Monday, June 12, 2017

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak

6 Kegiatan Ngabuburit Seru dengan Anak. Dear Temans, lagi hepi nih. Gimana puasanya? Apa kegiatan ngabuburit hari ini bersama bocah?
6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Bikin prakarya gantungan kunci clay


Apalagi anak-anak udah bebas merdeka. Sudah selesai ulangan umum. Jadi butuh kegiatan ngabuburit seru saat Ramadan biar nggak bosan menunggu berbuka.

Ngabuburit adalah istilah dalam Bahasa Sunda untuk kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Banyak yang bisa kita lakukan, misalnya main di taman atau alun-alun dan lainnya.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak

Kejutan banget saat anak-anak ngabuburit alias mengisi waktu menunggu waktu berbuka puasa di rumah Mbah  eh tiba-tiba mereka dapat paket berisi tas selempang Bobo. Di amplopnya hanya ada tulisan AKTD 09.  Pas pulang, baru Nai cerita.

"Ada paket isi tas Bobo tadi, tulisannya AKTD."
"Eh, tulisanmu dimuat tuh! Mana tasnya?"
"Di Mbah,"
"Horee..Selamat Kaak.." 

Anaknya cool, mamak loncat-loncat girang. Hahaha. Nggak sia-sia tiap minggu menyuruh dia menulis. Tiap pulang piknik atau kegiatan menarik, menyuruh dia nulis pengalamannya. Alhamdulillah. Pamer deh si mamak. Hihi.


Ya, tahun lalu tulisan Nailah masuk ke buku antologi bersama DNA Writing Club milik Nungma, bulan ini tulisan Nailah dimuat di Bobo! Horee!

Anaknya masih moody banget sih. Kadang rajin nulis, besoknya ogah, maunya mrnggambar atau main orgen. Padahal mamak ambisi dia bisa ikut KPCI Mizan, wkwkwk.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Hadiah tas dari Bobo 

Boro-boro, dengar temanya saja dese kabur. Yah, nasib. Masa Mamak yang kudu daftar KPCI, Kak biar Mamak dikarantina kayak finalis Gadis Sampul? Plakk. Ramadan ini berusaha bikin acara ngabuburit seru bareng bocah. Apa saja ya?

1. Main dengan Temannya

Karena kesibukan sekolah dan les, anak-anak jarang main di rumah. Kesempatan ngabuburit ini dimanfaatkan main bareng teman-temannya di kompleks.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Main bareng jangan berantem yaa

Asal nggak banyak berlarian karena nanti haus hehe. Repot deh membujuknya. Kita bisa mengajak mereka main ular tangga atau scrabble, misalnya.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Mengasah otak dengan scrabble

Oh iya, anak-anak di kompleks lagi suka bikin video unboxing mainan dengan ponsel. Kreatif, ya!

2. Membaca Buku Sirah Nabi

Biasanya aku bacakan buku untuk bocah. Kali ini mau membacakan sirah Nabi. Kupilih yang ceritanya ringan.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Membaca buku bareng

Tapi ni bocah sudah pada bisa baca dan memilih buku favoritnya masing-masing, hiks. Mamak nggak laku! Setelah baca buku, kita bisa tadarus surah pendek bersama anak.

3. Belajar Menulis

Manfaatkan kesempatan ngabuburit ini untuk mengajak anak menulis. Paling mudah sih, menceritakan pengalaman atau perasaannya terhadap suatu hal.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Belajar menulis juga asyik

Misalnya serunya pengalaman saat memetik salak pondoh di Desa Wisata Sleman.

4. Bikin Prakarya

Ini pasti mengasyikkan buat anak-anak. Mereka bisa membuat kerajinan tangan sesuai minatnya. Bisa mewarnai, masak-masakan, menggambar, bikin gantungan kunci dan lainnya.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Bikin prakarya yuuk

Tahun lalu, komplek kami bikin acara bikin craft dari bahan clay. Kami memanggil guru clay yang juga penulis, Aditya Meilia.

Kami belajar bikin gantungan kunci clay. Hasilnya apik, lho! Anak-anak cewek sih betah, yang cowok kabur di tengah kelas. Aduh!

5. Menyiapkan Buka Puasa Bersama

Asyik juga membuat acara buka puasa bersama anak dan teman-temannya. Kita bisa bikin masakan sederhana seperti puding, makaroni panggang dan lainnya. Biarkan mereka membuatnya sendiri. Lalu menyiapkan tikar, piring, dan gelas sendiri.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Buka puasa bersama bocah kompleks

Bisa juga membawa makanan masing-masing dari rumah lalu disantap saat buka bersama bocah-bocah. Seru banget! Acara ini sampai diceritakan keseruannya sampai lamaa! Hihi.


6. Nongkrong di Perpustakaan

Asyik juga ngabuburit di perpustakaan lho. Nailah yang suka mengajak ke perpustakaan kalau bahan bacaannya habis.

6 Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak
Kegiatan ngabuburit di perpustakaan

Nggak hanya baca dan pinjam buku, kita bisa main komputer, les menari, les mewarnai lho di perpustakaan. Puasanya bocah jadi tidak terasa lama, deh. Nah, itulah 6 kegiatan ngabuburit seru bareng anak. Selamat mencoba!

12 comments:

  1. Selama Ramadan, anak-anak emmang harus banyak kegiatan. Biar mereka gak rewel karena merasa lapar dan haus

    ReplyDelete
  2. Masya Allah Nailah udah gede banget. Inget dulu masih bayik, pas baru kenal Mak Dew 😅

    ReplyDelete
  3. Aduh... ngabuburit anakku cuma yutupan :(

    ReplyDelete
  4. bener-bener kegiatan yang positif yah..kegiatan yang bermanfaat untuk ngabuburit.

    darumanihongo.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. wahh makasih idenya mba Dewi.., kebetulan anak2 udah libur dan butuh ide kegiatan slama puasa ini :)

    ReplyDelete
  6. Selamat ya Nailah, wah aku udah punya loh bukunya yang DNA, keren deh

    ReplyDelete
  7. selamat buat Nailahnya, Mbak Dew..

    saran ngabuburit yang sungguh bermanfaat. :D

    kalo di kampung saya ini, nak anak nunggu bukanya sambil main karbit. kayak meriam yg dari bambu gitu dna bunyinya nyaring. nggak tau manfaatnya di mana sih, mungkin ada bagi mereka, tapi bagi orang rumah yg ada orang sakitnya, itu malah ngeganggu banget.

    ReplyDelete
  8. Aaah seru ya mba.. nongki di perpustakaan will be my fave!

    ReplyDelete
  9. Anak perempuan kayaknya lebih gampang diarahin ya mbak. Anakku udah..pulang sekolah main. Tidur siang. Ngabuburitnya ke masjid sekalian takjil ma teman2. Mo tak suruh mbaca gitu aja klo pas senggang...susah...milih minecraft. Huft!!

    ReplyDelete
  10. Senangnya ada mamah Dedew yg kreatif begini. Anak2 & teman2nya pasti nggak pernah bosen nuggu buka puasa & lupa lapernya :)

    ReplyDelete
  11. asyik, kreatif banget ramadhan nya kalau gini mbak. Aku juga isi waktu puasa di kembar dengan membuat sendiri mainan loh. Ini lebih bermanfaa dari nonton tv atau main gadget :))

    ReplyDelete
  12. Aah.. mamak kreatif sih bebas, bikin kegiatan apa aja buat ngabuburit juga bisa 😉😘

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...