Tuesday, June 6, 2017

Tips Berbelanja Online Saat Ramadan

Tips Berbelanja Online Saat Ramadan. Dear Temans, Alhamdulillah Ramadan sudah memasuki hari ketujuh. Kita sudah lebih fit dan bersemangat menjalaninya, nggak pakai lesu, lemah dan lunglai ya, hihi. 

5 tips berbelanja online saat Ramadan (Foto: Nia Nurdiansyah)

Pertokoan, mal, pasar, segala tempat perbelanjaan sudah mulai ramai dikunjungi pembeli untuk kebutuhan Lebaran. Kalau aku, paling malas tawaf di mal pas bulan puasa, nggak seperti zaman abege, haha.

Berlama-lama di mal sekarang takut khilaf dan menyesal seumur hidup haha. Bukannya lebay, takut beli berbagai barang karena lapar mata, huhu kekep dompet. 

Jadi, untuk amannya, biasanya aku memilih berbelanja online. Iya ngakuu, Perkara kalap ya belanja online juga bisa kalap memborong apalagi barang diskonan atau murmer. 

5 tips berbelanja online saat Ramadan

Tapi setidaknya aku nggak usah mengukur jalan di mal, berdesakan dengan sesama discount hunter, mendingan tilawah di rumah, uhuk uhuk. Sok cantik. Plak.

Manusia zaman sekarang dimudahkan teknologi banget, belanja pun tinggal duduk manis depan lappy atau mencet layar hape, bayar, barang diantar. Heaven

Tapi biar nggak zonk, aku ingin membagikan tips berbelanja online saat Ramadan. Ada triknya biar acara belanja kita tetap seru dan terkendali. So Sista, stay happy and Kekepin tokeen! Wkwk. Berikut 5 Tips Belanja Online Saat Ramadan:

1. Belanja di Toko Online Terpercaya 

Gegara sering terdengar berita penipuan belanja online, kami pemilik toko online yang jujur uhuk jadi terkena getahnya, sis. Dicurigaii melulu. Ya wajar ya. Soalnya, Aku menjual barang berharga jutaan seperti buku paket Halo Balita dan Hafiz Talking Doll di Toko Nabihah, wajar kalau calon pembeli deg deg splash untuk main transfer. 

Berbelanja di Toko Nabihah Insya Allah aman Buu hihi

Situ jujur kan, Sis? Bener nih yakin nggak nipu, Sis? Aduh kalau penjahat ya nggak mungkin ngaku lah, siis. So, buat kalian yang ingin belanja online belanja di OS terpercaya kayak Toko Nabihah, bwahaha. 

Gimana mengeceknya? Ya browsing, baca testimoni para pelanggan, tanya-tanya teman dulu baru transfer. Sebaiknya pilih toko online yang ada akun medsos lengkap dan website atau blog yang rutin diupdate menunjukkan OS nya aktif.

Sebelum berbelanja, kepoin statusnya di Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Aku sering mempersilakan calon pembeli yang ragu dan takut belanja buku di lapakku untuk kepoin akun medsosku diantaranya Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin hingga blog pribadi. Biar yakin sedang bermuamalah dengan siapa. 

Ya intinya: Jangan langsung percaya OS yang hanya berjualan di BBM, misalnya. Ada teman punya pengalaman buruk mentransfer duit ke rekening sebuah OS, begitu dikonfirmasi ke penjual, BBM temanku langsung didelete contact seketika! Asyeem! *ups, lagi puasa nggak boleh esmoni.

2. Bandingkan Harga 

Layaknya belanja di pasar, jangan segan bandingkan harga di beberapa toko online yang menjual produk serupa. Perhatikan juga ya dikirim dari mana. 

Harga sebuah baju lebih murah di Toko A dibandingkan Toko B tapi toko A beralamat di Banda Aceh, berat ongkos kirimnya, hihi. Ada juga marketplace yang menggratiskan ongkos kirim.

Belanja buku anak seperti Halo Balita, Ensiklopedi Bocah Muslim hingga Confidence in Science dari Mandira Dian Semesta bebas ongkos kirim lho, cyiin! Asyik kan? 

Perhatikan kualitas barang sebelum membeli online

Pernah dengar juga ada aplikasi yang bisa membandingkan harga toko online otomatis. Hm, masi ada nggak yaa? #malahbaliknanya. 

3. Perhatikan Kualitas 

Ada harga ada rupa tentu juga berlaku saat belanja online. Sebuah gamis bermodel sama harganya bisa njomplang bak bumi dan langit bisa karena kualitas kain, pembuat gamisnya sesedesainer dll. 

Agar pelanggan percaya toko online kamu sertakan foto dan testimoni pembeli

Jangan sungkan untuk mencereweti penjual tentang produknya. Kalau perlu, minta real picture jika foto yang dipajang dirasa bukan real pic ya, Sis! Bawel deh ah kamyuh, Sis! haha.

Jika barangnya berupa produk elektronik seperti Hafiz Doll jangan lupa tanya garansinya serta jangka waktu garansi tersebut. Repot kan, kalau barang mahal yang kita beli rusak? 

4. Berbelanja Online Lewat Rekening Bersama 

Jika tetap masih grogi, bisa mencoba berbelanja online yang memiliki rekening bersama. 

Jadi, kita mentransfer uang ke rekening pengelola dan uang tersebut takkan disetor apabila penjual online belum mengirimkan paket pesanan kita. Metode ini relatif lebih aman dan digunakan di banyak marketplace besar seperti Tokopedia dll.

5. Berbelanja Online di Awal Ramadan 

Senin harga naik. Hihi. Ya, bukannya apa-apa. Masalah terbesar belanja online saat Ramadan adalah overload nya paket di ekspedisi. Duh, masa gagal berbaju baru atau gagal makan kukis idaman siiy gegara paket kita nyangkut di ekspedisi? Gemees! 

Pilih ekspedisi yang terpercaya ya Sis

Untuk menyiasatinya ya belanja online di awal Ramadan saja Sis, saat ekspedisi masih normal pengirimannya dan berbelanja online di awal Ramadan jadi bikin kita khusyuk beribadah uhuk karena urusan belanja-belanji sudah terpenuhi, ya Cyiiin. 

Tentu saja pilih ekspedisi yang terjamin kualitasnya dan sudah biasa kita gunakan untuk mengirimkan paket kita seperti JNE, misalnya. Jangan asal coba-coba ah, Sis!

Nah, 5 tips Belanja online saat Ramadan sudah kubagikan. Semoga bermanfaat ya, Temans. Aku pamit dulu, mau bobok syantik nunggu beduk Magrib, wkwkw..  

Artikel ini diikutkan dalam GiveAway http://www.noviadomi.com 

Photo Courtesy of
Pelanggan Toko Nabihah Ungaran, thank u dear..

19 comments:

  1. Sepakat..bandingin harga dan cek ongkir.. kalau murah tapi ongkir mahal ya sama saja..hehehe..makasih ya mb dew...

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya mbak. Saya juga skrg males belanja ke mall. Capek muternya. Belom kalau suka salah fokus hahha tadinya mau belanja satu barang eh jadi beli barang lainnya juga. #kekepdompet

    ReplyDelete
  3. Di daerahku, menjelang lebaran aduh yang thawaf ramainya. lahan parkir makin subur deh. Mending belanja di awal Ramadhan.
    Sukses toko Nabilahnya mba.

    ReplyDelete
  4. Dah lama nggak belanja. Sederhana ya aku hahahahaaa. Plak! Terakhir belanja online itu beli tripod.

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya Mbak dew, harus yg terpercaya takutnya nyesel pas barang dateng

    ReplyDelete
  6. Selama ini pernah belanja online, di lazada, sale stock dan tokopedia, aku mah milih free ongkir ama cod, kalau gak tersedia biasanya transfer di atm dan alfamart/indomart☺

    ReplyDelete
  7. Memanh kalau ramadhan gini lebih enak belanja online ya, mbak. Jadi ingat dulu kalau ke pasar pas ramadhan haus setengah mati. Heu

    ReplyDelete
  8. Aku juga senang belanja online, sampai belanja sembako juga online hahaha. Free ongkir soalnya. Harga pun lebih murah.

    ReplyDelete
  9. Mulai kekepin dompet n token nih.. Mau lebaran pasti banyak yang mau dibeli.. Kalo aku belanja onlinenya lewat hp suami aja deh.. Biar pas bayar, sekalian gitu.. Xixixixi

    ReplyDelete
  10. Asiknya belanja onlen itu ga malu untuk banding2in harga kan yg dodolan ga tau xixixixi

    ReplyDelete
  11. Ceritanya klo aku lagi menahan diri biar gak belanja online di bulan Ramadan, soalnya nanti bisa kalap hehe

    ReplyDelete
  12. Iya..mending online memang. Minggu pertama aja kemaren dah berdesak2an.

    Tapi untuk baju..yang kadang klo nggak cerewet jadinya kayak gambling itu. Gambarnya bagus..eh, nyampe di tangan biasa aja. Tapi kayaknya karena faktor yang make sih klo itu..modelnya cantik plus semampai..jd dipakein apa saja pantes☺

    ReplyDelete
  13. noted mbak...mencari toko online yg bisa dipercaya

    ReplyDelete
  14. setuju sama no 5, belanja kudu jauh2 haris ebelum lebaran, biar harganya bisa dikontrol

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
  15. klo saya biasanya cari yg free ongkir Mbak, hihihih.
    ongkir ke Kendari ini mahal bingiiit, huuft, hiiks
    anyway makasih tipsnya yaah Mbak ^^

    ReplyDelete
  16. Belanja Online jangan pas 1 minggu sebelum lebaran. Pasti sampenya lama Mbak.. Aku dulu pernah belanja Online pas dekat lebaran. Aduh lama.. Nah ada tips ini aku noted deh

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat pas awal-awal belanja online saya kepoin penjualnya, dari blog, medsos hingga testimoni. Hahaha

    ReplyDelete
  18. Dan cek delivery mbaaa.. kadang udah semanagt belanja buat lebaran eeeh brgnya terlambat sampai hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...