Thursday, March 17, 2016

Tips Emak, Cara Memilih Meja Makan yang Tepat :)



Dear Temans,

Waktu makan bersama keluarga adalah salah satu momen yang sayang dilewatkan oleh kita. Terutama waktu makan malam dimana semua angggota keluarga bisa berkumpul lengkap setelah seharian beraktivitas. Di meja makan pula, kita bisa menyantap makanan sambil bercerita kejadian yang kita alami hari itu.
Tips memilih meja makan yang tepat
Tips memilih meja makan yang tepa, ini kegedean kalau buat rumahku wkwkw

Nah, sayang kan kalau momen kebersamaan yang makin langka di era yang makin sibuk ini terlewatkan? Bagaimana cara makan bersama keluargamu? Kalau keluargaku waktu masih kecil, kami selalu makan bersama Abah dan Mama. Walaupun makanannya sederhana, tapi rasanya gayeng dan tentram kami berlima berkumpul. Meskipun kadang tidak di meja makan, tapi lesehan di depan televisi rasanya ngangenin. Terutama sekarang ketika aku tinggal berjauhan dengan orangtua dan adik-adikku. Unforgettable moment banget ya.

Kebiasaan makan bersama ini pula yang berusaha kuterapkan di dalam keluarga kecilku.
Setelah ayahnya pulang kerja, juga setelah shalat Maghrib berjamaah di Mushola perumahan, kami pun makan malam bersama. Walaupun menunya sederhana hehe.

Tips memilih meja makan yang tepat.
meja makan untuk keluarga besar kudu ukuran besar juga biar muat semuanya hehe
Kami punya meja makan, hanya karena keterbatasan tempat, saya meletakkannya di teras belakang menghadap taman. Ya, rumah kami memang super imut. Semoga tahun ini bisa terwujud merenovasi rumah dengan menambah bangunan belakang dan kamar tidur untuk Alde. Aamiin. Jadilah, kami makan di ruang tengah, masih lesehan bersama anak-anak.

Meja makan di halaman belakang menjadi stasiun Ayah anak-anak untuk bekerja, mengaji atau sekedar bersantai setelah lelah bekerja seharian hehe. Malah jadi meja kerja untuk dia, padahal kursinya ada empat lho, hihihi.

Ya, walaupun belum terwujud makan di meja makan sendiri, menunggu rumah bisa direnovasi dulu, Memilih meja makan membutuhkan beberapa pertimbangan agar mendapatkan meja makan yang paling sesuai selera dan fungsinya di rumah kita. 

Fungsi meja untuk makan berbeda dengan meja di ruangan lain yang biasanya hanya berfungsi sebagai pajangan bernilai artistik. Kalau meja makan benarbenar fungsional ya, terus-menerus terpakai untuk acara makan bersama keluarga yang tiga kali sehari itu.

Bersama meja ini Kita bisa menciptakan suasana makan bersama dengan keluarga yang lebih nyaman. Melewatkan jam makan menjadi kekecewaan besar sebab berarti mengurangi waktu kebersamaan dengan orang tersayang.

Menyediakan meja yang nyaman untuk menyantap makanan di rumah ternyata tidak boleh sembarangan lho. Ada tips untuk memilih meja makan dan perabotan lainnya untuk di ruang makan kita. Apa saja tipsnya? Intip yuk, semoga bermanfaat!

1.    Pemilihan bahan yang tepat,
Meja yang dibuat untuk kebutuhan makan kini bisa dijumpai dalam beragam material, bisa batuan alam, kayu jati, ataupun besi. Material terbaik sebenarnya adalah yang cukup kuat untuk menjadikannya bisa bertahan lama. Kemudian dipandang dari faktor kecocokan dengan ruangan makan yang dimiliki, apakah bergaya klasik, kontemporer, minimalis, dan sebagainya.
Misalnya nih, untuk rumah bergaya minimalis dan sempit, hindari memilih bahan meja makan dari kayu jati yangbesar dan terkesan berat. 

Tips memilih meja makan yang tepat
meja makan dengan gaya lesehan juga bisa dipilih oleh keluarga yang tinggal di rumah mungil

2.    Jumlah kursi yang sesuai dengan jumlah keluarga,
Menyediakan meja makan untuk keluarga tentunya bertujuan agar kalau kita makan bersama seluruh keluarga, bisa muat ya. Untuk keluarga yang biasa dikunjungi tamu atau keluarga besar dari luar kota, tak ada salahnya membeli meja makan yang lebih besar dengan jumlah kursi yang lebih banyak. Untuk menampung jika ada tamu yang menginap di rumah.

3.    Ukuran yang sesuai untuk ruang makan,
Jangan lupa sebelum memilih meja makan, pilihlah yang sesuai dengan besarnya ruangan makan kita. Jangan sampai karena senang dengan modelnya, ternyata ketika dibawa pulang ke rumah, meja makannya kebesaran sehingga ruang makan keluarga terasa sempit dan sesak. Ukurlah ruangan makan kamu sebelum membeli meja makan dan perlengkapannya. Harus proporsional ukuran perabot dengan ruangan yang akan kita dandani.

4. Ingin meja makan yang ready stock atau pesan?
Banyak cara untuk membeli meja makan. Sebagian orang memilih memesan sendiri kepada ahli pembuat furniture, tujuannya mendapatkan yang sesuai keinginan. Kita akan mendapatkan perabot yang sesuai untuk rumah kita, baik ukuran dan modelnya. Kita akan lebih puas dengan perabot yang kita pesan ke ahli perabot.
Tips memilih meja makan yang tepat
makan bersama keluarga dan sahabat menumbuhkan keakraban
Kita perlu memilih tukang perabot yang ahli dalam membuat perabotan yang kita inginkan. Coba-coba bisa berakibat fatal, kita bakal kecewa karena hasil kerja yang tidak memuaskan. Untuk itu, sebelum memilih ali perabotan, survei dulu ke teman-teman yang sudah pernah memakai jasa tukang. Mintalah rekomendasi dari mereka, tukang yang berpengalaman dan pekerjaannya memuaskan. Hal ini untuk menghindari kekecewaan sudah membeli barang mahal dan hasilnya tidak sesuai selera.

Selain itu, bila memilih perabot pesanan, Kita pun perlu bersabar sebab menunggu pesanan kita jadi. Karena biasanya perabot pesanan tidak ready ya. Harus dibuat dulu sesuai permintaan kita. Jadi, merupakan pilihan masing-masing orang, untuk mendapatkan meja makan yang terbaik apakah ke toko atau memesan dahulu.

2 comments:

  1. Aku punya dua meja makan, dapet dari jatah kantor suamiku dulu..tapi yang satu malah jadi meja kerja..hihi

    ReplyDelete
  2. Kebetulan lagi nyari meja makan Mak Dew, kalau saya pilih beli jadi aja di toko mebel, kadang ngga sabar nunggu pesenan. Hehehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...