Saturday, April 14, 2018

5 Oleh-Oleh Khas Medan yang Nikmat dan Tidak Ada Duanya

Berburu 5 Oleh-Oleh Khas Medan yang Nikmat dan Tidak Ada Duanya. Dear Temans, Medan memang dikenal memiliki kuliner khas dan susah ditemui di daerah lain. Ah, salah satu wishlist aku banget nih berkunjung ke Medan! Semoga terwujud, aamiin!

Bolu Meranti (Foto: Bolu Meranti)

Salah satu kuliner yang harus kalian coba adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang rasanya juara. Untuk bisa mendapatkan mi ini kalian harus siap-siap antre dan rela kehabisan kalau datangnya terlambat. Laris banget siiih! Kayak Babang Reza Rahadian saja! 

Selain mi yang melegenda itu, kalian juga masih bisa membawa oleh-oleh khas Medan yang ciamik. 

Kalau kebetulan sudah booking tiket pesawat murah ke Medan, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh di bawah ini. Biar perjalanan ke Medan kamu semakin berkesan. Apa saja 5 oleh-oleh khas Medan? Yuk, intip..

 1. Bolu Meranti

Ini bolu favoritku banget, kalau Bokap tugas ke Medan pasti nitip oleh-oleh ini. Kalau ke Medan jangan lupa untuk membeli bolu meranti. Bolu yang cara penyajiannya digulung ini memiliki rasa nikmat dan tekstur yang lembut. 

Kalian bisa memilih bolu yang memiliki cukup banyak rasa mulai dari orisinal, cokelat, pandan, dan keju. 

Bolu unggulan di sini berjenis three in one dengan rasa keju, cokelat, dan blueberry.  Kalau aku sih lebih suka yang berlimpah keju. 

Selain bolu yang per kotaknya dihargai sekitar Rp60.000 ini, kamu juga bisa membeli kuliner lain seperti kue sus dan lapis legit di toko yang sama. Bolu Meranti bisa kamu beli di Jalan Kruing No 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B, Medan. 

2. Manisan Jambu Aguan 

Jambu biasanya dimakan langsung, dibuat jus, atau dimakan dengan bumbu rujak bersama mentimun dan buah lain. Di Medan, jambu tidak dimakan secara langsung, tapi dibuat menjadi manisan yang unik, nikmat, dan tahan lama. Hm, di Ungaran sudah banyak yang jual nih, ada tulisannya khas Medan, penasaran!

5 Oleh-oleh khas Medan
Manisan jambu (Foto: Dapurresep)

Jambu biji putih yang masih bulatan besar dikupas lalu direndam dengan air khusus. Saat akan makan, jambu akan dipotong menjadi kecil-kecil dan dicocol dengan sambal rujak yang disediakan. 

Manisan ini bisa didapatkan dengan mudah di jalan-jalan utama Medan. Namun, kalau kamu ingin yang lebih khas dan diolah dengan baik, silakan datang ke Toko Aguan yang terketak di Jalan Kruing No 3D. 

3. Sirop Markisa 

Ini juga kesukaanku, soalnya terkenang masa kecil di Makassar, sih! Kalau ke Medan jangan lupa untuk membeli sirop buah markisa. Biarpun rada ribet bawanya, hihi.

Sirop ini memiliki rasa segar dan memasukkan rasa manis gula alami dan asam dari buah markisa. Sebenarnya sirop ini tidak dibuat di Medan. 

5 Oleh-oleh khas Medan
Sirup Markisa (Foto: ZonaMakan)

Para pedagang banyak membawanya dari daerah Berastagi yang merupakan pusat produksi buah markisa terbesar di Sumatra Utara. 

Untuk mendapatkan sirop buah markisa terbaik, jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya. Beberapa sirop tidak menggunakan pengawet sehingga tidak bisa bertahan lama. Segera habiskan!

4. Kacang Sihobuk 

Kalau di Bali, ada kacang rocker, di Medan kamu bisa mencicipi Kacang Sihobuk yang sangat nikmat. Kacang ini diproduksi di Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang ini bisa ditemukan dengan mudah di Medan dan kerap dijadikan oleh-oleh. 

5 Oleh-oleh khas Medan
Kacang Sihobuk Khas Medan (Foto: Okezone)

Yang menarik dari kacang ini adalah cara pengolahannya. Kacang dimasukkan dalam kuali raksasa yang sudah diberi pasir. Selanjutnya kacang dimasukkan ke dalam sana dan dimasak hingga matang merata. Unik bangeet!

5. Kopi Sidikalang 

Para penggemar kopi pasti tahu nih! Kopi ini adalah salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi ini diproduksi di kawasan dataran tinggi Sumatera Utara termasuk Medan. 

Kalau kalian berada di Medan jangan lupa untuk membeli kopi yang dibuat dari biji terbaik dan disangrai dengan cara tradisional yang terjangkau. 

5 Oleh-oleh khas Medan

Harga kopi Sikidalang cukup murah di Medan. Namun, saat sudah sampai di supermarket atau keluar kota, harganya jadi mahal. Jadi, lebih baik segera memborong kopi ketimbang menyesal di kemudian hari. 

Bah, menggoda banget kan 5 Oleh-oleh khas Medan? Selamat merencanakan jalan-jalan di Medan. Jangan lupa buat itinerary yang detail ya. Selain itu, pesanlah tiket pesawat ke Medan di website penyedia tiket pesawat terbaik seperti Airy.

5 comments:

  1. Kalau ada sodara balik dari medan biasanya ditodong bolu meranti dan bika ambonnya, mba dedew. nyumm!!

    ReplyDelete
  2. Lah, belum pernah nyobain manisan jambu tuh. Gimana ya? Jadi pingin nih, hihi.

    ReplyDelete
  3. Bolu Meranti wajib banget kalau ada kawan ke Medan hehe

    ReplyDelete
  4. sepertinya kacang sihobuk mantap juga tuch, boleh juga direkomendasikan untuk bisa beli jika main ke medan nanti

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...