Monday, May 2, 2016

Menjadi One Step Ahead Mom di Office To Office Parenting Talkshow Nutrilon Jakarta

Dear Temans, 

Menjadi orang tua di era modern tidaklah mudah. 
Salah satu tantangannya adalah pesatnya perkembangan teknologi dan internet. 

Para pembicara Office to Office Parenting Talkshow Nutrilon 
Karena itu,  sebagai orang tua kita harus selangkah lebih maju.  Membekali diri dengan banyak ilmu mendidik anak.

Dengan perkembangan jaman dan teknologi yang sangat pesat, Ibu masa kini harus menjadi seorang “One Step Ahead Mum” agar anak-anak Indonesia mampu bersaing dan selangkah lebih maju menuju kesuksesan di masa depan.

Antusiasme peserta office to office parenting workshop 
Ya,  menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, tapi kita bisa membekali diri dengan ikut berbagai diskusi atau seminar parenting seperti acara Office to Office Parenting Talkshow yang diadakan Nutrilon Royal di Gedung Bursa Efek Indonesia aka BEI Jakarta tanggal 29 April lalu. 

Acara ini memang ditujukan untuk para orangtua yang bekerja di luar rumah. Kesibukan kantor tak menjadi penghalang untuk menimba ilmu. Makanya acara ini diadakan sore hari,  after office hour. 

Peserta yang hadir nampak antusias karena pembicara acara kali ini memang luar biasa. 

Pembicara pertama adalah seorang dokter cantik ahli tumbuh kembang anak dari Klinik Brawijaya, dr. Bernie Endyarni Medise, SpAK, MPH. 

Ibu dokter yang ramah ini menjelaskan pentingnya menstimulasi perkembangan anak, tidak hanya dengan berbagai jenis buku dan permainan edukatif tapi dengan memberikan nutrisi yang tepat. 

Di masa balita dan kanak-kanak,  anak harus cukup gizi dan nutrisi dalam rangka mengembangkan dirinya. Ya, bagaimana anak bisa belajar dan bermain jika kurang gizi?  Bagaimana anak bisa berpikir kreatif kalau ia kurang nutrisi?  

Karena itu, tugas utama orang tua memberikan nutrisi yang cukup bagi anak lewat makanan dan minuman bergizi lengkap.  Segelas susu setiap hari penting untuk pertumbuhannya. 

Pembicara kedua adalah Ajeng Raviando SPsi, yang membawakan materi tentang kecerdasan anak. Menurut psikolog anak ini,  manusia memiliki 8 kecerdasan majemuk. 

Nah,  untuk bisa mengembangkan kemampuan anak, orang tua harus bisa mengidentifikasi kecerdasan apa yang menonjol dimiliki anak. 

Karena itulah ada berbagai jenis tes kecerdasan yang dikembangkan misalnya tes sidik jari. 

Kemampuan anak pertama dan kedua bisa berbeda lho, mungkin si kakak menonjol kecerdasan bahasanya sehingga berbakat menulis, sedangkan adik lebih memiliki kemampuan matematik sehingga suka berhitung. Apa bakat anak,  kita kembangkan. 

Untuk bisa mengembangkan diri,  anak harus memiliki kemampuan untuk memahami dirinya. Ini yang disebut kecerdasan intrapersonal. Orangtua harus mampu selangkah lebih maju, membantu anak memahami dirinya dengan berdiskusi.  Duh,  tugas orang tua ternyata tidak mudah ya! 

Selanjutnya ada ahli pendidikan anak yaitu Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph.D. Menurut beliau tugas orang tua adalah mendampingi anak dalam proses belajarnya mulai dari memilih sekolah dan pendidikan yang tepat untuk anak hingga mengetahui cara belajar yang cocok untuknya.  Beda anak bisa berbeda pula cara belajarnya.

Pembicara ketiga adalah yang daku tunggu-tunggu,  Perencana keuangan beken,  Ligwina Hananto!  Perempuan berhijab dan lincah ini membawakan materi tentang biaya pendidikan anak. Glek! 

Memilih sekolah yang cocok berarti harus menyiapkan dana pendidikan anak. Agar lebih ringan,  orang tua kudu menyiapkan dana pendidikan ini sejak dini. 

Ia memberikan contoh menyiapkan dana pendidikan anak dengan berinvestasi misalnya dengan reksadana, emas, properti atau asuransi pendidikan. 

Dengan menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini,  orangtua selangkah lebih maju dalam membantu anak mewujudkan cita-citanya di masa depan.

Sesi berikutnya adalah diskusi dengan Ibu Astrid Suryatenggara,  ibunda Master Chef Junior,  Revo. Ia yang tidak suka masak, mendukung impian Revo yang ingin jadi chef. Bahkan untuk menguji keseriusan putranya,  ia menugaskan Revo bekerja di restoran tanpa digaji dan Revo berhasil!  Keren ya! 

Acara yang singkat, tak lebih dari dua jam namun sarat pengetahuan dan ilmu,  bergizi tinggi! Terima kasih Nutrilon Royal atas undangannya :)

1 comment:

  1. One Step Ahead Mum... woww... di zaman yg seperti skrg ini, utk kemajuan anak2 memang kita selaku ibu harus bisa one step ahead mom ya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...