Thursday, November 5, 2015

Garang Asem Yang Pedas, Asem dan Segerr di Sari Rasa Kudus

Dear Temans,

Lanjuut yaa cerita sehari di Kudus, hehe.
Kelar acara School Visit Menulis bersama Tulisen.com di MAN 2 Kudus, kami capcus mengisi perut di Rumah Makan Sari Rasa di Jl. Agil Kusumadja 20, Kudus. Letaknya tepat di depan sebuah mesjid yang cantik dan bernuansa putih. 

Garang asem sari rasa kudus
rumah makan sari rasa kudus yang selalu ramai pembeli

Rasanya, dakuw belum pernah deh makan garang asem yang katanya makanan khas Kudus. 
Pernah mencoba garang asem di Pekalongan, ternyata penampakannya beda 360 derajat dengan garang asem Kudus. Garang asem di Pekalongan lebih mirip rawon dengan rasa asam. Dimana-mana, terlihat penjual garang asem dan lentog. Makin penasaraan! Gara-gara Lestari nih, sering mengiming-imingi aka pamer makanan Kudus. Huh!

Garang asem sari rasa kudus
suasana rumah makan sari rasa kudus yang ramai

Jadinya, excited ketika diajak kru Faber Castell mampir ke Rumah Makan Sari Rasa ini #emanglaparhehe. Garang asem yang katanya makanan favorit mantan presiden SBY, sebenarnya adalah campuran berbagai bahan makananm dibumbui lalu dibungkus daun pisang kemudian dikukus, atau digarang.

Isinya bisa daging ayam atau jeroan ayam. Rasanya pun asem karena ditambahi asem dan irisan tomat hijau yang melimpah.  Konon, rasanya pedas dan asem jadi segeer banget. Iya, konon karena waktu itu masih belum mencoba, hihihi...

Garang asem sari rasa kudus
menanti pesanan tiba

Saat itu hampir waktu makan siang. Suasana rumah makan cukup ramai. Kami pun mencari tempat duduk yang nyaman. Seorang pelayan mendorong troli bersusun, mengambil piring dan gelas kotor bekas tamu. Tak lama kemudian, ia kembali mendorong troli berisi berbagai jenis minuman dan menawari kami. Hihi, unik ya. Jadi pesanan minuman kami nggak dicatat tapi diambil langsung dari mbak yang mendorong troli.
Garang asem sari rasa kudus
garang asem kami sudah tibaa
Dakuw dan Mbak Dewi dari Faber Castell pun memesan garang asem. Iya, Duo Dewi, hehe. 
Personil yang lain memilih tahu telur. Katanya, garang asem enaknya yang pedas, biar hosh..hosh..hehe. Sayangnya, garang asem ayam sedang dimasak dan matang satu jam lagi. Kami pun memilih garang asem jeroan. Tak lama kemudian, garang asem pesanan kami datang dalam bentuk bungkusan yang very hot. Panas, bo!

Bismllah, dakuw pun mencobanya. Tentu saja setelah puas memotret dengan kamera ponsel unyu sana-sini, hihi. Sampai-sampai Mas Wahyu Faber Castell urung menyuapkan makanannya karena buru-buru kucegah. "Mas, aku foto dulu ya tahu telurnya!" 

Garang asem sari rasa kudus
garang asem jeroan khas Kudus
Hihihihi...

Tahu telurnya juga menggoda. Jadi pengen coba juga. Hihi, masa minta punya Mas Wahyu sesendok? Wkwkwkw...kita kan dalam misi mencicipi garang asem! 

Yup, rasanya memang nikmat. Pedas, asem dan segeeer.. 
Cocok banget dimakan panas-panas di siang bolong ini. Badan langsung kebanjiran keringat. Asem, asem deh..hahaha. Ah, jadi menenggak es jeruk berkali-kali. Sensasi garang asem, maknyuus. 

Garang asem sari rasa kudus
kalau ini tahu telur ala sari rasa kudus
Rumah makan Sari Rasa adalah tujuan favorit pengunjung menikmati garang asem. Rasa garang asem racikan rumah makan ini konon berbeda. Tidak memakai santan. jadi lebih sehat. Seporsinya dibanderol sekitar Rp.24.000. Konon, makanan gareng asem ini bukan asli Kudus, tapi Purwodadi. Tapi tenar banget di Kudus. 

Ah, jadi pengen makan garang asem Sari Rasa lagi...





35 comments:

  1. Ih, Mbak Dedew bikin ngiler deh. Mana belum sarapan. Hihihi.... Belum pernah nyoba Garang Asem, namanya sih pernah dengar. Btw... Saya sering gitu deh. Sering ngiler sama pesanan teman kalau wiskul :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga ngiler, berhubung sekaran sudah wktunya makan siang, yah, saya bayangin msakan ini aja wes, soalnya enak banget
      hehehehe

      Delete
  2. ngileeeer beraaat hehehehe....kayaknya enak yoo mba..soalnya otentik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba indah, katanya ini termasuk favorit garang asemnya di kudus

      Delete
  3. satu komen : PENGENNNNNN
    kruyuk-kruyuk ni perutku mbak hahah

    ReplyDelete
  4. Mbak Dedeeeeeew... Garang asem ini makanan kesukaanku banget.. #nelenludah

    ReplyDelete
  5. waduh mbakkkk...warung yang beginian ini yang asik..bikin luwe aja sih kalo mampir pagi2 kesini T_T

    ReplyDelete
  6. Garang asam jeroan huaaa pengen apalagi yg pedesss ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan kepedesan ntar muleees....

      Delete
  7. Garang asem emang enak banget. Pedes, asem, segerrrr... Saya juga suka banget kuliner yg satu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru nyobain mba ternyata yummii yaaa

      Delete
  8. seger siang-siang makan gareng asam

    ReplyDelete
  9. Mbaaaa, aku ngilerrrrr garang asemnya....pengeenn mba *_*

    ReplyDelete
  10. Belum pernah makan garang asem nih mak, pengen nyobain :D

    ReplyDelete
  11. suka banget garang asam yang ini. jempolll deh

    ReplyDelete
  12. Ini sih warung langganan kalo bisa mampir pas ke Kudus, tapi belum pernah nyobain tahu telurnya. Duuuh jadi ngiler deh, mbak, heheheee

    ReplyDelete
  13. Aku pernah makan garang asem di Kudus.Enak sedep dan segar :)

    ReplyDelete
  14. masya Allah .. liat garangasem ampe layar laptop diusap-usap,
    *pandangan mata nanar .. lapaaarrr.

    Pengin bisa bikin sendiri biar puaass maemnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin mbaa, dirimu jago masak....

      Delete
  15. pernah kesana sekali mbak Dew...udah lama sekali...
    * tapi warungnya itu bukan yaa..lupa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya yang jual garang asem banyak di kudus...

      Delete
  16. Sewaktu tinggal di Pati, suami nyobain garang asem dan sampai di Tangerang kelimpungan pingin garang asem lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa susah nyari yang otentik yaa

      Delete
  17. baru dengar nama makanan "garang asem" ini mbak :)
    tapi kalo lihat penampakannya kayaknya memang enak banget :)

    ReplyDelete
  18. Bisa jadi referensi ini hhehehhhehh, rencananya aku mau ke Kudus akhir pekan ini :-D

    ReplyDelete
  19. Sari Rasa ada cabangnya lho mbak. Dekat rumahku. Konon yg didatangi pak Sby yang di dekat rumah. Kl di Jati, mungkin terlalu ramai ya, pengamanannya agak sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang kita ngga sempat ketemuan di kudus ya mbaa...cuma sebentar soalnya...

      Delete
  20. ngiler banget dah lama gak makan ini...... kangen jadinya masakan ibuku

    ReplyDelete
  21. Untung baca ini udah kenyang, gak ngiler2 amat :p

    ReplyDelete
  22. Aku kalau ke Kudus pasti mempir ke sini, Mbak Dew..Pedas tapi gak bikin kapok hehehe..

    ReplyDelete
  23. Aku pernah nyobain juga garang asem sekali, endeuuuusssssss

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen masak sendiri garang asem ini, Mbak
    Ngilerrrrrrrr

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...