Monday, April 18, 2016

Mengisi Kelas Cara Bikin Blog Bersama Gandjel Rel di Semarang :)

Dear Temans, 

Gimana wikenmu? 
Sabtu lalu (16/04) adalah hari yang seru buat kami. Iyaa, Blogger perempuan Semarang Gandjel Rel kembali mengisi workshop bikin blog.  Kali ini, kami diundang oleh Ibu Rinas, teman di IIDN Semarang untuk mengajarkan cara bikin blog pada grupnya.  
Gini cara masukkan gambar bu kata bu guru keceh Rahmi Aziza 
Peserta workshop bikin blog kali ini beragam latar belakangnya. Ada pensiunan, PNS,  karyawan swasta, ibu rumah tangga hingga pengusaha. Hehe, awalnya keder juga melihat pesertanya. Maklum,  daku biasa berbagi dengan murid sekolah seusia daku jadi mudah berbaur gitu deh #plakk.

Workshop bikin blog adalah bagian dari program CSR,  aish kayak Gandjel Rel perusahaan apaa gitu kikikik.  Ya,  kegiatan ini adalah bagian dari roadshow kami berbagi ilmu pada masyarakat Semarang secara gratis.  

Kami berperan sebagai emak embak panggilan, bisa dihubungi untuk mengisi kelas bikin blog, menulis dan lainnya. Kecuali kelas masak,  eyke hobi gosongin panci cyiiin.. 

Jadilah,  Sabtu pagi kami sudah standby di Gedung Telkom Jalan Pahlawan Semarang. Hari itu ada tiga acara yang harus dihadiri. Kelas blog,  rapat dengan BB dan jadi juri lomba nulis Telkomsel hihihi sosialita ala-ala. Suwer, Kudu berbekal sebotol beras kencur hihihi. 

Rahmi Aziza,  ketua Gandjel Rel yang membawakan materi kelas blog dengan singkat. Tentu saja setelah pengisi kelas dan peserta kenalan. 

Rahmi dengan suara merdu khas penyiar radio,  Memperkenalkan apa itu blog,  manfaatnya,  bikin dimana dan langsung deh mulai praktik bikin blog.

Ya,  ngeblog ben rak ngganjel, adalah salah satu manfaat ngeblog.  Teteup promo hahaha.

Alhamdulillah, wifi gedung Telkom wush, wush. Taro bertindak sebagai operator dan daku satpam, keliling kelas hihihi. 

Kami sudah meminta para peserta untuk bikin e-mail gmail dari jauh hari agar lebih cepat memulai bikin blognya. Pendamping Rahmi ada daku di sebelah kiri dan Lestari di sebelah kanan.  Hihi berasa sedang ikut lomba cerdas cermat.

Lucunya, ketika mau mulai bikin blog baru. 
Kami bertiga lupa gimana caranya. Dimana tombol bikin blog baru di blogspot.  Biasanya, masuk akun kan ngga pakai pasword lagi. Jadi kudu logout dan tadaa,  mana ya yang mesti diklik kalau bikin blog baru?  Bwahahaha.. 

Bertiga mengutak-atik laman. 
Pakai acara keringatan pula karena  nggak nemu-nemu.  Hihi salahnya, semalam nggak pakai acara gladi resik dulu cyiin... 

Alhamdulillah, ketemu!
Sempat buku google pula, cara membuat blog di blogspot.  Haha,  maafkan kami guru ala-ala ini yaa murid-muridkuu.. 

Fiuhh,  akhirnya 15 orang peserta mulai bikin blog di Blogspot di laptop masing-masing.  Ada beberapa yang sudah punya blog tapi sudah berdebu bahkan lupa pasword,  hehe. 

Alhamdulillah, kami bertiga semangat karena pesertanya antusias ingin belajar. Mereka mengajukan banyak pertanyaan. Mulai cara posting, cara masukkan foto ke postingan, cara bikin header pakai foto,  cara ngelink blog ke akun sosmed. Rahmi juga sharing etika ngeblog dan cara agar blog ramai dikunjungi.

Karena guru ala-ala, aku ngajarnya sambil bawa tablet. Kalau ada pertanyaan sulit, langsung gugling kikikikkk. Nyontek tutorial di blog Annisa Steviani pun kulakukan. Makasih Mak Nisa! 

Nggak terasa,  waktu berlalu cepat.
Akhirnya, kami menyuruh peserta bikin satu postingan tentang belajar ngeblog.  Boleh dipercantik dengan foto.  Para peserta pun asyik menulis. Ketika selesai, ada tiga blog peserta yang kami tampilkan dan beri masukan. 

Blog seorang oma yang juga pengusaha hidroponik, sudah bisa memasukkan foto keren dan postingannya gaul banget bahasanya.  Hihi. Kereen! 

Alhamdulillah, blognya seru-seru. 
Tiga peserta yang blognya dinilai mendapatkan hadiah buku berupa buku Rahmi,  Mak Irits dan buku lain. 

What a great day! 
Semoga kelas kami hari itu bermanfaat dan para peserta bisa rajin posting dan menemukan bahwa ngeblog itu asyik,  dan ngwblog ben rak ngganjel!  Terima kasih undangannya Bu Rinas,  Insya Allah Sabtu depan ada lagi ya kelas bikin blog di Telkom :)


















15 comments:

  1. asyik ya mbak weekendnya..ada yang sudah sepuh tapi masih semangat ya

    ReplyDelete
  2. Waaah keren kegiatannya, GR emang oyeee, hahaha.

    Trus sabtu besok ada kelas lagi? Mau ikutan ngintip ah ^_^

    ReplyDelete
  3. Mantep bener inih mamah2 n nona tsantik dari Gandjel Rel :* Semoga barokah ilmu yg disebarkan yaaaa... lanjutken.

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa menimba ilmu dari admin Blogger Gandjel Rel yang kece-kece ini.

    ReplyDelete
  5. Ah keren sekali kegiatannya GR ini, tetap semangat untuk terus berbagi ya Mak ^^

    ReplyDelete
  6. Sabtu yg bergizi mak bisa berbagi ilmu itu memang menyenangkan ya

    ReplyDelete
  7. wehhh mantep banget tuh mbak. seru pastinya ya acaranya mbak dedew ^_^

    ReplyDelete
  8. Senengnyaaa...bisa berbagi ilmu ya, mbak. InsyaAllah manfaat banget tuh...kalo diajak sebagai penggembira juga mau loh...*pasukan cheerleader hok ya.. wkwkwk :p

    ReplyDelete
  9. Kalau aku yang ikutan jadi gurunya pasti gak kelar-kelar malah ngerumpi aja kerjaannya. Hahaha...

    ReplyDelete
  10. ooh jadi bisa nih kalau mau nanya2 sama mbaknya pas buntu nge blog :D

    ReplyDelete
  11. Wah..mulai ngajar!
    Yuk ke Makassar bikin workshop juga 😉

    ReplyDelete
  12. Keren mbak Dewi berbagi ilmu ngeblog. Salam kenal ya mbak, kelompok lain menunggu sharing dari GR.

    ReplyDelete
  13. keren nih mbak dew berbagi ilmunya, semoga banyak blogger yang muncul

    ReplyDelete
  14. Kapan bikin kelas di Lampung kak..? :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...