Tuesday, September 5, 2017

Maeve Binchy Menulis Kisah Perempuan untuk Para Perempuan


Maeve Binchy Menulis Kisah Perempuan untuk Para Perempuan. Dear Temans, Satu lagi penulis favoritku. Her name is Maeve Binchy From Irlandia. Ia lahir di Dalkey, Dublin pada tahun 1940. Ia seorang penulis produktif, penulis skrip, juga pembicara seminar. 

RIP Maeve Binchy

Aku menyukai karyanya sejak tahun 2011. Pertama mengenal beliau lewat lapak buku bekas di pameran buku. Siapa ya? Namanya terdengar asing. Dan memang, buku-bukunya belum pernah diterjemahkan di Indonesia. Ternyata, aku yang katrok. Karyanya di luar negeri sudah tersohor.

Dia terkenal suka menulis novel bertema human nature, tokoh utamanya perempuan yang nampak rapuh tapi kuat, dan endingnya sering tak terduga.

Buku Novel Maeve Binchy koleksiku

Iyaa, berawal nemu buku Maeve Binchy secara nggak sengaja malah jadi cinta. Aku tertarik membelinya hanya karena ada label Oprah Book Club disampulnya.

Biasanya kan buku-buku yang dibahas Oprah bagus-bagus dan mengangkat sisi hidup perempuan dan perjuangannya. Kubelilah buku itu.

Kubaca-baca di rumah eh seru. Judulnya Tara Road tentang berharganya sebuah rumah bagi seorang perempuan. Bagaimana seorang perempuan terangkat statusnya karena sebuah rumah. Bagaimana ketika rumah itu harus ia lepaskan?

Akupun baru tahu ternyata, Buku-buku Maeve telah diterbitkan dalam 37 bahasa dan terjual lebih dari 40 juta kopi! Wow...salto sambil kayang! Indonesia kapan niih? 

Whitehorn Woods

Hore, beberapa waktu lalu dapat lagi novel Maeve Binchy judulnya Night of Rain and Stars. Kali ini kupesan via online book store yang menjual buku bekas kondisi bagus. Hardcover lagi yang ini. Ternyata isinya juga bikin makin fall in love pada beliau. Duh, mana ya buku ituu? Kok nggak ada di rak? #panik.


salah satu best seller Mrs Binchy

Novel Maeve yang kubaca terakhir adalah Echoes dengan setting Castlebay, kota kecil di tepi pantai yang ramai saat musim panas. Semangat Clare, seorang anak pemilik toko kecil yang berniat mengubah hidupnya dengan rajin belajar dan les privat  dibimbing Angela O'hara, gurunya. Clara berhasil mendapat beasiswa perguruan tinggi terkemuka di Dublin.

bukunya juga sudah difilmkan

Setelah itu, aku kecanduan baca Maeve. Setiap hunting buku, rajin mengubek-ubek mencari novel Maeve lainnya. Eh, lucky me. Aku dapat lagi buku lainnya, judulnya Circle of Friends, tentang Benny dan sahabatnya dari desa dan berkuliah di Dublin. Benny gadis bertubuh besar dan sederhana ditaksir Jack, idola kampus. Bak mimpi. Hingga ada kejadian tak terduga memisahkan mereka. 

Ya, bukunya banyak lho Mrs. Binchy. Aku masih terus berburu buku-buku beliau nih tiap pameran buku. Ingin melengkapi koleksi buku-buku beliau. Tapi sedang sukanyabeliau karya beliau tahun 2012 eh dapat kabar duka. 

Pada 30 Juli 2012, Maeve Binchy meninggal dunia pada usia 72 tahun. Sebelum meninggal, ia sibuk menyiapkan novel terbaru yang ternyata buku terakhirnya bersama sang editor. Judul bukunya A Week in A Winter yang  terbit bulan November 2012.

Buku itu ia dedikasikan untuk suami tercintanya, seorang penulis buku anak Gordon Snell yang telah mendampinginya 35 tahun. Mrs. Binchy menuliskan To Gordon - who makes life great every single day'.

Huhu, nggak kebayang sedihnya Mr. Gordon kehilangan solmetnya. Hiks. Beliau telah pergi tapi karyanya tetap dikenang. Subhanallah, Ia meninggalkan karya-karya yang hebat dan menginspirasi. Aku akan terus berburu bukunya.

Thank you, Mrs. Binchy, Love u. 
Rest in Peace.

Sumber foto:
www.skinnyscoop.com, 
www.telegraph.co.uk

2 comments:

  1. Aku juga baru tahu penulis ini. Sama katroknya. Hihihi.
    Aku suka novel romantis yang sudah di alih bahasakan, Harlequin. Apalagi kalau ceweknya jual mahal dan akhirnya meleleh. Gue, banget itu.

    ReplyDelete
  2. Aku juga baru tahu karena mba Dew nulis tentang dia. Nungguin terjemahannya aja, ribet kalo versi asli, hahahaa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...