Wednesday, September 7, 2016

Makanan Wajib dan Makanan Pendamping Sehat Saat IdulAdha

Dear Temans,

Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban sebentar lagi tiba! 
Merupakan hal yang wajib bagi umat Islam yang mampu untuk menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Iduladha. Saat hari raya kurban tiba, akan tersedia banyak sajian makanan khas Iduladha yang akan disajikan dan menghiasi meja makan kalian dan pastinya harga hewan kurban akan tinggi juga.

Iduladha hidangan sehat
Berkumpul untuk barbecue setelah IdulAdha

Setelah selesai menyembelih hewan kurban, pasti deh bingung untuk mengolah daging menjadi olahan apa saja agar daging-daging tidak terbuang sia-sia. 

Selain memikirkan masakan apa saja yang akan kamu masak,  Sebaiknya kita seharusnya juga memikirkan makanan-makanan penyeimbang kaya serat agar kamu bisa tetap bebas berpesta daging. 

Coba deh kamu browsing makanan apa saja yang cucok dihidangkan saat Hari Raya agar kalian sekeluarga tetap sehat. Mungkin membuat salad buah atau sayur disamping berbagai jenis menu daging kurban?

Berikut ini adalah hidangan wajib dan sehat saat Hari Raya Iduladha:

1.    Sate
Sate  adalah hidangan populer khas Indonesia yang terbuat dari daging ayam, kambing, ataupun sapi yang ditusuk dan dibumbui kemudian dibakar. Sate ini biasanya menghiasi meja makan keluarga Indonesia saat Iduladha, baik sate kambing, sate ayam, dan sate sapi. Agar kalian tetap bisa makan hidangan daging seperti sate ini, sebaiknya hidangan ini dinetralkan dengan acar. 

Acar biasanya berisi mentimun, wortel, tomat dan bawang merah. Selain sebagai makanan pendamping, acar ini memiliki manfaat sebagai penyegar, menjaga kolesterol dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, mencegah sembelit, menghilangkan racun dalam tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Jadi saat makan sate, jangan lupa makan acar untuk mengurangi efek negatif daging.

2.    Gulai Kambing
Salah satu sajian yang bisa diolah dari hewan Kurban adalah Gulai Kambing. Gulai Kambing ini bahan dasarnya adalah daging kambing dan santan  yang  dibumbui dengan rempah-rempah yang gurih. Biasanya, didalam gulai ditambah dengan sayuran tomat dan kol. Jika kamu  khawatir kolesterol dan tekanan darah tinggi setelah mengkonsumsi gulai kambing, sebaiknya kamu menyediakan  kacang  Almon  atau menetralkan efek daging dengan teh tawar  hangat.

3.    Rendang
Rendang adalah   jenis sajian berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah. Rendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang- ulang dengan santan kelapa. Rendang memang disukai hampir semua orang karena cita rasanya yang kaya dan gurih, jadi tak salah jika rendang sering dijadikan salah satu sajian wajib saat IdulAdha. 

Jika kamu sangat menyukai rendang, ada baik nya untuk makan makanan penangkal efek negatif  daging, seperti acar, kacang almon, dan teh tawar. Kamu juga bisa menambahkan makanan berbahan sayur seperti salad, sayur asam dll yang kaya serat agar kebutuhan serat seeluarga bisa dipenuhi. 

4.    Rawon
Rawon adalah masakan khas Indonesia berupa sup daging berkuah hitam yang berbahan dasar kluwek. Pada umumnya, rawon adalah makanan khas Jawa Timur, namun juga terkenal di daerah Indonesia lainnya, seperti Jawa tengah dan Jakarta. Jika kamu penyuka rawon dan tidak bisa berhenti makan rawon saat IdulAdha,   ada baiknya makan rawon dengan makanan pendamping sambal tomat ataupun lalapan ala orang Sunda. Sambal tomat untuk rawon biasanya juga diberi toge muda. 

Tomat tinggi akan kandungan lycopene yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Toge yang ada dalam sambal tomat rawon juga mengandung manfaat yang sama, yakni menurukan kadar kolesterol jahat dan mencegah perut kembung.

Beli Hewan Qurban Murah di Bukalapak

Waduh, kamu belum membeli hewan qurban untuk hari raya qurban 2016?
Beli hewan qurban murah di Bukalapak saja! Buka lapak bekerja sama dengan ACT dan Global Qurban menyediakan berbagai hewan qurban murah seperti sapi, kambing, domba dan unta.


Hewan Qurban yang kamu beli di  Buka lapak kemudian akan didistribusikan ketempat-tempat yang membutuhkan seperti Papua, Palestina, Libanon dan banyak lagi. 


Kamu  juga mendapatkan sertifikat pengQurban dan laporan sebelum dan sesudah hewan qurban disembelih. Jadi tunggu apalagi? Beli hewan qurban murah, aman dan terpercaya? Beli aja hewan qurban  2016 di  Buka lapak!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...