Monday, December 18, 2017

Aku dan Mama, Sahabat Terbaikku :)

Dear Teman, Sebentar lagi hari Ibu yaa. Wah, mau kasih kado apa ni buat Mama sahabat terbaik kita di rumah? Hehe dalam rangka merayakan Hari Ibu tahun ini, tema arisan pemenang #ArisanBlogGandjelRel putaran 17 kali ini adalah Aku dan Ibu. Asyiiik. 

Ngedate di Cimory Puncak Bogor

Siapa pemenang arisannya? Yak, ada Chela Si Guru Kecil yang tinggal di Purwodadi dan Noorma ibu dosen di Pekalongan yang jago nyanyi. Keduanya suka menulis tentang pengalaman mereka sebagai pengajar di blog.

Aku dan Ibu? Sudah sering kutulis tentang Mamaku, Nurhayati seorang perempuan tangguh kelahiran Enrekang, Sulawesi Selatan ini. Ada di buku Absolutely Kribo dan Anak Kos Dodol. Mamaku yang perfeksionis, tukang ngomel, serba bisa, modis dan pendukungku nomer 1. 

Ya, serba bisa karena mamaku mantan guru SD yang jago masak, menjahit, main tenis hingga merangkai bunga dan main kolintang, hihi. Super bangeet.

Minta difotoin hihi

Mamaku tipikal orang Bugis yang keras tapi hatinya baik. Nggak tegaan pada orang lain. Jadi, kalau ada teman atau saudara kesusahan, berusaha semampunya dibantu. Mamakulah yang juga membantuku melalui masa sulit di ketika aku sakit tahun 2013. 

Yang membesarkan hatiku dan menghibur. Mengingatkanku untuk selalu berharap dan berdoa pada Allah. Yang menyisipkan doa untukku di setiap sujud malamnya. Duh, aku pengen nangis nih jadinya. 

Sebagai anak pertama dan perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara, aku berjiwa pemberontak. Kerjaanku berantem dengan Mama hingga kami berdua nangis saat aku remaja. 

Di mataku dulu, Mama ngeselin, tukang ngatur dan nggak pernah capek ngomel. Hehe. Tapi, Mama juga nggak tegaan. Aku beberapa kali izin ingin berkemah dengan teman-teman Pramuka SMA. 

Mama dan solmetnya, Abah hehe

Mama melarang karena khawatir. Aku protes sampai akhirnya sakit demam. Eh, Mama akhirnya luluh. Jadi pas nonton Film Chrisye ada adegan Chrisye sakit karena dilarang ke New York, aku malu sendiri. Duh, lebay banget ya gue dulu? Haha.

Terus, Setelah punya anak dan  menghadapi bocah yang terkadang sulit diatur, aku jadi teringat betapa lelahnya Mama menghadapiku. Mulai dari kecil hingga remaja. Capek hati. Capek pikiran. 

Duh, baru deh aku nangis-nangis memohon ampunan pada Allah dan sungkem ke Mama.
Ini didandanin Mama hehe 

Sejak mulai beranjak dewasa, Mama adalah sahabat terbaikku. Biarpun usiaku mendekati 38 tahun, masih sering dicerewetin Mama baik di telpon atau pas aku mudik Bogor, hehe. 

Biasanya topiknya jangan lupa kasih makan anak yang bergizi. Kami rutin ngobrol via WA grup dan telpon. Kalau aku mudik Bogor, kami ngerumpi dan jalan-jalan berdua, wisata kuliner atau cuci mata di mal. 

Kalau ada apa-apa, Mama biasanya curcol ke aku karena kalau ke teman atau saudara, beliau sungkan. Biar kita sendiri yang tahu jika ada kesulitan. Orang nggak perlu tahu, kata Mama. Beda dengan netizen zaman now yang prinsipnya seluruh dunia harus tahu, hehe. Semua diumbar di media sosial.

Orang-orang tercinta semoga sehat selalu aamiin

Yang paling berkesan, Mama hobi packing koperku kalau aku ada acara mengisi seminar atau jadi juri. 

Mama memilihkan baju, padu padan  baju dengan hijabnya. Bahkan dipadankan dengan tas pinjaman dari Mama dan kalung cantik, hihi. Tahu kan, Mamaku yang mengilhami cerpen Miss Matching di bukuku haha. Selera berpakaiannya memang bagus. Nggak akan pakai baju yang baru dibelinya jika belum menemukan hijab serasi atau bahkan tas tangan serasi. Kalah deh anaknya. Hihi. 

Jadi jangan heran, kalau penampilan manggung Dedew di Jakarta dan Bogor, kerap lebih kece daripada kalau lagi ada di Jawa, haha. Sebab penampilan Dedew di Jakarta ada penata gayanya, Ibu Nurhayati, cuuy. 

Kalau pentas di Semarang, itu murni kreasi Dedew yang kadang asal comot baju saja di lemari. Srett, sreet. Kadang lupa atau malas disetrika, haha. Kalau sudah begitu, komentar deh Ibunda Ratu di Bogor gegara lihat foto di Instagramku. Bajumu kok kusut banget? Haha. Rasain lo, Dew! 

Semoga Mama dan Papaku, Ibu dan Bapak mertuaku diberi kesehatan dan umur panjang. Aamiin. Semoga aku bisa membahagiakan mereka, orang-orang tercinta, aamiin. 

16 comments:

  1. Mamahnya mbak dedew hampir mirip mamahku, sama dong teman terbaik dan curcol mama, semoga mama mamah kita diberi umur panjangdan selalu sehat ya mbak dew 😊

    ReplyDelete
  2. Hwaaaa... kereeeennn mamahnya mba dedew. Pantes anaknya meni keren pisan euy.... 😘😘

    ReplyDelete
  3. Ibuku, sahabatku. Hehehehehe :D Orang pertama yang tahu saat aku jatuh cinta. :'D Semoga ibuku dan Mama Mbak sehat selalu.

    ReplyDelete
  4. Mba dedew cerita ttg mama jadi ingat kalau di novel sosok mama galak wanti2 bgt supaya anak kosnya ga nakal di perantauan yak. Hihi. Semoga beliau sehat selalu.

    ReplyDelete
  5. Waah...miriip ya sama Mamahnya.. Salam buat mamahnya dan doa semoga beliau sehat2 selalu...

    ReplyDelete
  6. Ibunya gahul bgt ya mbak..pinter mix and macth tuh enak banget mbak.jadi makin eye catching.xixi...semoga ibu sehat selalu

    ReplyDelete
  7. Iya beda banget dandanan saat kopdar di semarang sama pentas di ibukota, hahahaa. Moga sehat selalu Mamanya, Mba Dew, aamiin

    ReplyDelete
  8. Tidak ada habisnya kalau mengenang semua kenakalan kita dan kesabaran ibu. Apalagi saat sudah punya anak, duh berasa jadi punya dosa besaaar karena ngalamin sendiri gimana susahnya ngatur anak...

    Sehat selalu dan berkah untuk mama, mama mertua dan semua ibu di mana saja. Selamat jelang Hari Ibu :)

    ReplyDelete
  9. Oma Ati itu persis banget sama Mamiku. Mrs.Perfectionist, termasuk soal mix n match busana. Beli baju, harus cari rok & jilbab senada, haha...
    Sehat2 terus Oma Ati & Opa Deny 🙏

    ReplyDelete
  10. Semoga mama sll sehat yaa mb dew, keren bangeet mamanya, perfek :*

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata ada stylist pribadi toh di bogor. Mama cantik deh kek mbak dedew

    ReplyDelete
  12. Cantik sekali Mbak, ibunya.. Mbak dew mirip banget yaa..

    Kalo ibuku skrg baru ngerti fashion mbak hehehehehe...

    ReplyDelete
  13. dua-duanya sama eksis ya...
    kayaknya akrab banget jadi inget my mom juga heheh

    ReplyDelete
  14. Asyiknya punya penata gaya haha... Kalau sebelum manggung di Jawa, konsul dulu via WA memungkinkan gak? Tapi nanti pasti kangen omelannya sih hihi

    ReplyDelete
  15. Ah mama so sweet, sampai packingin baju segala, kalo mama ku sering bungkusin makan buat aku bawa mbak

    ReplyDelete
  16. aamiin ya robbal alamiin, semoga aku bisa membahagiakan ibuku juga yang udah ga sabaran banget pengen punya cucuuu :')

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...