Monday, January 19, 2015

Imam Santosa Semarang Runners: Lari Membuatku Bahagia!

Dear Temans,

Kali ini dakuw mau mengajak kalian berkenalan dengan Mr. Imam Santosa.
Dakuw mengenalnya di Kelas Inspirasi Semarang, kami sama-sama mengajar di SDN Ignatius Riyadi, Semarang.
Mas Imam


Kesan pertama langsung menggoda, Imam ki kocak tenan! Hihi. 
Dia dan teman-teman sekelompok lain memecahkan kekakuan kami yang baru pertama kali bertemu. Dakuw yang biasanya grogi ketemu orang baru uhuk, jadi nyam nyam, seperti udah kenal lama, hihihi.

Bayangkan, Mas Imam langsung menari ala Gangnam Style pas rapat!

"Kita senam ini saja, pas upacara!" usulnya bersemangat.
Aku ngakak. 
Seisi ruangan menatap takjub melihatnya bergeol-geol.
Wah, bakalan seru nih kelompok kami!

Berbagi ilmu di SIS gara-gara Mas Imam

Imam Santosa, lelaki lajang kelahiran Purbalingga.
Dialah biang keroknya, ups..haha, yang mengerjai aku untuk sharing tentang nulis di Semarang International School. dengan terbata-bata.
Ya, Mas Imam adalah business manager sekolah beken di Semarang itu.
Ia mencintai pekerjaannya itu, karena walaupun harus profesional, ia merasa berada dalam sebuah keluarga besar yang beragam dan saling mendukung.
Iya, Mas Imam dicintai anak-anak. Waktu main kesana, pada gelendotan kabeh hihihi.

Kegiatan Semarang Runners

Lelaki kelahiran September 1983 ini memiliki banyak hobi diantaranya baca buku, fotografi, travelling, masak, hiking, tapi yang paling ia suka adalah..lari!
Ya, Mas Imam cinta sekali berlari.
Saat bertemu, hobi inilah yang ia ingin tularkan pada kami, apalagi melihat postur kami yang membuncit semua hihihi.

Hampir setiap hari, biasanya sepulang bekerja ia lari. Dengan kecepatan, jarak dan rute yang berbeda-beda. Awalnya, ia ikut kegiatan lari malam yang diselenggarakan oleh komunitas lari yang menginduk di sebuah komunitas di Jakarta. Ternyata, Mas Imam ketagihan. Ia pun rutin ikut kegiatan itu.

bareng Kelas Inspirasi Semarang SD Ignatius Riyadi
Seiring waktu, apalagi olahraga lari happening banget, peserta makin bertambah.
Akhirnya Mas Imam presentasi tentang grup lari yang independen, nggak menginduk ke cabang manapun. Jadilah, 11 Septermber 2013, terbentuklah sebuah komunitas lari yang independen, non profit dan non fuunded, Semarang Runners. Tujuan mereka mempromosikan cara lari yang baik, benar, dan aman serta jadi wadah bagi pecinta lari di Semarang dan sekitarnya.

Mas Imam pun didapuk menjadi ketua Semarang Runners.
Sejak itu, komunitas ini makin besar, anggotanya di sosmed sekitar 2000-an orang. Tapi, yang aktif sekitar 200 orang. Mereka memiliki kegiatan beragam lho diantaranya rutin mengadakan lari malam setelah office hour, ada pula kegiatan lari di alam seperti ke Gunung Ungaran. Mas Imam dkk juga rajin ikut event lari yang kini kerap diadakan di Kota Semarang. Semarang Runners juga punya kegiatan mensosialisasikan lari yang benar ke sekolah-sekolah. Keren pisan ya!

Apa sih manfaat lari?

Banyak. Tapi, bagi Mas Imam manfaat lari adalah: 

1.  Lari mengajarkan saya tentang apa itu pantang menyerah, setelah memulai lari, pantang untuk berhenti sebelum target saya terlampaui. 

2. Lari mengantarkan saya ke tempat-tempat luar biasa yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, baik puncak gunung, hutan bahkan jalanan indah yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. 

3.      Lari mengajarkan saya tentang apa itu sportifitas dimana kita harus mengikuti semua peraturan yang ada saat berlari. Cheating atau curang tidak membuat kita bangga sama sekali, tapi membuat kita malu. 
4.      Lari membuat saya lebih berpikir positif karena saat berlari saya bisa melihat banyak sekali orang dengan banyak sekali latar belakang dan kegiatan. Baik si kaya maupun si miskin. Dengan itu membuat saya lebih bisa menerima diri saya sendiri dan membuat saya lebih mengargai orang lain lagi. 

5.      Lari mempertemukan saya dengan orang-orang baru dengan latar belakang berbeda yang kemudian menjadi teman sepelarian saya, bahkan menjadi teman baik ataupun saudara sepelarian. 

6.      Saya belum tahu apakah lari yang mebuat saya lebih sehat, tapi semenjak saya berlari, hempir absensi saya 100 %, tidak pernah ijin sakit. 

7.      Saya lebih berbahagia. Apabila saya ada masalah, saya akan melampiaskannya dengan berlari. Apabila saya sedang marah, saya juga akan melampiaskannya dengan berlari. Dengan itu, saya bisa lebih tenang dalam menghadapi masalah. Saya bisa berpikir lebih jernih lagi. 
 
Keren ya!
Oh iya, Semarang Runners terbuka untuk siapa saja lho yang mau gabung. Kamu tinggal datang saja pas mereka ada kegiatan lari rutin. Syaratnya cuma satu, kamu memang punya keinginan untuk senang-senang lewat olahraga lari. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang Mas Imam yang kocak dan Semarang Runners? Klik aja Facebook: Semarang Runners atau Follow Twitter: @smgrunners. 

Apa saran Mas Imam untuk yang nubie?
"Saran saya adalah, take it easy. Lari itu menyebalkan, capek, sakit dan keringatan. Kalau kita memaksakan maka akan membuat kita untuk segera saja berhenti lari."

Hehe. 
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, untuk kamu yang di Semarang dan sekitarnya, lari yuuk bareng Semarang Runners! Sehatnya dapat, funnya dapat! :)


Photo Courtesy of Imam Santosa & 
Darmawina Datu

26 comments:

  1. Pengen juga nih nyobai olah raga lari... :)

    ReplyDelete
  2. Banyak manfaat lari ya. Tapi sepertinya aku mesti belajar jalan cepat dulu deh sebelum lari. Jalan biasa saja sudah ngos2an *ketauan nggak pernah olah raga haha :D

    ReplyDelete
  3. lari itu olahraga yg murmer ya mak...terus terang , saya larinya masih di dalam rumah. Lari dari kamar ke dapur terus ke kamar mandi terus ke teras hihi...nanti kalau anak gedean kali bisa diajak lari keliling komplek. Malu kalo sendirian mah :D

    ReplyDelete
  4. setujuu..
    aku juga suka larii. apalagi kalo lagi kalut, galau, bosen. pengen refresh-in pikiran. sepulang kerja tinggal mampir ke GBK terus lari. hati riang badan pun sehat. tapi asli deh.. emang lari itu bikin jernihin pikiran. bukan berarti lari dari masalah setidaknya pas lari suka dapet inspirasi dan pikiran terbuka (kataku si eheheh)

    ReplyDelete
  5. Wah, keren ya Mas Imam ini. Aku jadi inget hobi lamaku, lari. Udah lama gak aku lakuin. Dua bocah bikin aku susah lari. Hihihii...

    ReplyDelete
  6. Keren yaa, boleh juga tuh dicoba buat emak2, lari bareng bocah, siapa takut? hehehe. Oiya mb, saya liat banner d sebelah, anak kos dodol difilm-in ya? kereen, selamat.

    ReplyDelete
  7. Mas imamku say..salam kenal dong dari saya, melihat postur tubuhnya,saya ko' jadi tergoda untuk lebih dekat mengenalnya lebih dalam lagi, apalagi aktivis dan inspirasi semua orang disekitarnya..suwer kenalin saya ya bu.
    salam peluk gituh yah

    ReplyDelete
  8. untuk olahraga yang satu ini tentunya harus mempunya Fisik yang kuat ya kang hehehe

    ReplyDelete
  9. Hihi, kalo ada hal berbau tentang lari, jadi inget film Thailand judulnya 7 Something Mak Dew :)

    ReplyDelete
  10. selalu pengin lari tapi rumah ke jalan raya lumayan jauh~~

    ReplyDelete
  11. pengin ikutan nih, tapi di purwokerto kagak ada -_-

    ReplyDelete
  12. Wah positif sekali profile Mas Imam ini, semoga menjadi inspirasi buat yang lain juga ya Mba Dedew

    ReplyDelete
  13. Pengen deh kalo maen ke semarang bisa ketemu, Haduh g pernah lari aku

    ReplyDelete
  14. langsung ngumpet ke pojok, aku gak pernah lari :)

    ReplyDelete
  15. hwahhh filosofi tentang larinya banyak banget :D
    aku juga suka lariii, lari ditempat samping kasur, hihihi

    ReplyDelete
  16. Makasih udah mampir yaa teman-teman, hihi aku juga masih disuruh2 sama mas imam hihi buat lari, kok ngos2an duluan yaa *nenek2 beud..

    ReplyDelete
  17. ampun mbak ampun....
    saya ga kuat lari, tapi kalo jalan seberapa jauh mah kuaat.. :D

    ReplyDelete
  18. Takuuut.... takut engkel kaki melesak lagi, hiiiks...

    ReplyDelete
  19. Inspiring :) Tapi berhubung aku gak bisa lari, jalan-jalan sama Eris anjingku aja deh, hihihi.

    ReplyDelete
  20. Aku tiap pagi olahraga tapi jalan cepat aja & sesekali lari. Kalau lari konstan biasanya aku kliyengan trus semaput :D

    ReplyDelete
  21. @mak lusi: samaa hihi..ni makanya ditantang mas imam untuk coba lagi pelan-pelan..belum kesmapaian hihihi

    ReplyDelete
  22. @fandhy; coba aja bikin dengan teman2 dekat...tar pasti banyak yang gabung..

    ReplyDelete
  23. Ikuti "NEXTAR" fun run 11 oktober 2015 di halaman parkir gedung dprd semarang, hanya dengan pembelian 1 box nextar seharga Rp.20.000,- alamat lengkap..perum pondok bukit agung blok L no 28 ngsrep timur V Banyumanik..no telp : 08563452325. ( MAS RENDRA ) , 082257819391 ( MAS UNYIL )

    ReplyDelete
  24. Ikuti "NEXTAR" fun run 11 oktober 2015 di halaman parkir gedung dprd semarang, hanya dengan pembelian 1 box nextar seharga Rp.20.000,- alamat lengkap..perum pondok bukit agung blok L no 28 ngsrep timur V Banyumanik..no telp : 08563452325. ( MAS RENDRA ) , 082257819391 ( MAS UNYIL )

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...