Thursday, March 24, 2016

Menjelajahi Pantai Sekotong & Pantai Mekaki, Sepotong Surga di Lombok Barat

Dear Temans,

Alhamdulillah, long wiken nyaris tiba! Mau jalan-jalan kemana nih? 
Indonesia sangat kaya akan tempat wisata. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Indonesia sangat komplet. Mau wisata gunung dan pantai, banyak sekali keindahan Indonesia yang bisa dieksplorasi,. 

Pantai Sekotong dan Mekaki Lombok Barat
keindahan Pantai Sekotong di Lombok Barat
Kali ini, Dakuw mau menuliskan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia.
Apa lagi kalau bukan Lombok! Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok terdiri dari satu kota yaitu Kota Mataram, dan empat Kabupaten yaitu Lombok Utara, Lombok Timur. Lombok Tengah dan Lombok Barat. Tak hanya terkenal keindahannya, Lombok juga terkenal dengan wisata kulinernya diantaranya plecing kangkung dan sate rembige yang dahsyat!

Saat menjelajahi Lombok bersama Muslimah Backpacker, dakuw benar-benar terpesona dengan keindahan Lombok Barat. Ya, dakuw memang pencinta pantai. Jadi, kalau jalan-jalan biasanya mencari pantai yang cantik. Hehe, maklum orang gunung. Kecintaan akan pantai ini pun terpuaskan ketika trip di Lombok Barat. Ada dua pantai cantik yang kami sambangi yaitu Pantai Sekotong dan Pantai Mekaki. 

Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Letaknya dekat dengan pelabuhan Lembar, pelabuhan penyeberangan Lombok. Jaraknya dari Kota Mataram, sekitar dua jam dengan kendaraan bermotor, menempuh jarak sekitar 60 km. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Sekotong, kami dibuai dengan pemandangan perbukitan yang indah. Lengkap dengan jalanan berliku-liku dan sudah beraspal. Tak terasa lelah perjalanan menuju Lombok Barat karena keindahan itu. 

Pantai Sekotong dan Mekaki Lombok Barat
Sudut Pantai Sekotong nan indah
Horee! Kami tiba di TKP!
Pemandangannya menakjubkan. Langit biru Lombok seolah menyatu dengan birunya laut Pantai Sekotong. Berasa sedang berada dalam kartu pos berisikan pemandangan indah yang dijual di kantor pos. Ini nyata! Dakuw mencubiti lengan Taro, sobat seperjalananku. Nyaman dan tentram perasaan. Pantai Sekotong tidak hiruk-pikuk seperti Pantai Kuta di Bali atau Pantai Parang Tritis di Yogya. Pemandangan indah ini tentu semakin mengeratkan hubungan antara pasangan yang sedang berbulan madu. Benar-benar heaven on earth. 

Perahu nelayan yang terbuat dari kayu, lalu-lalang, para nelayan berseliweran, menambatkan perahunya di tepi pantai. Menjadi sasaran empuk bagi kami untuk memotretnya, atau menjadikannya properti pemotretan hihihi. Ada beberapa gazebo yang bisa kita pakai untuk leyeh-leyeh. 

Jika lapar, tak usah khawatir banyak warung makan tersedia di Pantai Sekotong milik penduduk Sekotong. Warganya pun ramah-ramah lho, kami sempat shalat di mesjid dekat Pantai dan meminta izin pada penduduk untuk menumpang ganti baju di rumah mereka. Alhamdulillah, disambut dengan ramah.

Pantai Sekotong dan Mekaki Lombok Barat
Muslimah Bckpacker di Pantai Sekotong Lombok Barat
Pemandangan Pantai Sekotong memang komplet, kita bisa menikmati keindahan Gunung Agung dari kejauhan. Bahkan, para wisatawan juga ada yang mendaki perbukitan sekitar pantai demi menikmati keindahan Lombok Barat dari ketinggian. Amazing pisan, euy!

Dari Pantai Sekotong ini pula, kita bisa menyeberang dengan menggunakan perahu nelayan untuk menejelajahi beberapa Gili disana. Diantaranya Gili Kedis, Gili Sudak dan Gili Nanggu. Di sekitar pantai Sekotong tersebar puluhan pulau kecil atau biasa disebut Gili dan menjadi tujuan para wisatawan untuk snorkeling dan lainnya.

Di dekat kami, sudah hiruk-pikuk kesibukan sebuah tempat penyewaan alat untuk snorkeling. 
Ya, jika ingin snorkeling, kalian bisa menyewa perahu, alat  snorkeling, dan pemandu untuk menjelajahi Gili Sudak, Gili Nanggu dan banyak lagi tempat yang asyik dan indah untuk snorkeling. Atau ingin naik perahu nelayan menyusuri Pantai dan Gili disekitarnya? Bisaaa.

Pantai Sekotong dan Mekaki Lombok Barat
Pantai Mekaki di Lombok Barat
Oh iya, di sekitar Pantai Sekotong ada Balai Budidaya Laut Lombok. disana kita bisa menikmati keindahan dan kekayaan biota laut Lombok diantaranya kerang, lobster, ikan kerapu, ikan napoleon dan teripang. Asyik banget ya kalau mengajak anak-anak berkunjung ke Balai Budidaya Laut Lombok ini. Tidak hanya berwisata tapi dapat ilmu pengetahuan baru tentang biota laut. Jangan lewatkan pula menikmati sunrise dan sunset di Pantai Sekotong. Sooo, beautiful!

Puas menikmati Pantai Sekotong, rombongan kami beranjak menuju Pantai Mekaki. Yang letaknya tak jauh dari Pantai Sekotong. Dari Kota Mataram, jarak Pantai Mekaki sekitar 70 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor bisa mobil pribadi atau angkutan umum selama 2 jam lebih. Pantai Mekaki terletak di Desa Pelangan, Kabupaten Lombok Barat. Pantai ini sering juga disebut Pantai Teluk Mekaki karena letaknya di sebuah teluk yang menghadap langsung Samudera Hindia. Seperti pantai lainnya di Lombok, pantainya bersih dan putih. Syukaaa!

Pantai Mekaki dan Pantai Sekotong lombok Barat
Sepotong surga di muka bumi ada di Lombok Barat
Dibandingkan pantai lain di Lombok, Pantai Mekaki lebih mudah diakses. Sangat mudah untuk mencapai kawasan pantai ini. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Mekaki, mata dimanjakan dengan area persawahan milik penduduk juga perbukitan serta gugusan Gili yang banyak belum tersentuh wisatawan. Wow, unik ya, pemandangannya!

Dibandingkan pantai lain di Lombok, Pantai Mekaki ini masih terbilang perawan. Dalam artian, belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan seperti Pantai Kuta di Lombok Tengah atau Pantai Senggigi yang sangat populer. Ombak di pantai Mekaki kadang nampak kalem, kadang juga berombak besar. Bahkan tak jarang menjadi tujuan para surfer lokal dan mancanegara untuk berburu ombak di kawasan Pantai Mekaki.

Pantai Sekotong dan Mekaki Lombok Barat
Pantai Mekaki di Lombok Barat NTB
Karena kontur tanah yang berbukit-bukit, dari kejauhan pun kita sudah bisa melihat keindahan Pantai Mekaki ini. Bentuknya seperti bulan sabit, dikelilingi perbukitan dan pepohonan nan hijau. Cantiiik! Air lautnya pun bergradasi, lho. Mulai dari hijau toska di pinggir pantai, hingga membiru pekat semakin kedalam. Membuat bibir ini tak hentinya berzikir lirih. Maha suci Allah atas segala ciptaannya! Allah is great!

Keunikan lainnya, pasir pantai Mekaki butirannya halus seperti merica. Jadi penduduk Pelangan menyebutnya dengan pasir merica. Akk, unik banget. Jadi pengen membawa pasir merica unik ini pulang hehe. So, masih bimbang liburan nanti mau kemana? Ahhh, ke Lombok Barat saja! Seperti sepotong surga yang terdampar di muka bumi. Jangan lewatkan keindahannya ya, teman-teman. Tak sabar rasanya ingin kesana lagi dan menjelajahi setiap bagiannya. Semoga tercapai, aamiin!










14 comments:

  1. Pantai-pantai di Lombok emang juara ya mbak... Jadi kangen Lombok niiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dee, pengen balik lagi yaaa...hiks...

      Delete
  2. Pantai-pantai di Nusa Tenggara Barat ini memang deh, takan habis kata-kata untuk memujinya. Pasir putih yang lembut dengan air biru jernih, rasanya seperti di surga Mbak Dew :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa...bener-bener memanjakan diri ya piknik kesana...

      Delete
  3. Pantaslah Lombok disebut sepotong surga yang ditaruh di bumi. Keindahannya benar-benar mengagumkan...

    Foto di pantai Sekotong itu bikin kangen. Jadi ingat semua kenangan di sana saat2 kita ngetrip bareng beberapa tahun lalu :)Moga ada kesempatan menjelajah Lombok lagi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin pengen kesana bareng2 lagi yaaa

      Delete
  4. Belum pernah ke Lombok mbak, mupeng nih

    ReplyDelete
  5. cakep bgd mbk dew pemandangannya,
    yg paling sering nongol di tv, senggigi sm kuta, tp sekotong sm mekaki jg gk kalah cakep ya mbk dew, ah mupeng mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lautnya berasa nyambung dengan awan, absolutely blue..

      Delete
  6. indah banget pantainya mbak

    jadi kepengen kesana juga

    ReplyDelete
  7. Wah indahnya jadi pengen kesini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ajak si akang hanimun ke lombok :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...