Friday, March 11, 2016

Menularkan Virus Ngeblog di BBPOM Semarang :)

Dear Temans,

Alhamdulillah, Selasa (08/02) dicolek sebuah lembaga pelatihan untuk mengisi workshop ngeblog untuk pemula di kantor BBPOM Semarang. Sebuah uji nyali buatku yang masih belepotan kalau ngomong di depan umum hehe. Tapi, namanya kesempatan emas, masa ditolak ya? Bismillah, nekad saja menerima tawaran itu. Sambil deg-deg splash dan nggak nyenyak bobok dan maem beberapa hari sebelumnya wkwkwkw...

Pelatihan Ngeblog BBPOM Semarang
Memberikan pelatihan ngeblog untuk pemula di BBPOM Semarang
Ternyata, Manajemen kantor BBPOM menyelenggarakan pelatihan jurnalistik di kantor.
Pagi harinya, Mbak Nonie Arnee teman dakuw yang eks wartawan Suara Merdeka mengisi sesi pelatihan menulis artikel berita. Atas rekomendasinya, aku diajak mengisi sesi ngeblog. Terima kasih ya, Mbak Nonie ajakannya hehe.

Biasanya, daku mengisi pelatihan menulis cerpen dengan pesertanya adalah anak sekolah. Nah, ini pelatihan blog dengan peserta orang kantor, deg degaaan hihi..

Jadilah, siang bolong dakuw dan Rahmi Aziza bertolak ke Jalan Madukoro AA BB No.8 Semarang. 
Daku sudah menyiapkan PPT untuk presentasi. Kami kebagian mengisi pukul 13.00-16.00. Semangat! Nggak lupa, untuk mengurangi ketegangan, selfie-selfie dulu mumpung bedak belum luntur hihihi...

Pelatihan Ngeblog BBPOM Semarang
Bersama Rahmi Aziza dan Mbak Nonie Arnee
Peserta yang terdiri dari karyawan BBPOM ini tentu kondisinya sudah agak mengantuk setelah makan siang. Daku berusaha menyemangati, memperkenalkan media tulisan berupa blog yan ternyata bukan hanya untuk curcol saja.

Ya, manfaat ngeblog sangat banyak.
Diantaranya sebagai tempat berbagi, refreshing juga menuliskan pengalaman. Untuk para karyawan yang sudah padat kerjaannya, kami ajak untuk ngeblog sebagai media refreshing. Juga berbagi.

Seperti blogger Evrina dengan blognya www.evrinasp.com yang bertema penghijauan, Evrina yang penyuluh pertanian banyak menuliskan pengalamannya sebagai penyuluh, juga sharing informasi bermanfaat seperti cara daur ulang plastik dan lainnya.

Pelatihan Ngeblog BBPOM Semarang
Giliran Rahmi Aziza memberi materi ngeblog
Setelah penat bekerja, ngeblog jadi sarana curhat. Menulis rutin setengah jam untuk diposting di blog pasti bisa ya. Tak hanya mengisi blog dengan tulisan panjang lebar, mengisi blog dengan foto-foto yang diberi caption menarik ala IG, atau mengisi blog dengan video sah-sah saja dilakukan.

Berbeda dengan menulis artikel di web perusahaan yang harus memenuhi standar artikel berita 5W+1H dan harus resmi, ngeblog di blog pribadi gaya menulisnya lebih santai, suka-suka blogger tapi juga bisa berbobot temanya. Tak kalah informatif dengan website perusahaan. Ketika ada seorang peserta berpendapat, untuk apa ngeblog jika sudah ada website resmi?

Rahmi menjawab, di blog pribadi seorang penulis bisa lebih mengekspresikan dirinya dengan menulis sesuai gaya pribadinya. Lagipula, menulis di blog sendiri bisa posting kapan saja tanpa diseleksi seperti website kantor. Apalagi saat ini era teknologi internet, dimana  semua orang bersumber pada internet, sebelum membeli sesuatu atau butuh informasi apapun, biasanya gugling lebih dulu, dan memilih blog-blog pribadi yang artikelnya santai dibaca tapi informatif. Agar lebih lengkap dan terpercaya, postingan mereka di link ke website kantor untuk informasi lebih lengkap dan detail.

Pelatihan Ngeblog BBPOM Semarang
Yuk ngeblog ben rak ngganjel hehehe
Setelah itu, Rahmi mengajak peserta membuat blog step by step. Sayangnya, tidak ada yang bawa laptop jadi kami tidak bisa membuatkan mereka blog langsung saat itu juga hiks hiks.

Akhirnya, kami pun mengajak peserta membuat postingan blog yang santai tapi tetap informatif. Ternyata pesertanya sudah jago menulis. Setelah kelar menulis, kami minta bacakan. Dan artikel-artikel seru pun bermunculan!

Bu Novi membacakan artikel cara mengecek no registrasi produk di web BBPOM
Ya, pekerjaan di BBPOM sangat menarik, karena berhubungan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Mulai dari makanan, kosmetik dan obat-obatan yang beredar di Indonesia, semua harus dicek oleh BBPOM.

Tak heran, artikel menarik pun bermunculan dibacakan peserta. Misalnya: Cara mengecek produk kosmetik di BBPOM, tips memilih jajanan sehat, apakah pewarna di jajanan itu aman? Putih tidak selalu sehat dan cantik, adalah beberapa artikel yang peserta tulis. Wow, bermanfaat bangeet bagi pembaca.

Iyaa, Jenis tulisan inilah yang banyak dicari pembaca di Google. Apalagi sekarang banyak kosmetik abal-abal beredar, bikin orang awam tertipu, bahkan ada yang terenggut nyawanya hanya karena ingin cantik.Tips-tips seperti ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca sebagai panduan agar lebih berhati-hati memilih kosmetik, makanan dan obat-obatan. Jangan mudah tergiur harga murah atau iklan bombastis. Perlu diperhatikan baik-baik kandungannya, dan apakah sudah terdaftar di BBPOM. 

Belajar nulis postingan blog berupa tips praktis
Wuih, Keren banget kalau para peserta workshop ini pada aktif ngeblog! Alhamdulillah, nggak terasa 4 jam berlalu. Kami sudah berbagi apa yang kami berdua bisa. Semoga bermanfaat dan teman-teman peserta bisa berbagi ilmu dan pengalamannya lewat blog, semoga kami berhasil menularkan virus ngeblog di BBPOM dan anggota blogger perempuan Semarang Gandjel Rel bakal bertambah, hehe..







24 comments:

  1. Keren sangat lah makdew n rahmo nih. Keep inspiring yaaa...biar pada ngeblog ben rak ngganjel ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga pada bikin blog dan member GR nambah mak hihi

      Delete
  2. Waaah, kayak mutiara yang terpendam di dasar laut, staf BPPOM pasti udah piawai bikin artikel yang smart nih, mbak. Virus ngeblognya moga menular pada mereka semua yaaa. Kereeen, udah merambah hingga instansi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi pas diajak mba nonie, mbaa..Alhamdulillah. iya, bakal keren kl pada ngeblog..informatif..

      Delete
  3. mbk dedew makin cetar, uh berbagi ilmu sampek ke bbpom, sukses terus ya mbk dew

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak, Alhamdulillah mak, dapat kesempatan...

      Delete
  4. wah hebat si mbak ini, berbagi terus ya, memberikan ilmu itu sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mba, pengen ngajar seperti mba, semoga ada kesempatan lain lagi :*

      Delete
  5. waah keren makdew n mak rahmi.. sudah sampai BPPOM nularin virus ngeblognya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah marita, pas dicolek mba nonie hehe...

      Delete
  6. Makasih ya Makdeww udah diajakin ngisi platihan blog. Moga bermanfaat apa yang kita sampaikan kemarin ya :*

    ReplyDelete
  7. Waaaahhh.. ditunggu nih blognya para pegawai BPOM. Suka ngeri loh sama berita yang hoax di timeline facebook, mulai kosmetik hingga pembalut yang tercampur pemutih, dan sebagainya. Tapi disesuaikan kata - katanya, jangan terlalu ilmiah, kadang kurang paham sama nama - nama kandungan bahan :D , bahasa santai lebih bagus ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, moga pada tergerak ngeblog yaa, bermanfaat bangeet..

      Delete
  8. Sebenarnya setiap orang itu punya bakat menulis deh mbak tapi nggak semua diolah ya. Nah itu karyawan BPPOM buktinya. Sayang bgt pada nggak bawa laptop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sudah terbiasa nulis di website kantor, semoga bisa terjun jadi blogger..

      Delete
  9. Bagusnya kalo orang katoran/pegawai ngeblog, mereka bisa menyampaikan informasi ke kita dengan tutur yang santai ya Mbak Dedew. Jadi asyik membacanya. Saya suka tuh membaca tulisan2 Mbak Evrina. Membacanya kan lebih mudah dimengerti. Menurut saya, sih lebih asyik ketimbang membaca website instansi/perusahaan yang bahasanya formal.

    ReplyDelete
  10. Happy pagi ini terdampar di blog ini, template nya ringan, tulisannya menarik dan mengalir.

    TFS ya mba Dewi, keep sharing! :*

    ReplyDelete
  11. kantor Aku kapan ya ngadain pelatihan blog? Hehe.

    Kali gitu Bisa ngundang penulis kondang sekelas Mbak Dew.

    Ah, saya bangga banget punya teman (Ini mah ngaku2 Aja biar ketularan jadi penulis, haha) seperti Mbak Dew. Ure so inspiring ;)

    ReplyDelete
  12. Kalian berdua mang top banget deh. Moga2 makin banyak yg ketularab ngeblog ya

    ReplyDelete
  13. Kapan ya kantorku ngadain bimtek kaya gitu ya, ngundang Mbak Dew ama Mbak Rahmi aja

    ReplyDelete
  14. mba dedew, kereeeennnnn!!! sukaaaakk.... salam buat makmi yaaa...

    ReplyDelete
  15. Seneng banget lihat aktivitasmu. Ilmu yang terus disebar nggak akan pernah habis, malah nambah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...