Tuesday, January 10, 2017

10 Tips Menghadapi Musibah Ala Mamah Dedeh

Dear Temans, 

10 Tips Menghadapi Musibah Ala Mamah Dedeh. waktu lalu,  aku ikut kajian rutin di rumah om di Pondok Gede. Setiap bulan, om khusus mengundang keluarga dan grup pengajian untuk ikutan kajian bulanan.  


Pengisi acaranya pun rata-rata ustaz dan ustazah yang sering wara-wiri di media massa. Diantaranya Mamah Dedew eh Mamah Dedeh dan Aa Gym. 

Sayangnya, pas kajian Aa Gym, aku sudah balik Bogor ey. Padahal pengin banget mendengar ceramah Aa langsung. Belum rejeki. 

Nah pas aku sedang di Bogor, ternyata kajian bulan itu mengundang Mamah Dedeh. Asyik. Semangat deh berangkat ke rumah om di Pondok Gede dari Bogor


Sesampainya disana,  sudah berjubel keluarga besarku dan kelompok pengajian ibu-ibu yang antusias ingin dapat siraman rohani dari mubalighah terkenal ini.  

Beberapa tahun lalu, pernah berjumpa beliau di Madinah, saat umrah dengan keluarga besarku. Sebelum acara dimulai, kami makan siang dulu untuk tambah tenaga menuntut ilmu. 

Tapi setelah itu kok malah ngantuk?  Hihi,  siang bolong enaknya ngadem di kamar ber AC ya. 

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya beliau tiba juga di TKP bersama supirnya. Ternyata beliau ada ceramah dulu di tempat lain. Luar biasa stamina Mamah Dedeh.  Di usia senja, beliau tetap berkeliling untuk berbagi ilmu dengan jemaah dimanapun yang mengundang beliau. 

Mamah Dedeh adalah sapaan perempuan bernama Dedeh Rosidah.  Beliau lahir di Ciamis 05 Agustus 1951. Usianya kini sekitar 65 tahun. Mamah Dedeh berasal dari keluarga petani. 

Ayahnya Haji Sujai dan ibunya jika siang bekerja sebagai petani. Dan malam hari keduanya mengajar mengaji masyarakat di desanya.  Haji Sujai juga dikenal sebagai mubaligh di desanya. Keren ya! 

Mamah Dedeh dan kelima saudaranya terbiasa mandiri dan bekerja membantu orangtuanya bertani. Cita-cita Mamah waktu kecil malah ingin jadi seniman. 

Ketika kuliah,  ia mengambilnya jurusan Tarbiyah di UIN Jakarta. Ia juga bertemu jodohnya di kampus dan menikah saat masih kuliah di tahun 1970. Ia dan suaminya Syarifudin dikaruniai lima anak. 

Saat itulah,  ia memantapkan diri ingin berbagi ilmu yang dipelajarinya dengan menjadi mubaligh. Menyiarkan ayat-ayat suci AlQuran. 

Mamah Dedeh terkenal dengan gaya ceramahnya yang tegas, sedikit galak,  ceplas-ceplos dan lucu. Ia sering membahas masalah rumah tangga. 

Setelah malang-melintang berkeliling kampung untuk ceramah,  ia diajak Benyamin Suaeb untuk menjadi penyiar di Bens Radio pada 1995.

Karir Mamah Dedeh makin meningkat dan ia menjadi penceramah di televisi dalam acara berjudul Mamah dan Aa. 

Di acara ini,  ia berceramah didampingi Abdel sang komedian dan menjadi acara yang dinantikan pemirsa. Ia juga beberapa kali menjadi bintang iklan produk seperti biskuit dan sebagainya. 

Saat itu,  Mamah Dedeh berbagi ilmu tentang 10 Tips Menghadapi Musibah Ala Mamah Dedeh. Namanya manusia tak luput dari cobaan dan musibah. Karena itulah kehidupan,  dimana manusia diuji Allah keimanannya ketika menghadapi susah dan senang. 

Allah ingin tahu apakah kita benar-benar beriman pada-Nya? Apakah pengakuan kita kalau kita beriman bukan omong-kosong? Menurut beliau, Sabar menghadapi musibah adalah salah satu cara naik kelas sebagai manusia.

Yang aku sukai dari ceramah beliau,  kita kajian sambil membuka AlQuran. Jadi setiap tips atau poin yang beliau kemukakan, langsung dengan ayat yang mendukung. Jadi, bisa kita baca sendiri di AlQuran solusi masalah kita.  Tak hanya sekadar ceramah tapi juga mendalami kitab suci kita ya. 

Berikut 10 Tips Menghadapi Musibah Ala Mamah Dedeh yang aku catat dari ceramah Mamah Dedeh. 

1. Hadapi musibah dengan ridha.

-Musibah sudah dicatat oleh Allah di lauful Mahfuz sebelum dunia diciptakan.

-50 tahun sebelum kita lahir, sudah dicatat musibah masing-masing manusia oleh Allah SWT. 

2.Sabar tiada batas, harus tabah.

-Allah beri cobaan untuk kamu, sesuai kadar keimanan kamu.

3. Apapun masalahnya, yakinlah ada jalan keluar.

-Sabar itu menahan dirinya dari perbuatan yang tercela.

-Ada orang yang menghadapi musibah dengan bunuh diri,  tandanya tak beriman. 

4. Jangan putus asa (Yusuf 87)

5. Jika dapat musibah, ambil hikmahnya.

Orang yang bersabar dalam musibah, niscaya dosanya akan diampuni Allah, jangan marah pada Allah (Al Baqarah 157).

Tujuan manusia dapat musibah jika manusia tidak tercapai keinginannya, jangan marah, kalau dikabulkan jangan sombong (Al Hadid 23).

Boleh jadi sesuatu yang kamu benci, bagus buat kamu dan sebaliknya (Al Baqarah 216).

6. Allah tidak akan mengubah nasib seseorang jika orang itu tidak berusaha. 

Jika ingin pintar bahasa Inggris belajar pada ahlinya. Jika ingin memiliki penghasilan sendiri, putar otak bagaimana agar keahlian yang kita miliki bisa menghasilkan. Entah menulis,  melukis, bikin kue atau berjualan. 

7. Jika dapat musibah, banyak berzikir.

Orang yang beriman pada Allah dan berzikir pada Allah hatinya akan tenang dan tentram. Hai orang beriman pada Allah, berzikirlah pada pagi petang. Aa Gym juga menganjurkan kita banyak istighfar, menyesali dosa dan kesalahan yang kita lakukan.

8. Jika kena musibah, wajib koreksi diri.

Bacalah Asy Syuro ayat 30.
Musibah bisa saja akibat perbuatan diri sendiri, jangan salahkan orang lain. Koreksi diri, introspeksi. 

Surah Annisa 79. Adanya kecelakaan biasanya kelalaian manusia sendiri. Maka manusia harus senantiasa menginstrokspeksi diri. 

Seorang sahabat waktu kuliah, setiap malam sebelum tidur rutin menghisab dirinya. Apa saja yang ia kerjakan seharian, apakah bermanfaat atau malah mendatangkan keburukan baginya dan sekelilingnya. Lalu ia beristighfar. 


9. Kalau terkena musibah, banyak bertobat.

Surah At Tahrim Ayat 8. 
Kerjakan yang hanya diperintahkan Allah.

Jika Anda salah pada sesama manusia, minta maaf, kembalikan haknya yang kita ambil (Al hujurat Ayat 12).

10. Selalu ingat Allah SWT

Ya,  ingatlah Allah maka hati kita menjadi tenang. 
Sesungguhnya ketenangan,  kedamaian dan kebahagiaan berasal dari kedekatan kita pada-Nya. Ada Allah, don't be sad.




24 comments:

  1. Makanya, aku suka denger tausiyah Mamah Dedeh. Menenangkan. ^_^

    ReplyDelete
  2. Bisa diterapkan di kehidupan sehari2. Apalagi hidup emang rentan sama masalah. :p

    ReplyDelete
  3. 10 hal yg sangat penting. Walau berat buat ngelakuinnya ya Mbak. Semoga dalam ujian apapun, kita selalu ingat Allah, amin

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah terima kasih mba buat postingannya, mba Dedew keep sharing yaa :)

    ReplyDelete
  5. Sabar tiada batas ini yang kadang susah banget #melelahkan

    ReplyDelete
  6. Wah senang sekali mb bisa ketemu langsung mamah dedeh :)
    Makasih banyak mb dew transfernya, jika semua kembali pd Allah mmg bikin tenang yaa mb..

    ReplyDelete
  7. Noted deh mamah Dedew, eh mamah Dedeh..hihi

    ReplyDelete
  8. Sabar tiada batas...hhhmmm susah banget tu mbak :(

    ReplyDelete
  9. Wah ustadzah kesayangan bapak mertua nih, mamah dedeh heuheu, betul semua takdir jodoh, reseki dan maut bahkan susah senang sudah tertulis di Lauhul Mahfuznya, ada hikmah di setiap kejadian yq mbak dedew, setuju ama mamah dedeh ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  10. Karir Mamah Dedeh makin meningkat dan ia menjadi penceramah di televisi Bersama Namah dan Aa.


    Ya Allah, terima kasih sharingnya ya mbak

    Ralat Mbak, acaranya : Mamah dan Aa.

    ReplyDelete
  11. Baca ini rasanya pingin mewek. Kok ps bangetlagi butuh tulisan kayak gini. yang belum kulakukan itu koreksi diri. seringnya mengeluh, kenapa ini harus terjadi. Duh Gusti Allah...... pingin peluk sampeyan Mbak Dew

    ReplyDelete
  12. Pas pertama baca judul di link, aku pikir beneran menghadapi musibah ala mamah dedew lhoo...hihihi ternyata mamah dedeh beneran๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  13. Waah makasih mbak Dedew artikelnya. Saya baru tau kalau musibah ditulis 50 tahun sebelum kita lahir. Tahunya cuma takdir ditulis di Lauful Mahfudz

    ReplyDelete
  14. Note to myself.. makasih sudah berbagi makdew tipsnya yahud :D

    ReplyDelete
  15. Fathan sampai hapal: Curhat dong, maaaah...
    hahahah legend deh mamah dedeh, top pisan, saya fansnya, seneng ya bisa denger langsung tausiahnya

    ReplyDelete
  16. TFS makdew...Pas banget.
    Semoga kita semua selalu istiqomah berbagi kebaikan lewat apa pun.
    Bismillah, aamiin.

    ReplyDelete
  17. Tulisannya bikin adem hati mbak ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  18. Langsung jleb sama poin memuhasabah diri sendiri. Makasih sudah berbagi ilmu mba. Semoga mba dedew dan keluarga mendapat pahala dan kasih sayang Allah SWT karena sudah berbagi ilmu ya. ^^

    ReplyDelete
  19. Thank you sharingnya mbaak. .
    Lagi down banget akhir" ini karena banyak hal yg tidak berjalan sesuai ekspektasi. Harus banyak introspeksi diri dan banyak berzikir. .

    ReplyDelete
  20. terima kasih tipsnya mba...memang semua sudah ada suratannya, harus ikhlas ya..

    ReplyDelete
  21. Wah Mamah Dedeh. Saya paling suka banget nonton ceramah beliau pagi2. Penyampaiannya enak, kadang suka saya share juga penggalannya di facebook. Eh tapi banyak yang baper deh kalau yang saya share ttg ghibah, haha... lah emang temanya itu. Semoga Mamah sehat2 terus biar bisa terus berbagi ilmu

    ReplyDelete
  22. Aku juga suka denger ceramah Mamah Dede, tegas.

    ReplyDelete
  23. Menurutku nomer 1 itu paling susah dijalankan tapi memang cuma itu yang paling ampuh supaya hidup bisa lebih happy dalam situasi apapun.. :')

    ReplyDelete
  24. Wah keren banget mbak tipsnya dan saya setuju banget

    www.chitchat.my.id

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...