Merencanakan Liburan Lebaran di Cisarua, Bogor - Small Things, Kecil Tapi Penting

Merencanakan Liburan Lebaran di Cisarua, Bogor

Dear Temans,

Sudah jadi tradisi keluarga besarku, setiap habis Lebaran, kami piknik bersama-sama. Maklum, momen Lebaran ini adalah waktunya aku dan keluarga besar berkumpul lengkap di Bogor. Maklim, kami terpisah jarak. Abah, Mama dan adik bungsuku tinggal di Bogor.

Liburan lebaran keluarga di Cisarua
Liburan lebaran keluarga di Bandung


Adikku yang kedua, Wisnu tinggal bersama keluarga kecilnya di Jambi. Sedangkan aku tinggal di Ungaran. Aku hanya bertemu Wisnu and the gang setahun sekali pas Lebaran. Jadilah, momen berlibur dan berkumpul bersama ini sangat ditunggu.

Dari jauh-jauh hari, Mama dan adikku sibuk merancang perjalanan liburan kami. Mau kemana tujuannya, dan tentu saja, mau menginap dimana? Dua tahun lalu, kami sekeluarga menginap di Pantai Anyer, Banten.

Kami menginap di sebuah resort tepi pantai dan menyewa satu rumah dengan dua kamar di resort. Apa ya istilahnya? Resortnya cukup keren, dengan panorama pantai, kolam renang, lapangan tenis hingga spa. Asyik juga menikmati fasilitas hotel beramai-ramai. Kolam renang tentu saja jadi favorit anak-anak. Apalagi letaknya di depan rumah persis!

Lebaran tahun lalu, kami berlibur ke Lembang, Bandung. Ceritanya, ingin ganti suasana dengan pergi ke pegunungan. Agak nekad karena perjalanan ke Bandung via Puncak kan padat luar biasa. Jadilah, kami menikmati kemacetan hingga berjam-jam lamanya.

Liburan lebaran keluarga di Cisarua
Menginap di hotel Lembang

Belum lagi saat tiba di Bandung, kami juga harus berjuang melawan kemacetan menuju Lembang. Mabuk darat deh, hihi.

Tapi segala kelelahan terbayar saat tiba di resort yang kami sewa. Kami menyewa satu rumah seperti biasa. Dan rumahnya terbuat dari kayu dan bertingkat. Cantik sekali! Anak-anak langsung excited berkumpul di satu kamar.

Kami juga gagal piknik ke The Ranch karena mamaku sakit dan terpaksa kami ke IGD rumah sakit di Bandung. Ternyata, Mama kelelahan mempersiapkan bekal piknik dan terlambat makan. Akhirnya, sakit. Huhu. Alhamdulillah, sempat main ke Saung Udjo di Bandung.

Tahun ini, rencananya kami liburan ke hotel yang dekat-dekat saja dari rumah. Daripada habis waktu menembus kemacetan jalan, lebih baik kami manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan bersantai dan bercengkrama di hotel.

Liburan lebaran keluarga di Cisarua

Jauh hari, adikku sudah browsing untuk sewa vila di Cisarua, Bogor. Iya, pikniknya cukup ke Puncak Bogor saja walaupun kayak pindah bobok, haha. Daripada macet-macetan habis Lebaran? Pesan vila harus dari jauh hari karena musim liburan biasanya cepat sold out kamarnya.

Banyak pilihan hotel dan vila murah di Cisarua. Tinggal browsing saja di Traveloka. Tempat wisata juga banyak ya. Bisa nongkrong makan sate kelinci dan bajigur di Masjid Raya Puncak, bisa main ke Taman Bunga Nusantara hingga ke Taman Safari.

Liburan lebaran keluarga di Cisarua
Pesan hotel jauh hari biar dapat yang oke 

Jadi, nggak usah khawatir akan mati gaya kalau main di Puncak ya. Banyak pilihan kuliner yang enak-enak juga disini. Yang pasti, kami akan memilih hotel atau vila yang dilengkapi fasilitas kolam renang dan lapangan olahraga.

Aku juga ingin cari hotel yang ada fasilitas karaoke. Jadi bisa nyanyi-nyanyi manja dengan Pak Bagus yang hobi banget karaoke walaupun suara kami berdua tergolong berantakan. Haha. Yah, prinsipnya yang penting kami bahagia.

Tapi, kalau ada yang pingsan karena shock mendengar suaraku bernyanyi, gimana dong? Bahagia diatas penderitaan orang lain? Haha. Semoga rencana liburan lebaran di Cisarua tahun ini berjalan menyenangkan dan sehat semuanya, aamiin!

27 comments:

  1. Beberapa waktu lalu saya juga nulis artikel wacana lebaran mbak, tapi beda kasus soalnya keluarga besar saya mencar ke kampung mertuanya karena nenek disini sudah ga ada. Semoga lancar ya agenda kita, semua bergantung pada THR yang (semoga) nggak habis karena kalap lihat diskonan baju lebaran, hehe.

    ReplyDelete
  2. Menyenangkan sekaliiii kalo Libur Lebaran bisa amprokan bareng kayak gini ya.
    Semoga Lebaran thn ini, sodara iparku pd bisa ngumpul pulkam jugaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Wah iya ya kalo mau pesen villa tuh harus jauh2 hari karena pasti rame juga yang cari villa kalo liburan. Kalo di Jatim biasanya di Tretes tuh, libur lebaran banyak yang pesen villa, harganya juga pasti lebih mahal dari hari biasa.

    ReplyDelete
  4. Asyiknya liburan lebaraan sekalian liburan jalan-jalan wisata bersama keluarga ya. Tahun ini saya belum meerencanakan liburan ke mana nih, karena jadwal libur anak sekolah belum fix di sekolahan anak saya. Tahun kemaren saya pesan hotel melalui traveloka juga Mbak.

    ReplyDelete
  5. Moment liburan bareng keluarga pas libur lebaran memang banyak dilakukan oleh kita. Iya, setuju banget, karena pas lebaran keluarga besar ngumpul, jadi pas banget buat menikmati liburan bareng.

    Liburan ke Bandung pas libur lebaran? Bener-bener nekad, Mbak.. Macetnya itu yang luar biasa banget ya.

    Kalau nginep di Bogor kayaknya asyik juga ya. Menikmati kulineran khas di sana. Terlebih udara di puncak dingin, jadi sejuk..

    ReplyDelete
  6. Belom pernah ke cisarua aku kak.. Jadi pengen ngajak suami ama anak kesana berlibur nanti kalau ada waktu

    ReplyDelete
  7. Lembang tuh sekarang macetnya memang suka keterlaluan mbak, terutama kalo wiken.

    Padahal di kawasan Lembang tuh banyak banget tempat nge-heits yang happening banget mbak, selain Ranch tinggal nyebrang dikit main ke Floating Market mbak hehe.

    ReplyDelete
  8. Menyenangkan sekali ya Mbak bisa liburan sama keluarga besar di villa gitu. Kelihatan kompaknya antar anggota keluarga 😁

    ReplyDelete
  9. Senangnya libur lebaran tu gitu ya..bisa kumpul-kumpul bareng keluarga. Enaknya lagi semua bisa direncanakan jauh-jauh hari dengan bantuan aplikasi traveloka.. Duh, jadi pengen segera liburan nih...

    ReplyDelete
  10. mbaaa aku juga pingin piknik lebaran yg anti macet. tapi ga mungkin yaa hahaha

    ReplyDelete
  11. duh duh mbakkk beginilah kalau keluarga kita pada jauh2, untungnya selalu ada momen spesial, yautu hari lebaran untuk kita bertemu dan berkumpul dengan saudara2, pasti akan sangat menyenangkan. kalau keluarga saya sendiri semuanya tersebar disumut, jadi ga terlalu jauh kalo mau ngumpul, bahkan saling berkunjung di weekend juga hal yg mudah dilakukan

    ReplyDelete
  12. Aku kok kebayangnya bakalan macet ya kalau liburan ke CIsarua tapi memang moment liburan ini yang paling ditunggu ya mak.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah liburan lebaran di Jakarta tapi nggak pernah ke CIsarua. Tapi pengen juga ajak keluarga :)

    ReplyDelete
  14. Di puncak mah kayaknya semua jenis permainan dan kesenangan buat anak-anak udah serba ada ya Mbak. Mau ke kebun raya dekat ke Taman Safari juga dekat. Kolam renang tiap hotel dan resort menyediakan. Liburan gak usah jauh-jauh.

    ReplyDelete
  15. Tahun kmarin ini bareng kluarga besar nginap didaerah cisarua mba,,, 2 Hari 3 mlm explore Lembang kayaknya kurang bngt bulum semuanya dikunjungi

    ReplyDelete
  16. Seru banget ya, Mbak. Bisa liburan bareng keluarga besar.
    Memang udah jadi resiko ya, kalau liburan di masa-masa liburan panjang, ketemu dengan keruwetan jalan-jalan. Maceet!

    ReplyDelete
  17. Seru ya bisa libur lebaran bareng keluarga besar di Cisarua Bogor

    ReplyDelete
  18. Waa...asikk~
    Bisa nyanyi dan bahagia, itu penting.
    Masalah suaranya gimana...itu urusan flying watch, alias jam terbang.
    Ahhahah~

    Bandung selalu macet, gak wiken aja macet ruar biasaaak..

    ReplyDelete
  19. Wah, seru ya bisa liburan di Cisarua. Aku belom pernah ke sana. Palingan cuma lewat2 aja.

    ReplyDelete
  20. Kepengen juga bisa liburan bareng keluarga besar ginii, sayangnya masih terpisah jarak semua, adik dan emak masih di luar negeri mengais rezeki jadinya cuma keluara kecil saya aja deh liburannya hehe. Kebayang serunya nih mbak bisa liburan bareng.

    ReplyDelete
  21. Au lho mbak selama tinggl di Jakarta belum pernah samsek ke Puncak wkwkk. Abis pd bilang macet2 yaweslah aku msh males. Hihihi :D
    Tapi kyknya lebaran ini kami gak mudik jd mungkin bisa nih melipir ke Cisarua jg :D

    ReplyDelete
  22. Duh pengen banget ke skitar sini kalau pas liburan sama anak2... Pilihan destinasi banyak ya..

    ReplyDelete
  23. Seruuu bgt bs ngumpul keluarga besar gt. Sayangnya pas lebaran kemarin aq bs lama2 kumpul dg keluarga besar krn jadwalnya padaaat bgt

    ReplyDelete
  24. Aamiinn mba dew.. liburan di mna pun kalo emang bikin hepi ya insya Allah berkah. Ayo ajak aku juga

    ReplyDelete
  25. Aku dulu sering banget ke destinasi wisata Bogor karena selain dekat sama Jakarta, juga tidak terlalu mahal. Baca artikel ini jadi kangen Bogor

    ReplyDelete
  26. Aduh aku udah lama ga ke bogor, cisarua bisa jadi alternatif nih pas main ke bogor agak atasan dikit banyak wahana juga disana

    ReplyDelete
  27. Libur lebaran di Cisarua? Bakalan penuh dan macet, Mbak. Dulu ... banget pernah ngerasain berjam-jam di jalan. Hati-hati di jalan ya.

    ReplyDelete

Recent

recentposts