Thursday, March 5, 2015

Tips Menata Rumah Mungil Ala Ikea :)

Dear Temans,

Waktu mudik Bogor, dakuw sempat berkunjung nih ke toko furniture yang happening banget. Yup, Ikea yang beralamat di Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45, Alam Sutera Serpong, Tangerang.

Tidak sulit mencari toko ini, karena tulisan mencolok Ikea di atas gedung. Perusahaan yang berasal dari Swedia ini akhirnya membuka tokonya di Indonesia. Biasanya, orang-orang Indonesia berburu Ikea saat melancong di Singapura.

ruang tidur

Bahkan, ibuku sempat membelikan sempoa besar dan hiasan gantung saat jalan-jalan di Singapura. Dan barangnya awet sampai sekarang. Padahal sudah berapa tahun lalu, ya.

rumah oma dan alde hehe

Tokonya dibagi per section. Misalnya bagian perlengkapan ruang tamu, perlengkapan kamar tidur. Penataannya pun homey. Tidak seperti toko furniture lain yang kursinya nggak boleh dicoba, disini bebas mencoba sofa atau tempat tidur.

Penataannya pun layaknya rumah, yang homey, sedikit berantakan. Seperti rumah orang biasa, hehe. Nggak rapi dan steril seperti di majalah interior. Barangnya unyu-unyu dan nggak mainstream, tapi karena produk luar negeri yaa jadi mahal di kantong eyke hihi.

denah rumah contoh

Yang menarik, Ikea memberi tips menata rumah mungil di tokonya. Mereka membangun semacam rumah contoh di tiap seksi, sebagai inspirasi menata rumah dengan perabotan yang tersedia di Ikea. Dan rumah contoh ini ruangan-ruangannya persis rumah betulan. Ada ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, dapur dan toilet. 

perhatikan peti-peti kecil di atas ambalan kayu cantik tapi fungsional

Penataan perabot di rumah contoh ini benar-benar maksimal, nggak ada bagian yang terbuang. Dan semuanya tak seekdar hiasan. Tapi fungsional. Tipe-tipe rumah contohnya pun berbeda tapi tetap untuk penataan rumah mungil. Ada rumah tipe 54, 45, bahkan untuk apartemen tipe studio yang hanya satu ruangan. Wah, eyke banget nih. Asli, ngences. Hihihi. Siapa tahu ya, bisa beli rumah kedua dan menatanya seunyu ini.

ngences lihat buku anak yang dipajang bukan dummy lho

Ikea seperti mau bilang, rumah keren dan fungsional itu nggak cuma untuk rumah yang bangunannya besar dan megah. Rumah mungil pun bisa tampil keren dan menyenangkan bila ditata dengan apik. Penataan rumah mungil memang agak rumit ya. Rumah mungil bisa nampak sesak dan sempit kalau kebanyakan barang. Jadi, kumuh deh. Boro-boro terlihat seperti tampilan di majalah interior hihi.


tips menata rumah mungil di ruang tamu

Untuk penataan rumah mkungil adalah, bagaimana memaksimalkan lahan yang sempit tapi fungsi lengkap rumah tersedia, dengan tampilan keren pula. Solusinya, Ikea banyak memberikan ide berupa rak-rak dan laci-laci untuk menyimpan barang-barang kecil. Jadi, kesannya rumah clean. Karena printilan kita masuk rak, lemari dan laci semua.

penataan ruangan tipe studio tempat tidurnya di atas bawah untuk sofa

Tips menata rumah mungil berikutnya adalah kita harus cermat memilih perabotan.
Ya, Namanya lagi mengisi rumah idaman ya. Apa yang kita idamkan ingin segera terpenuhi. No, no.

Selain mengutamakan fungsinya, Kita juga memilih perabotan yang sesuai dengan luas dan tema ruangan.
Jangan memilih perabotan yang besar dan berkesan berat. Langsung deh, rumah tampak sesak. Ikea menyarankan perabotan yang ringan, berkesan bersih dan modern untuk rumah mungil.

Iya, perabotan dengan ukiran tradisional biasanya terbuat dari kayu jati yang berkesan berat. Kalau suka ukiran, pilih yang ringan penampilannya.

ruang duduk nyaman

Sesuai tema? Apa itu?
Yup, setiap rumah pasti memiliki tema sesuai selera penghuni rumahnya.
Tujuannya sih, biar setiap ruangan terlihat indah dan nyaman ditempati beraktivitas. Serasi. Intip foto ruang duduknya di bawah ini. Temanya girly dan bernuansa pastel. Jadi, memilih perabotan pun yang berwarna soft dan manis. Ruangan nampak lebih luas ya jika perabotannya berwarna terang.

tips menata rumah mungil ala ikea

Warna cat ruangan juga mempengaruhi efek suatu ruangan.
Ruangan yang sempit akan nampak lebih luas bila cat ruangannya warna terang seperti putih, krem, pastel.

Tips terakhir, beli barang-barangnya kudu di Ikea, hihihi.

Benar deh, penataannya bikin ngences.
Wah, langsung deh aku, Alde, dan ibuku foto-foto berbagai arah, hehe. Berasa rumah sendiri. Adikku yang bungsu berencana mencicil rumah tahun ini. Walaupun kalau beli rumah di pengembang, denah ruangannya standar ya. Beda kalau membangun rumah sendiri. Tapi, aku rasa tips menata rumah mungil ala Ikea bisa menjadi inspirasi untuk dia.

Doakan ya, semoga keinginan adikku cepat terkabul, aamiin.









42 comments:

  1. ya ampun itu rumahnya aku suka banget mbak, walaupun mungil tapi kalau penataannya seperti itu kan enak juga dipandang...jadi betah deh :)

    ReplyDelete
  2. Ikea selalu muncul dengan inspirasi penataan ruang yang keren. Irit tempat dan fungsional

    ReplyDelete
  3. duh,ikea ya...bikin lumer kalau lihat barang2nya hehehe....rumahku mungil tapi belum bertema,habis baca ini jadi lebih tahu^^

    ReplyDelete
  4. Duh, aku baru pindah ke rumah baru, kecil. Natanya bingung, mau gerak aja bingung hihiii

    ReplyDelete
  5. wow jadi pengen punya rumah secepatnya amin2 hehehe

    ReplyDelete
  6. Wow rumah bertema ya, keren pastinya.Wah apa jadinya ya klo ikea buka cabang di Surabaya hihihi

    ReplyDelete
  7. Ah...selalu tak tahan melihat desain interior. Kapan ya bisa ke ikea? Pasti betah berlama-lama di sana :(

    ReplyDelete
  8. Bagus2 bagus ya pertanyaannya bisa ngga bertahan serapi dan seasri itu sepanjang hari tak berantakan mungkin bisa saat anak2 udah gede kali yaa

    ReplyDelete
  9. IKEA mengekspor mebel dari jepara lalu diimpor ke kota besar di Indonesia. dengan brand IKEA, laris manis. IKEA memang hebat untuk ide dan cara penjualannya.

    ReplyDelete
  10. Pengen siy ke ikea, tapi jauh mak dari bekasi,klo beli barang gede jadi mahal di biaya antar ya? Hiks

    ReplyDelete
  11. Kagak bilang2 biisa meetup nihh

    ReplyDelete
  12. Bagus2 ya mak furniture di IKEA. waktu itu jalan2 sama keluarga ke IKEA alam sutera, akhirnya cuman beli wadah buat naruh cucian piring doang...:D seneng aja liat2nya..

    ReplyDelete
  13. Menginspirasi banget nih penataannya.Andai bukan di Bogor, tapi setidaknya desaignnya bisa menginspiras buat penataan rumahku yang sak uplik :)

    ReplyDelete
  14. Bagus-bagus tata ruangnya. Nambah ide di dalam ngatur ruangan di rumah. Makasih sharingnya mak.. :)

    ReplyDelete
  15. Pengen banget punya rumah compact begitu.. tapi kan... prabotan ikea muahaaal.. kalo prabotan yang lain, gak kece...

    #persoalan x))

    ReplyDelete
  16. sukaa dengan pernak pernik rumah, kalau di Ikea sih memang yah harganya bikin pengen ngekepin dompet. Tapi biasanya kalau aku cuma cari inspirasi aja, nanti bisa cari barang lain yang serupa dengan harga miring.

    ReplyDelete
  17. Duuuh... cakeeeep... Naksir! pas banget inih buat rumah saya yang mungil :)

    ReplyDelete
  18. Barang2 perabotannya bagus2 ya Mak...

    ReplyDelete
  19. meskipun mungil itu rumah kalo ditata dengan rapi pasti keliatannya indah iya mba :)

    ReplyDelete
  20. Belum ke sini. Takut sakit mata :)))

    ReplyDelete
  21. Ikea emang pinter mendekorasi ya...jadi pada mau beli kayak yg dicontohin :D

    ReplyDelete
  22. Yaaa...mbak Dew bikin dakuw mupeng nih. Rumahku yang sekarang kan mungil, cucok deh ide dari IKEA ini mbak. TFS ya :D

    ReplyDelete
  23. Rumah oma nya alde apiik n rapi yaa

    ReplyDelete
  24. Ikea memang bikin mata seger ya..
    keren...

    salam

    ReplyDelete
  25. rumah idamaaaan g perlu besar y mak...yg pnting itu penataannya lho..n efektifitas furnitureny

    ReplyDelete
  26. Bikin mupeng mak dew... Hiks. hiks

    ReplyDelete
  27. Sukaa ama kamar yg tipe studio, cocok tuh buat kamar Aim :D

    ReplyDelete
  28. bener-bener kayak rumah biasa ya. sama sekali nggak terlihat seperti sebuah toko furniture.

    ReplyDelete
  29. @fita:hihihi dakuw juga cuma beli cermin dan piring plastik buat bocah maak :p

    ReplyDelete
  30. @lady: rumahnya ini banyak didekor kotak dan rak mak..jadi kalau ada mainan bocah2, selesai main langsung masuk rak dan kotak-kotak penyimpanan gitu, jadi langsung tring..rapi :)

    ReplyDelete
  31. @echa: aku ingatnya rumahmu bintaro chaa..deket to dari alam sutra?

    ReplyDelete
  32. @ihwan: iyaaa...unyu yaa...kreatif hihihi bagus buat kamar anak cowok

    ReplyDelete
  33. Suka banget kalau urusannya sama desain interior. Berkreasi ala ala gitu, biar rumah jd homey & sentuhan si empunya rumah terasa kuat.

    Kapan2 main ke Ikea ah. Main aja lho ya, gak pake acara bli bli. Hehehe.

    ReplyDelete
  34. Aduh IKEA slalu bikin mupeng ! Betah aja disana lama2, bawaan pingin ngeborong aja mak... hahahaha

    ReplyDelete
  35. Hwekekeke... Mbak Dedew malah udah ke IKEA aja. Dari sebelum ada IKEA di Indonesia, aku udah meniatkan main ke IKEA kalau ada. Begitu ada, sampai sekarang malah belum kesana. ck..ck..ck...

    Soale kalau dari Bogor lumayan juga jaraknya yak. Ada kendaraan kalau embahnya dateng doank.. hwkekekee

    ReplyDelete
  36. @wilis: iyaaa..lumayan jauh kalau dari bogor yaa...aku tuh pas ada perlu aja jadi menjelajah kesana sekalian hihihi

    ReplyDelete
  37. Produk Ikea memang berkualitas ya mbak, sehingga diterima baik dipasaran.

    ReplyDelete
  38. huwaaa..ada tulisan ttg IKEA juga..dulu pas ke IKEA di norway mimpi ada IKEA di Indo..eh ada beneran,tp tetap aja jauh di Tangerang..hehehe..coba ada bis gratisnya. tp emg harganya jatuhnya tetep berasa mahal ya Mbak.pdhl aslinya IKEA tuh konsepnya murah tp unik dan berkelas..

    ReplyDelete
  39. penataannya bagus sekali
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete
  40. keren-keren semua barang2 di ikea. semua pengen dibeli tapi sayangnya mahal2 banget sih,...

    Cari rumah di Jakarta? Langsung aja klik ini gan. Perumahan terbesar dan sudah dihuni oleh 3 generasi
    www.citragardencity.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...