: Let's Read, Cara Mencintai Buku



5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Tampilan home bajuyuli.com yang rapi

5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah SAW
Detail kaos kurta bisa kamu baca di sini

Setelah itu, kalian bisa pesan dengan beberapa cara yaitu via WA, Shopee, Lazada hingga Tokopedia. Ingin pesan di Shopee? Tinggal klik linknya, langsung terbuka deh laman Baju Yuli di Shopee. Mudah bukan? Yuk, pakai kaos kurta keren kayak yang dikenakan Aldebaran.

Comments

  1. mba dewi nita mupeng ama buku anaknya...beby aku uda dalam taraf tertarik ama cerita tapi dia masih suka iseng nyobekij kertas...aku lagi cari buku yang kertas tebel biar ga disobekin hahhahah...btw benwr juga ya mengajarkan agama sama anak bisa juga dengan kaos seperti itu..cakep ih kaosnya si mas hehe

    ReplyDelete
  2. Wah, si kecil yang keliahtaan agak bongsor ini makin ganteng aja. pantesan baju2nya ekren soalnya belinya di bajuyuli sih hehehe :D Macam2 model dan motifnya ya, cakep, Mbak Dew. Oh ya, memang anak2 mesti suka baca buku tentang Rasul dan orang tua seharusnya bisa menceritakannya juga ya.

    ReplyDelete
  3. Suka banget mba. Cara mengenalkan, pendekatan ke anak. Noted..
    Masih banyak pr nya akuu nih. Oh ya bajuyuli aku pernah order, ada tshirt laki2 juga yaaa ternyata..

    ReplyDelete
  4. ternyata baju yuli gak hanya jualan baju tapi ada bukunya juga ya.. anakku pasti suka deh baca kisah rasulullah saw

    ReplyDelete
  5. Kaos bertema cinta kepada Rasulullah itu unik-unik dan memang melihatnya menimbulkan perasaan terharu gimana gitu.

    ReplyDelete
  6. mengajak anak mengenal Rasulullaah emang penting ya mbak
    Paling pas memang dikenalkan lewat buku ya mbak
    melalui cerita yg ada, anak jadi semakin mudah mengenal Rasulullaah

    ReplyDelete
  7. Bajuyuli ya, pas banget nih si bungsu bajunya udah banyak yang kekecilan. mau ke toko baju masih maju mundur aja.

    Saya belum pernah lihat YT nya educa studio, ntar mau cek ah

    ReplyDelete
  8. Nah ini bagus banget ya kaos bertuliskan nama sahabat nabi. Sepertinya kaosnya juga adem. Biasanya kaos anak-anak identik dengan super hero. Kalau seperti ini sekaligus mengenalkan nama sahabat nabi dan lebih mencintai nabi ke anak-anak.

    ReplyDelete
  9. Bajunya bagus-bagus ya, btw. Soal mengajarkan cinta Fosil, karena di sekolah ada pengenalannya, paling ngasih tambahan cerita sih. Alhamdulillahnya anak tahu sedikit-sedikit

    ReplyDelete
  10. Aku selama ini cuma mengenalkan lewat buku-buku aja. Nanti coba ngenalin lewat video juga deh di channel youtube itu.

    ReplyDelete
  11. Terharu dan terinspirasi sekali dengan Dek Arkan. Niatnya dulu pada saat dikandungan juga mau bacakan kisah Nabi dan sahabat, tapi sekarang malah terlupa. Baiklah diniatkan kembali, insyaaAllah mulai malam ini aamiin 🤲

    ReplyDelete
  12. Senangnya sekarang banyak cara menyenangkan untuk mengajarkan anak mencintai Rasulullah SAW. Insya Allah anak pun akan senang ya, Mbak

    ReplyDelete
  13. Mengajarkan tentang Nabi dan Rasul Allah memang harus dari sejak dini mungkin, ya. Selain membacakan kisahnya juga perlu nih mengenakan baju-baju yang mengandung cerita-cerita Nabi dan Rasul.

    ReplyDelete
  14. Kak Dedew emang super kreatif siy, ada beberapa cara emang agar anak ngerti dan meneladani sikap Nabi dan para sahabat. Selain buku dan video, pakai atribut di kaos/baju untuk mengenal Nabi dan sahabat ini cara cepat dan mudah emang...

    Btw, desain baju Yuli ini cakep juga ya kak, kekinian dan keren

    ReplyDelete
  15. Wah, di Bajuyuli ada kaos Kurta juga ya. Baru tahu, kirain cuma gamis anak aja. Ceki-ceki ke Sana ah, kepengen lihat koleksinya.

    ReplyDelete
  16. anak2ku juga dikenalkan dengan tokoh teladan dan amalan2 baik dengan kaos series kayak gini mba, dan emang beneran itu membekas lho di memori mrk. kayak kaos "lets sholat" yg difavoritin anakku yg cowok, sekarang dah kecil sih kaosnya tp dia masih suka. dan anaknya seneng banget klo harus azan di musholla krn dr kecil tuh suka terinspirasi dengan ajakan baik di kaos tersebut

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya Mbak, saya bukan pendongeng terbaik untuk anak-anak. Tapi sebisa mungkin semua yang saya pelajari dari mendengarkan ceramah di YT, saya ajarkan ke anak-anak juga. Selain tentunya membaca buku yang berisi keteladanan Rasulullah dan sahabat sahabat Nabi

    Kaosnya keren yaaa, anak-anak jadi lebih mendekat dengan panutan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  18. Idem mbak, anak2 jg aku bacain buku ttg Rasul dan sahabat sejak kecil. Dibacain tiap hari nanti biasanya anak2 akan kenal ya minimal. InsyaAllah kalau makin gede dan belajar akan makin cinta aamiin

    ReplyDelete
  19. Banyak cara untuk mendekatkan anak dengan Rasulullah ya mbak, bisa dengan membacakan kisah2nya. Btw kaosnya keren, cocok banget nih mau beliin ponakan

    ReplyDelete
  20. wah bagus bagus banget nih mak kaosnya, membantu anak anak lebih mencintai nabi dan para sahabat nabi yaaa.. Mau langsung liat liat ke webnya ah. Makasi infonya maaak

    ReplyDelete
  21. Sejak neng Marwah kecil saya rajin bacakan buku tentang Rasulullah dan para sahabatnya, supaya anak saya kenal dan cinta sama rasulnya

    ReplyDelete
  22. Aku tuh punya buku cerita tentang rasul waktu anakku usia 4 tahun dan salah satu temannya ngasih kado itu. Aku yang selama ini mencari cerita lewat media digital jadi berfikir saat itu, mendingan bacaan tentang komik aku ganti ke cerita rasul.

    ReplyDelete
  23. semakin banyak exposure yang kita berikan semakin mereka tau dan cinta pada nabi junjungan kita ya mbaa

    ReplyDelete
  24. Iyanih jarang banget Kita sbg orangtua menyediakan buku2 tentang cerita Rosullullah ya mereka Hanya dptkn dr cerita gurunya...

    ReplyDelete
  25. Cakep banget kaosnya Mak. Cocok nih buat dijadiin kado keponakan yang pengen masuk pondok pesantren tahun depan. Supaya makin rajin belajar dan meneladani apa yang sudah diajarkan Rasulullah kepada umatnya :))

    ReplyDelete
  26. Menginspirasi sekali, bagaimana dunia digital memberi contoh berbagai macam karakter, kita sebagai orangtua tidak boleh lengah dalam mendidik anak

    ReplyDelete
  27. Masyaallah tabarakallah memang teladan Rasulullah harus dikenalkan ke anak2 sejak dini ya mbak. Asli jd pengen sirah nabawiyah versi anak2. Keumala lg suka2nya dibacain buku jd pengen ngumpulin cerita nabi2 dan sidah juga. Btw kaosnya kece lho mo ngintip ah yg buat anaj cewek

    ReplyDelete
  28. Wah, saya sudah gak kebagian kata untuk memuji. Semua sudah diborong duluan... Tapi wajar sih, emang bener banyak cara untuk mengenalkan anak tentang sirah Nabiyullah 'alaihi wasallam dan para sahabat salah satunya melalui buku dan...kaos ini! Jempol buat mbak Dedew!

    ReplyDelete
  29. Sering lihat kaos anak-anak yang bertulis "anak Sholeh" atau "ayo sholat berjamaah" tapi baru kali ini lo lihat kaos bertuliskan nama-nama sahabat Nabi. Apik...

    ReplyDelete
  30. Saya setuju banget, tontonan anak-anak sekarang pun sudah mulai harus dipilihkan. Jangan sampai anak-anak jadi gak familiar sama ajaran Rasul karena terlalu asik sama film animasi lainnya😅

    ReplyDelete
  31. Perlu banget ya mom mengenalkan agama kepada anak, emang sih anak sekarang hafalnya nama karakter di game, malah nama pahlawan aja ga tau. kaosnya designnya jg bagus banget anak pasti suka juga

    ReplyDelete
  32. Waduh aku tersentil saat lebih mengenal anak NCT dibandingkan Rasullullah. Betul juga ya, sepertinya untuk mengenal dan mencintai Rasulullah bukan hanya untuk anak-anak, tapi kuta semua. Dan kalau aku masih anak-anak aku lebih suka didongengin cerita Rasulullah atau baca buku cerita anaknya hehe

    ReplyDelete
  33. Memang sekarang miris banget melihat apa yang dilihat, didengar dan ditiru anak-anak...sampai apa yang lebih menjadi idolanya sekarang...semoga ikhtiar yang mbak Dew sampaikan dalam tulisan ini bisa jadi ilmu bagi orangtua untuk selalu mengajarkan keteladanan Rasulullah sehingga bisa menjadi idola anak-anak...dan semoga usaha kaos anak Muslim www.bajuyuli.com mendatangkan pahala berlipat karena sudah menjadi jalan untuk anak-anak mengenal Rasulullah..aamiin

    ReplyDelete
  34. Wah... ada tambahan ilmu bagi kami calon Ibu mbak, di save dulu untuk masa depan hihihi

    ReplyDelete
  35. Wah makasih banyak mba sharingnya. Tips-tipsnya akan aku ikutin ke haura 🤗 btw bajunya bagus bgt mba dew... Bisa sekalian ngajarin sirah ke anak. ...

    ReplyDelete
  36. Menanamkan cinta Rasulullah SAW sedari dini benar2 menginspirasi.. Islam punya superhero sendiri

    ReplyDelete
  37. Menarik mbak artikelnya.. keinget jaman dulu sering minta dibeliin buku bergambar nabi-nabi hehe.. Semangat terus untuk Albe biar semakin sayang sama Rasulullah :)

    ReplyDelete
  38. menanamkan hal baik ke anak pas dia masih kecil lebih mudah membekas yaaa :") waaa kaosnya unik konsepnyaaa ❣️

    ReplyDelete
  39. Penting banget ini,
    saat zaman dimana tokoh fiktif lebih tonjolkan
    padahal ada kisah nyata yang bisa dijadikan inspirasi

    ReplyDelete

Post a comment