Monday, November 3, 2014

Tips Nulis Dahsyat Dari Kang Gol A Gong :)

Dear Temans, 

Alhamdulillah, Kamis (23/10) lalu, Komunitas Penulis Ungaran launching di Perpustakaan Daerah Kab. Semarang. Komunitas ini ingin mengikuti jejak sedulurnya, Komunitas Penulis Ambarawa yang lebih dulu eksis. Cita-citanya sih, ingin mengumpulkan penulis dan calon penulis yang tinggal di Ungaran. Siapa tahu, Ungaran tidak hanya beken dengan pabrik-pabrik besar dan tahu baxo tapi juga dengan karya para penulisnya yang ciamik? Aamiin.

Alhamdulillah,
Kang Gol A Gong and the crew sedang mengadakan tur literasi Jawa Barat-Jawa Tengah. Dengan mobil kepedulian, mereka berkeliling daerah untuk sharing tentang menulis dan mmbaca. Sebelumnya, Kang GG sharing dengan grup backpacker Mbak Yayah Rohayah di Dieng, Wonosobo. 


x
Aih, mupeng. Andaikan bisa ngintil Kang GG yaaa. Kang GG membiayai turnya ini dengan berjualan buku-buku karya beliau. Keren abis. Oh iya, Alhamdulillah, Kami bisa menodong beliau untuk sharing tentang menulis novel untuk komunitas PU. 

Kami menyambut beliau antusias. Semoga komunitas yang masih unyu ini bisa ketularan ilmu menulis beliau yang mumpuni. Panitia talk shwo ini berjumlah tujuh orang: Mas Ardi, Hani Widya, Aditya Meilia, Rani Kun, Dyah Setyamayanti dan dakuw serta Mas Bambang. 

Jadilah, di waktu yang mepet, hanya sebulan, kami berjibaku agar acara bisa sukses. Alhamdulillah Ibu Nelly Rahmawati, Kepala perpustakaan Kab. Semarang sangat mendukung dengan menyediakan tempat dan konsumsi. Horeee!


Oh iya, Kang GG juga mempromosikan buku terbarunya, Pasukan Matahari terbitan Penerbit Indiva Media Kreasi, Solo. Konon, Arie Sihasale menaruh minat untuk memfilmkan buku ini. Aku sudah baca bukunya. Tentang Doni, seorang wartawan sekaligus novelis bertangan satu yang akan reuni dengan gengnya ke anak Gunung Krakatau. Ciamiik!

asyik menyimak sharing master GG

Setiap peserta talk show bakal mendapatkan buku terbaru Kang GG. Dan inilah yang bikin kami ketar-ketir. Pas Hari H, bukunya belum selesai dicetak! Huaa. Jadilah, kami jelaskan ke peserta hal yang terjadi. Syukurlah, Mas Ardi hadir di acara launching Pasukan Matahari di Solo dan bukunya sudah ready, jadi bisa kami todong ambilin buku dan minta tandatangan Kang GG sekalian untuk segenap peserta dan panitia. 
 Horeee! Makasih Mas Ardi! You're a hero! Makasih ya Mba Yeni!

Penampilan dahsyat Mas Muhammad Triyono


Sebagai panitia kece, dakuw cukup banyak wara-wiri mengurus ini-itu saat Kang GG sharing. Tapi, yang bikin aku tertohok mendengarkan beliau adalah:

1. Penulis itu pekerjaan terhormat, karya takkan lahir dari tempat-tempat kotor. Tapi dari hasil pemikiran dan riset mendalam.
 Jangan mencari inspirasi di tempat-tempat kotor seperti toilet. Ingin ide berlimpah, kamu ingin produktif, bacalah banyak buku. Inilah misi Kang GG untuk para penulis. Buku memperkaya seorang penulis. Amunisinya.

Kang GG bisa menulis puluhan, ratusan buku, karena ia sudah membaca ribuan buku. Apa yang sudah dibacanya, menjadi sumber ide melimpah juga menjadi bahannya untuk menulis banyak hal.

2. Siapkan dirimu sebelum duduk depan laptop.
Banyak penulis mengalami writer block karena mereka tidak mempersiapkan diri lebih dulu sebelum nongkrong depan komputer. Jadilah, mereka sering blank. Kang GG menyiapkan kerangka karangan dulu sebelum terjun menulis novelnya. Dan semuanya ia tulis detil, mulai dari karakter tokoh, setting dll. Kerangka itu sebagai panduannya menulis dan jarang terkena writer block. Ia sangat produktif menulis buku lho. 

Kata-kata beliau inilah sangat menohok dakuw. Karena, dakuw termasuk penulis yang sering nongkrong depan laptop tanpa persiapan dan walhasil bengong berjam-jam kikikik. Karena tohokan Kang GG itu pulalah, mengilhami dakuw untuk menuliskan mind map untuk anak Semarang International School beberapa waktu lalu.

3. Tulisan ibarat jalan setapak yang bisa membawa orang ke mata air atau nyala lilin di kegelapan.
Ini kutipan Kang GG yang berhasil ditulis oleh Bu Nelly di status FB. Puitis sekali, bukan? Nggak heran Teh Tias Tatanka jatuh cinta padanya. Hihi. Benar banget, dengan menulis sesuatu yang baik, Inshaa Allah jadi ladang amal kita, menghibur orang, berbagi ilmu dan banyak lagi manfaat menulis. Tak hanya untuk si penulis tapi bagi orang-orang yang membaca tulisannya.

4. Ciri khas Kang GG membuat quote di awal bab. Biasanya, ia membuat puisi sendiri dan bukan kutipan lagu atau puisi karya orang lain. Temukan keunikanmu. 

Hm, apalagi ya? Mungkin teman-teman yang hadir bisa menambahkan? 
Dakuw mewakili Komunitas Penulis Ungaran mengucapkan terima kasih kepada Bu Nelly Rahmawati & Perpusda Kab Semarang atas supportnya, moga PU bisa lebih aktif berkarya ya Bu, aamiin! 

Kang GG berpose dengan panitia dan kru Tur Literasi, anak muda hebat yaa

Juga untuk saudara kami, Komunitas Penulis Ambawara yang sudah hadir dan berkenan mengisi acara dengan pembacaan puisi yang ciamik dari Mas Muhammad Triyono & Mbak Maria Utami. Mas Agus Surawan and the gank, matur nuwun sanget! 

Terima kasih Bu Nelly dan teman-teman Penulis Ambarawa

Tak lupa, Teman-teman yang sudah hadir di acara itu, makasih yaa! Semangat ya teman-teman, ini bukan akhir, baru awal perjuangan kita berkarya! Semangaat! :) 

semoga kita makin semangat berkaryaa


  Photo Courtesy of Bambang & Gong Smash

10 comments:

  1. Aaak, besok Kang Gol A Gong mau ke Sby.... Senaaang...

    Makasi ya mba :))

    ReplyDelete
  2. Trimakasih sharingnya..
    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Makasih sharingnya mak Dew, mau ikut perut dah buncit neh, ngos2an kalau mau sampai smg :D

    ReplyDelete
  4. Mksh mbak Dew..Dew..atas share nya..

    ReplyDelete
  5. pengen deh ikut workshop nulis, biar pinter, praktek sama teori itu penting

    ReplyDelete
  6. Ngga ada persiapan ngidupin kompi, ujung2nya fesbukan tok, huhu

    ReplyDelete
  7. Aku salut banget sama Mas Gola Gong. Karyanya, Rumah Dunianya, trus tambah sharing ini pula. Inspiratif. Kapan2 pengen ikuatn event yang ada beliau sbg pembicaranya...

    ReplyDelete
  8. wah... kelihatannya seru tuh acaranya..
    kapan2 Kang Gol A Gong ke malang jawa timur dong..hihi ^_^

    ReplyDelete
  9. Makasih sharingnya mak Dew, mau ikut perut dah buncit neh, ngos2an kalau mau sampai smg :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...