Saturday, August 15, 2015

Seru-Seruan di Gedung UMKM Center Jawa Tengah :)



Dear Temans,

Ada tempat nongkrong baru nih di Semarang atas.
Namanya Gedung UMKM Center (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Jateng  di Jalan Setiabudi Banyumanik. Bulan Desember 2014 baru saja diresmikan oleh Bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, berdiri di atas lahan cukup luas di daerah Semarang atas, Banyumanik. Letaknya tak jauh dari Pizza Hut Banyumanik.
Gedung UMKM Center Jateng menanti kamuu
Gedung dengan bentuk unik ini dibangun sebagai wadah untuk pelaku UKM *buset deh pelaku hihi, di Jawa Tengah. Berbagai butik, kafe dan gerai makanan bisa kita temukan disana. Lumayan komplet lho. Sagala aya disini.
masih sepi karena datang kepagian hehe
Dengan area parkir cukup luas, memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraannya. Cukup aman juga karena ada tukang parkir yang berjaga. Gedung UMKM Center ini memiliki beberapa ruangan yang bisa dipakai untuk berbagai acara seperti rapat, seminar dan lainnya. 

kursi kafenya dari kayu ukir karya perajin UMKM lho
Di ruangan ini pula kerap diadakan seminar wirausaha untuk para pelaku UMKM dan umum, Pihak pengelola biasanya mengundang narasumber pengusaha sukses untuk berbagi pengalaman. Juga sering diadakan acara semacam nonton bareng pertandingan bola di teras gedung. Adapula konsultasi wirausaha lho bisa kamu dapatkan gratis. Meriah euy!

jejeran gerai batik unyu
Begitu memasuki pelataran gedung, beberapa gerai menyambut kita. 
Diantaranya gerai Kopi Gunung Kelir yang kopinya yummy dan harganya terjangkau. 
Nggak semahal kopi di gerai kopi impor lho. Ada juga gerai jus segar kalau kita tak suka kopi. 

kafe kopi gunung kelir juga ada di UMKM
 Di deretan lantai bawah, terdapat beberapa gerai diantaranya beberapa butik yang menjual batik, ada juga butik tas kulit asli, kafe susu dan kafe jamu. Hm, tentang kafe jamu nanti dakuw liput ya di postingan lain.
Sedangkan di lantai atas ada beberapa ruangan untuk pertemuan, ada agen model juga berkantor disini, Bayu Ramli Exist Modelling, hihi hingga gerai Tahu Baxo Bu Puji dari Ungaran lho. 

Agen model dan Tahu Baxo rukun bersebelahan hehe
Jika masuk ke dalam gedung, ada tiga gerai menarik. CJ Mart dan CJ Craft.
CJ Craft menjual berbagai jenis kerajinan yang terbuat dari kayu ukir karya perajin UMKM, juga
berbagai jenis kain batik, baju dan pernak-pernik batik lainnya. Dan daku sukses jajan, karena nemu tas batik unyu disana hihihi.

toko oleh-oleh yang menggiurkan
Yang tak kalah menarik ada CJ Mart yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman khas untuk oleh-oleh hasil produksi UMKM Jawa Tengah seperti ikan bandeng, bakpia, keripik bayam dari Magelang, buah carica Wonosobo, dan lainnya. Keren ya. Ada juga stan batu akik, kata Nai seru banget karena ada batu akik yang didalamnya ada fosil serangga terperangkap hihi.

deretan batik cantik di CJ Craft asli buatan perajin Jateng
Asyik kan, sayangnya belum banyak yang ngeh keberadaan gedung ini, jadi masih sepi pengunjung. 
Padahal, asyik lho duduk-duduk sore hari di teras gedung, memandang kesibukan Jalan Setiabudi sambil menyeruput segelas cappuccino. 

kerajinnan kayu perahu pinisi mau?
 WIFI nya juga kencang lho di gedung UMKM jadi yang sendirian nggak bakalan mati gaya. Hehe. 
So, jangan lupa mampir di Gedung UMKM Center dan beli produk-produk Indonesia, seperti kata iklan TV, cintai produk Indonesia. Setuju, temans?




28 comments:

  1. Tempatnya bagus dan menjual aneka bbatik juga ya Mbak.. Semoga tempat ini bisa mengangkat derajat para pelaku usaha UMKM ya Mbak..

    ReplyDelete
  2. ini kan yang dulu buat acara dengan keb kan ya mbak?

    ReplyDelete
  3. Wihhh asyik bgt ni, bisa memajukan umkm
    N promo hasil lokal

    ReplyDelete
  4. iya ya masih sepi. karena harga dari produk UMKM mungkin lebih mahal dari yang di supermarket. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi cemilannya enak2 lho, aku suka di CJ martnya ada teh susu, yoghurt, keripik enak murmer hihihi

      Delete
  5. Semoga tempat semacam ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh para UKM yang ada. Gedungnya udah ok, pemerintahannya juga ok. Tinggal yang mengisi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa isinya keren2 mas, tinggal promosinya gimana biar pengunjung mampir kesana...

      Delete
  6. keren, semarang udah ada UKM Center-nya :)

    oya, sekalian mau info, aku lg bikin syukuran buat blogku, ikut ya mak, giveaway-nya
    http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    =Dee=

    ReplyDelete
  7. Semoga makin ramai yah tempatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin butuh promosi terus nih mba, biar masyarakat ngeh ada tempat ini :)

      Delete
  8. geudngnya bagus. Dan semoga UMKM semakin maju :)

    ReplyDelete
  9. Tempatnya nyaman banget ya. Salut sama pemerintah yg concern ngurusin UMKM

    ReplyDelete
  10. Oalah ini toh dalemnya, kalo ke banyumanik cuma sering lewat depannya tapi gak pernah masuk. makin keren deh kota semarang udah mendukung usaha kecil menengah kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa seru juga dalamnya hehehe, nanti mampir yaa...

      Delete
  11. gedungnya emang apik dan besar ya mbak..moga2 UMKM jawa tengah ajdi makin maju deh

    ReplyDelete
  12. Gedungnya bagus mbak, bersih dan rapi. Udah kayak mall aja. Setuju banget nih, supaya produk-produk lokal bisa eksis juga di pasaran :)

    ReplyDelete
  13. setuju! cintai produk dalam negeri, tapi aku kadang suka sebal kalau ke bazaar khusus produk lokal gitu mba.. harganya suka gak masuk akal, aka mihil.. kok mendingan beli produk branded yang diskon di mall ya.. -__- sama aja kayak makan gado gado di dalam plaza indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kendalanya mereka di harga ya, mungkin karena kebanyakan produk handmade mba, bukan pabrikan jadi bikinnya rumit, bahan bakunya mahal, harganya jadi mihil, kadang ngga terjangkau ey...

      Delete
  14. sip..sip nanti kalua ke sana mampir kalau ada kesempatan

    ReplyDelete
  15. baru 2x ke semarang. sekali pas SMP, kedua thn 2013. tapi blm sempet jalan2 selain ke lawang sewu. Mudah2an ada kesempatan ke Semarang lagi ...thanks infonya mak :)

    ReplyDelete
  16. Kemarin pas kesana acara brg mak injul blm sempet keliling, kpn2 ah ke sini lagi.

    ReplyDelete
  17. kopina agak diperjelas kopi arabika atau apa kopi apa aja mba,, biar para cowo juga lebih tertarik,,heu

    semoga sukses usahanya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini linknya yaa tentang kopi di UMKM :) http://www.dewirieka.com/2015/07/nongkrong-cantik-di-kafe-gunung-kelir.html

      Delete
  18. Barangnya bagus baguuus.. Itu harganya lebih murah atau sama aja mak? Suka liat batiknya ;)

    ReplyDelete
  19. Setujuu. Produk Indonesia banyak yang bagus2, hanya marketingnya masih kurang dikenal di negeri sendiri biasanya, mba Dew.

    ReplyDelete
  20. mau mampir kesini belum sempat-sempat. kapan-kapan deh. kayanya asik barang-barangnya. nglarisi produke wonge dewe. "bukan made in china" hahaha. tapi info range harga belum disampaikan di atas mbak. biar pembaca punya gambaran harga batik berapaan, batu akik, cemilan, dll.

    ReplyDelete
  21. Aku blm tau nih Mba tempatnya.
    Waaa ada carica di sana ya.

    ReplyDelete
  22. Wuih keren. Di Bandung ada ga, ya? Hehehehe... kudu nyari nih. Keren-keren produknya...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...