Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor. Dear Teman, Musim Liburan lalu aku pengen banget ajak bocah ke Perpustakaan Nasional. Sayangnya, kami kompak tepar karena batuk. Gagal deh. Tahu-tahu adikku mengirim gambar Instagramable perpustakaan unyu di Bogor. Wah, ke mana saja aku nggak tahu ada perpustakaan sekeren ini?
Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Mari membaca di Perpustakaan Cinta Baca Bogor

Langsung deh besoknya kami cuzz naik Grab ke TKP. Ulala, ternyata lokasinya tak jauh dari rumah. Tepatnya di Jalan Bogor Baru A2/17 Tegal Gundil, Bogor Utara. Sudah tahu kan ada gerai Batik khas Bogor Handayani? Nah, tidak jauh deh dari situ.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Bagian depan yang keren 

Ternyata, bangunan Perpustakaan Cinta Baca keren! Mirip kafe kekinian. Ada semacam tugu di depannya berbentuk tumpukan buku sebagai penanda perpustakaan ini.  Bagian depan bangunan berupa kaca tembus pandang. Aak, kok apik banget? Biarpun tidak terlalu luas tapi nyaman dan sejuk karena berpendingin udara.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Minta difotoin di sini Alde
Begitu masuk, langsung jatuh cinta dengan rak bukunya yang berbentuk unik, melingkar seolah membentuk labirin ilmu pengetahuan. Penataannya modern sekaligus nyaman. Kami disambut Bu Yati, ibu penjaga yang ramah sekali. Kami bertiga dipersilakan mengisi buku tamu. Di bagian belakang, ada ruang bermain anak yang dilengkapi buku bacaan, mainan edukatif hingga karpet serta bantal empuk.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor

Siang itu, perpustakaan Cinta Baca ini terlihat lengang. Hanya ada beberapa mahasiswa membaca serta para ibu yang mengajak anaknya berwisata buku di sini.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Isi buku pengunjung dulu

Kami akhirnya mengobrol dengan Ibu Yati,  sang pengurus yang ramah dan energik. Wah, ternyata perpustakaan Didirikan 14 September 2001 atas gagasan Bapak Pardomuan Nainggolan ini direnovasi tahun lalu dan jadi makin menarik. Tadinya, gedung perpustakaan ini layaknya rumah tinggal biasa.

“Sekarang banyak yang mengira ini kafe,” ujar Bu Yati tertawa.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Ruang baca yang terang dan nyaman

Perpustakaan ini dikelola oleh Yayasan  Cinta Baca yang peduli dengan literasi anak, membangun perpustakaan untuk tujuan agar anak cinta baca dan membangun masa depan lebih baik, aamiin.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Koleksi buku anak kebanyakan berbahasa Inggris


Di perpustakaan ini, kita bisa menikmati buku bacaan dalam suasana nyaman dan tenang. Anak-anakku langsung excited melihat koleksi ribuan buku. Bingung yang mana mau dibaca duluan, hihi. Maklum, kutu buku kabeh.

Aku langsung menuju rak novel dong dan ketemu novel Wonder karya R.J Palacio versi Bahasa Inggris. Bercerita tentang Auggie yang menderita kelainan pada wajahnya hingga berbeda dengan anak lain. Perjuangan Auggie dan keluarganya ini sudah difilmkan dan dibintangi Julia Roberts. Mbrebes mili bacanya hiks.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Spot Instagramable di Cinta Baca 

Di ruangan sebelah, nampak beberapa relawan Cinta Baca mengumpulkan buku, memilah  dan mengemasnya.

Ya, Tak hanya mengumpulkan buku bacaan untuk perpustakaan ini, para relawan Yayasan Cinta Baca juga mengumpulkan buku untuk disumbangkan ke berbagai daerah di Indonesia untuk dikirimkan ke berbagai Pusat Pembelajaran Masyarakat (PPM) berbasis perpustakaan di Indonesia.

Misalnya PPM di Medan, Palembang, Lampung hingga Bau-Bau. Sudah tahu kan, setiap tanggal 17 bisa kirim buku gratis ke taman bacaan melalui kantor pos? Ayo, sumbangan buku yuk! Hehe.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Keasyikan baca lupa pulang


Jadi, Buat kamu yang punya buku-buku yang tidak dibaca lagi terutama buku anak bisa lho didonasikan di Perpustakaan Cinta Baca ini. Bu Yati bilang mereka menerima buku apa saja terutama buku anak yang kondisinya masih bagus pasti disambut gembira oleh anak-anak.  

Perpustakaan Cinta Baca kini ada di 124 kota dengan kantor pusatnya di Bogor. Koleksinya ada 15.000 judul buku berbagai jenis mulai buku anak, buku remaja, novel hingga ensiklopedia

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Ruang bermain anak


Untuk membaca, kita bisa memilih duduk di sofa, lesehan atau di meja baca yang tersedia di beberapa tempat. Tinggal pilih. Tempat favorit anak-anak di pojok berkarpet di ruang bermain. Bikin mager hehe.

Buat kamu yang ingin meminjam buku, bisa lho daftar jadi anggota dengan hanya membayar Rp20.000 per tahun. Wow, murah ya!

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Ruang yang nyaman

Selain menyediakan ruang baca dan tempat bermain untuk anak yang nyaman, kamu juga bisa lho ikutan kursus bahasa Korea dan ikut klub bahasa Inggris yang dihadiri banyak mahasiswa asing untuk berbincang dan melatih kemampuan bahasa Inggris kamu. Seru banget kan?

Untuk komunitas yang ingin berkumpul dan butuh ruangan juga bisa menggunakan ruangan di perpustakaan ini. Menurut Bu Yati, grup Asinan Blogger dan Blogger Bogor pernah bikin acara diskusi di sini.

Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Nemu buku Wonder yang mengharukan

Saking betahnya, anak-anak ke sini sekitar tiga kali pas liburan kemarin. Nyaris nongkrong seharian karena Perpustakaan Cinta Baca beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu pukul 09.00-17.00 wib. Sungguh kagum deh dengan perpustakaan ini, bagaikan menemukan oase di Bogor. Jarang ada perpustakaan umum!


Perpustakaan Cinta Baca di Bogor
Gerakan Donasi Buku 

Memang ada sih Perpustakaan Daerah Kota Bogor tapi lokasinya jauh dari rumahku dan agak sepi. Jadi Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor nih.

Perpustakaan  Cinta Baca
Jl. Raya Bogor Baru Blok A2/17
Bogor, Jawa Barat
Telp. 0251-8354765, 087870321690
Buka Setiap Hari Pukul 09.00-17.00 WIB

35 comments:

  1. Tempatnya asik bgt mba. Bisa lupa pulang asik baca kayaknya misal ak sama adikku disitu hehe

    ReplyDelete
  2. Wah,baru tau nih ada perpustakan yang sebagus ini...

    ReplyDelete
  3. Kalau Perpustakaan nya sebagus ini, makin betah :)

    ReplyDelete
  4. Dilihat dari gambarnya,tempatnya bersih dan rapi.Keren banget Perpustakan ini...

    ReplyDelete
  5. Wah,diperpustakaan nya juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak.Jarang banget ada ..

    ReplyDelete
  6. Perpustakaan nya bisa dijadikan tempat tujuan buat liburan sekolah anak-anak,jadi juga bisa menambah ilmu.keren lah ada perpustakaan yang seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Wow, perpustakaanya cakep. Marakke betah baca. Penataannya bukunya juga apik.

    ReplyDelete
  8. Keliatannya nyaman banget nih perpustakaannya, apalagi sususnan raknya rapi banget. Kalau gini mas, siapa aja bakalan betah deh.

    ReplyDelete
  9. Instagramable banget perpusnya mbak :D apalagi yang tugu bentuk tumpukan buku gitu. Serunyaaa, surga bagi pencinta buku ini mah.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah akhirnya ada perpustakan keren seperti ini di Bogor. Mana #AsinanBlogger sempet kesebut lagi sama Ibu Kost hehehe

    ReplyDelete
  11. Beuh keren banget ini mah perpusnya, pantesan betah ya mbak.
    semoga di Karawang juga bakal ada perpus senyaman ini :)

    ReplyDelete
  12. Wah salut anaknya doyan baca sejak kecil. Dari depok deket nih ke bogor. Bawa ponakan buat baca di perpus yg kekinian udah gitu nyaman lagi gak berdiri.

    ReplyDelete
  13. Keren banget neh tempat mbak dew, udah aku save biar besok-besok bisa mampir. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  14. kayaknya aku kalo kesana bakal betag juga deh hihihi...soalnya keliatan seru banget tempatnya

    ReplyDelete
  15. Nah, kalo perpustakaan didesain seperti ini ... , berbeda dengan konsep lamanya yang kelihatan kurang menarik dan bikin ngga betah berlama-lama disana ..., pasti bikin pengunjung jadi antusias dan kegiatan membaca jadi lebih diminati banyak orang.

    ReplyDelete
  16. Asyik banget. Kalau di semarang/ungaran ada ga ya mbak? Pengen ajak anak ke perpustakaan biar gemar membaca.

    ReplyDelete
  17. wah saya baru tahu ada perpust keren kayak gini, anak2 pasti betah ya bun..sayang waktu mampir ke bogor blm tau.

    ReplyDelete
  18. Wah bisa lupa pulang kalo nemu perpustakaan asik kayak gini mbak

    ReplyDelete
  19. Widih.. kalo ketemu perpustaakn seperti ini siapa coba tak jatuh cinta... hehe
    desainnya unik, perpustakaanya juga bikin nyaman tuh kayaknya... aku bakal betah lama-lama di sini ^^

    ReplyDelete
  20. perpustakaannya keren banget mba.. mupeng deh liat buku2 selengkap itu. kalau aku kebogor anterin yaaa

    ReplyDelete
  21. Seruu banget tempatnya, coba di Smrg ada yg kayak gitu Mba

    ReplyDelete
  22. Duuuh..surga banget ituuuh... 😍😍

    ReplyDelete
  23. wow...asik banget tempatnya..anak2 bakalan suka nih

    ReplyDelete
  24. Keren, nambah lagi nih destinasi inceran ke Bogor, selama inu kalau ke Bogor ya ke Kebun Raya, ke Kedaik Kita sekarang ke Perpus deh

    ReplyDelete
  25. Wii.. Aq kok ga tau ada perpus ini

    ReplyDelete
  26. Wah...perpustakaannya syik ya Mbak. Dulu aku penghuni setia perpustakaan. Sejak menikah belum pernah ke perpustakaan manapun Kangeen perpustakaan...

    ReplyDelete
  27. Aak, bagus banget, anak-anak pasti seneng ini. Di semarang blm ada kayaknya ya mbak?

    ReplyDelete
  28. Iiiihh.. impian banget niy, one day bisa punya perpustakaan cantik yang ada mini cafe sekaligus workspacenya. Pasti bakalan betah banget..

    ReplyDelete
  29. Menarik peehatian banget.. dan model kreatif gitu bisanya bikin betah

    ReplyDelete
  30. Perpusnya keren sekali. Coba di kotaku ada perpus kayal gini, pasti bakal sering kudatengin. Interior dan koleksi bukunya bikin mupeng

    ReplyDelete
  31. weeewww desainnya keren.. bakal betah lama-lama di sana nih...

    ReplyDelete
  32. Wah, ini kalau ada di Demak, pasti ramai juga nih. Kebanyakan perpusda itu tempatnya kurang menarik, Mbak. Bahkan di beberapa tempat malah kesannya gelap gitu dari luar. Semoga makin banyak perpustakaan yang kece2 kayak ini.

    ReplyDelete
  33. Namanya bagus banget, Cinta Baca. Jadi pengen mampir ke sana.

    Btw, perpustakaan Cinta Baca ini tersebar di 124 kota, tapi kok aku gk tahu sama sekali ya? Wah, mesti banyak-banyak cari info noh kayaknya.


    Terima kasih sudah berbagi ya :)

    ReplyDelete
  34. kenapa saya setelah meninggalkan bogor ada tempat beginiaaan.. argghh seruuu

    ReplyDelete
  35. Wah mau ah kapan2 ngajakin anak main ke sana, apalagi buka sampai minggu, bisa ajak bapake. Ini kalau dr stasiun Bogor deket gak ya mbak rutenya?

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts