Monday, October 17, 2016

Booking Hotel Online VS Pesan Hotel Manual

Dear Temans,

Manfaatkan Fitur Review pada Online Travel Agent untuk Dapatkan Hotel Terbaik

Melakukan perjalanan ke luar kota, baik itu untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, tentunya membutuhkan tempat menginap. Hotel menjadi pilihan yang tepat, apalagi dengan banyaknya fasilitas yang kita dapatkan.



Diantaranya: AC, tempat tidur yang nyaman, kamar yang bersih, fasilitas wifi, bahkan fasilitas-fasilitas hiburan yang bisa memberikan penyegaran di sela bekerja, seperti televisi kabel, kolam renang, SPA, dan lain-lain. Menginap di hotel pun kini tidak harus mahal. 

Jika pintar memilih, kita bisa mendapatkan harga yang ramah di kantong dengan fasilitas yang lengkap. Hanya saja kita harus berhati-hati, karena tidak semua hotel memberikan kualitas sepadan dengan promosinya. 

Pilihan menginap di hotel akan diambil oleh orang-orang yang membutuhkan kenyamanan dan privasi.  Jika kita belum pernah menginap di hotel tersebut, tentu kita membutuhkan informasi mengenai kondisi hotel tersebut. 

Jangan sampai kamu menyesal telah memilih hotel tersebut, seperti yang dialami oleh orang-orang sebelumnya. Beberapa pengalaman buruk selama menginap di hotel, sebagai berikut: 

1. AC kurang dingin atau tidak  berfungsi.

Ruangan yang sejuk akan membuat kita merasa nyaman berada di dalam kamar, terlebih kamar tersebut digunakan untuk tidur setelah pelesiran atau mengikuti rapat perusahaan. 

Beberapa orang mengeluhkan AC di dalam kamar yang rusak atau tidak terawat, sehingga udara kurang sejuk dan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. 

2. Kamar sempit

Kamar yang sempit membuat kita kurang leluasa bergerak. Sebuah kamar hotel itu layaknya rumah sederhana, karena di dalamnya ada tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian, kamar mandi, televisi, sofa, dan sebagainya, kecuali peralatan memasak. Jika kamarnya sempit, terbayang kan bagaimana tersiksanya berada di kamar tersebut?



3. Kamar tidak aman

Seorang teman pernah mengeluhkan kondisi kamar hotel yang dipesannya tidak aman, karena ada seorang tak dikenal yang mencoba mengintip ke dalam kamar. Sering juga terdengar kasus-kasus barang hilang, padahal disimpan di dalam kamar. 

4. Kamar tidak bersih

Keluhan kamar yang tidak  bersih juga sering terdengar. Faktanya, memang ada kamar hotel yang rajin dibersihkan (satu kali sehari), ada yang baru dibersihkan setelah tamu hotel check out. Jadi bisa dibayangkan kalau tamu menginap lebih dari sehari, bagaimana kotornya kamar itu?

5. Kolam renang kotor

Fasilitas tambahan dari hotel ini nyatanya memberikan hiburan yang menyenangkan bagi para tamu, selain sebagai sarana berolahraga. Sayangnya, sebagian hotel kurang memperhatikan kebersihan kolam renangnya sehingga banyak tamu yang mengeluh. 

6.Variasi makanan di restoran amat terbatas

Ada kalanya kita mendapatkan hotel yang memberikan menu restoran beraneka macam untuk sarapan, ada pula yang menunya terbatas. Padahal, kita sudah membayar cukup mahal untuk kamar hotel plus sarapan. 

7.Parkir susah

Keluhan lainnya yang sering muncul adalah keterbatasan lahan parkir di sekitar hotel, sehingga kita sulit menyimpan mobil pribadi. 

8. Pemandangan ke luar hotel tidak indah

Kadang-kadang ada tamu hotel yang ingin santai-santai sambil memandang ke luar jendela kamar. Alangkah senangnya bila pemandangan di luar hotel itu sangat indah, seperti laut, pegunungan, dan sebagainya. Tapi tak jarang pemandangannya hanya tembok kamar lain, yang sudah tentu membosankan. 

Rasanya masih banyak lagi keluhan-keluhan yang bisa jadi muncul setelah menginap di hotel. Memang di dunia ini tidak ada yang sempurna, tetapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui kondisi hotel tersebut sebelum mendatanginya. Kita bisa menanyakannya kepada tamu yang pernah menginap di sana, tetapi referensi itu amat terbatas. 

Bisa juga mencari reviewnya di internet. Beberapa Online Travel Agent, seperti Ezytravel, Traveloka, PegiPegi, dan Agoda, memberikan ruang untuk ulasan jujur dari para tamu yang pernah menginap di hotel yang bekerjasama dengan mereka. 

Kamu bisa membacanya di kolom Review. Ulasan tersebut bisa dikatakan jujur, karena para tamu tak hanya menyoroti kelebihan hotel melainkan juga kekurangannya. 

Saat ini, memesan kamar hotel bisa dilakukan melalui Online Travel Agent (OTA). Selain mendapatkan review yang jujur, kita juga bisa membayangkan kondisi hotel tersebut dari foto-foto yang ada di galeri fotonya. 

Foto-foto yang ditayangkan bukan saja foto bagian depan hotel, tetapi juga bagian dalam, kamar-kamar hotel sesuai dengan jenisnya, fasilitas yang disediakan (misal, foto kolam renang dan restoran), bahkan foto kamar mandinya. 

Bayangkan jika kamu mendatangi seluruh hotel tersebut dan melihat kamarnya satu per satu. Berapa banyak waktu dan tenaga yang terbuang?

Sebagian besar orang yang sudah memanfaatkan fitur Review di aplikasi Online Travel Agent mengaku puas, karena review itu memberikan gambaran lebih lengkap mengenai kondisi hotel. 

Jadi, ketika kita sudah memilih kamar hotel yang diinginkan dan memesannya melalui OTA, kita sudah tahu risikonya.  Review tersebut juga dapat memberikan masukan kepada hotel untuk memperbaiki kualitasnya. 


8 comments:

  1. Aku biasanya ubek ubek review hotelnya dulu, Mbak. Apalagi di Tripadvisor. Soalnya di sana ulasannya jujur banget. Heheh :p

    ReplyDelete
  2. Emang lebih oke sekarang booking online, bisa baca2 review user lainnya.

    ReplyDelete
  3. Memang lebih simpel pilih hotel lewat OTA, ya. Hal-hal yang bikin nggak nyaman bisa dihindari :)
    Kalo sempet mampir di rumah baruku ya mbak www.awanhero.com
    Tengkyu :D

    ReplyDelete
  4. Bener banget ya Mba, harus gugling review hotelnya dulu sebelum pesan, ben ora kecele.

    asyik ya kalau ada review di app yang nggak sekedar tanda bintang aja :)

    ReplyDelete
  5. Asik yo mbak kalo dapat kamar dengan view laut atau pegunungan, jadi mager aja deh, hihii

    ReplyDelete
  6. Memang harus pintar memilih hotel ya mba. Aku memang jarang booking hotel untuk sendiri, tapi untuk klien nikahan, kadang suka bingung aja, takut mereka ga puas hihi

    ReplyDelete
  7. Iya kalau pesen hotel harus baca2 reviewnya juga. Kadang "ketipu" foto2 yg bagus tapi ternyata gak sesuai kenyataan :D

    ReplyDelete
  8. Kalo soal hotel aku suka baca review dari blogger, terus pertimbangkan juga dekat tempat wisata atau nggak. Soalnya lebih suka jalan kaki ke tempat-tempat wisata kalo memungkinkan, jadi alternatif hotel yang deket pusat wisata jadi pilihan ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...