Friday, July 18, 2014

Berlatih Relaksasi di Taman Pintar Yogyakarta :)

Dear Temans,

Hari Minggu (13/07) lalu, dakuw mengajak Nai dan Alde ke Taman Pintar, Djokdja. Demi memenuhi janji pada si ceriwis Alde, hehe. They're so excited. Ketika mau mandi di Taman Air Menari, kami dicegat *halah, oleh seorang mbak, membagikan brosur. Ada kelas bermain untuk anak-anak yang diselenggarakan Sari Husada gratis di Gedung PAUD Timur Taman Pintar.


main drum sambil hujan-hujanan


Mendengar kata gratis, emak langsung tergugah. Mengajak anak-anak masuk. Setelah didaftar, dibagikan rompi, anak-anak pun masuk. Ternyata, orangtuanya juga nggak dibiarkan bengong menunggu anak-anak main. Setelah mengisi data dan semacam kuesioner, seorang bapak maju ke depan. Beliau bernama dokter Djoko. Berikut isi materinya ya, semoga bermanfaat.


Kesehatan itu bermula dari makanan bergizi dan pikiran yang sehat.
Jika ada orang sakit, perlu dicari apa penyebabnya? Apakah ada masalah yang dialami orang itu? Apakah ia gmapang marah, cemas, stres, sedih dan galau?
Kalau iya, jangan diberi resep obat-obatan, tapi selesaikan masalahnya.

dokter Djoko in action

Psikosomatis, adalah penyakit yang timbul dari pikiran manusia. Dan yang mudah galau, lebih rentan kena penyakit fisik. Coba, telaah lagi. Apakah anda mudah emosional? Gampang meledak? mendadak cemas, sedih, takut dll? 

Orangtua harus selalu gembira. Ortu yang happy, membuat anak-anak happy dan sehat.
Ada cara mudah untuk relaksasi. Biasa diajarkan dokter Djoko pada pasiennya. Ia tidak memberikan resep obat tidur bagi pasien yang susah tidur, tapi cukup melakukan metode ini. Kami diajarkan dua metode oleh Pak Djoko. Saya tuliskan metode pertama yaa. Metode selanjutnya bersambung di postingan berikutnya, hehe.

Jika akan berangkat tidur, usahakan rileks, jangan membawa banyak pikiran. Matikan lampu kamar, gelapkan kamar agar tubuh bisa menghasilkan hormon endorfin.

Mengapa kita bangun tidur kerap malah merasa capai dan lelah?
Karena tidur dengan banyak pikiran, kita bermimpi. Sehingga tidur kita tidak nyenyak dan berkulaitas. Tidur yang nyenyak adalah tidur tanpa bermimpi.

Metode pertama adalah Latihan Pemberdayaan Emosi Secara Cepat

1. Duduk rileks, kedua kaki menapak lantai. 
2. Pejamkan mata, kosongkan pikiran, kibaskan hal-hal yang mengganggu seperti tagihan, anak rewel, rumah berantakan dll.
3. Tarik napas agak cepat, hembuskan.
4. Putar kepala perlahan, dari mendongak hingga kepala menunduk, hingga dagu menyenuh dada. Rasakan titik-titikn nyeri dan stresnya. Lakukan perlahan, jangan terlalu lambat, jangan terlalu cepat. Nikmati. Putaran pertama nyerinya akan terasa di beberapa titik.

rileks


putar kepala yaa

5. Lakukan sebanyak sembilan kali. Setelah 9 kali putaran, lakukan putaran kepala berlawanan arah. Sebanyak 9 kali. 
6. Setelah putaran kepala selesai. otot kepala, leher akan terasa lebih nyaman.
7. Langkah selanjutnya, masih menutup mata, tarik napas dalam, keraskan rahang hingga gigi beradu. Lalu mendengunglah dengan nada tinggi. Keluarkan emosi negatif anda. Sedang marah pada pasangan., kesal pada anak, bete lagi bokek. Berdengunglah dengan marah. Hingga emosi negatif terkikis. Lakukan berulangkali.
8. Setelah rileks, tetap memejamkan mata, kosongkan pikiran.
9. Kini mendengunglah dengan dengungan nada rendah. Rahang rileks. Cari nada yang sesuai dan nyaman anda rasakan untuk memijat otot kepala, relaksasi otak. Setelah melakukan berulang kali, anda akan temukan nada yang nyaman untuk anda. Ulangi sembilan kali dengungan.

Tante Taro meditasi


Mengeluarkan dengungan dengan berirama menghasilkan hormon endorfin dan melatolin. Hormon ini yang membuat kita merasa bahagia dan bersemangat.

Ulangi metode ini setiap hari selama seminggu dan rasakan manfaatnya.
Program ini diselenggarakan rutin oleh Sari Husada setiap hari Minggu di gedung PAUD Timur pukul 09.39 WIB-selesai. Tak ada jam khusus, jika kelas anak mulai, kelas untuk orangtua pun dimulai bersamaan. 

Setiap minggu, tema Parenting Programnya berbeda-beda, ada tema keseimbangan nutrisi anak, tips hidup sehat, dll. Hubungi contact personnya: Mira (081805844014).

Yuk, kunjungi kelas Pak Djoko jika anda sedang berada di Djokdja :)


4 comments:

  1. Wow. Bahkan di Taman Pintar ada latihan relaksasi. Sungguhhhh therlaluuuu kerennya

    ReplyDelete
  2. Keren acaranya, Mbak. Kalo dulu aku cuma mampir di malioboronya, belum ke sana, hehe

    ReplyDelete
  3. Wah kok kebetulan banget pas ada acara gitu ya? Yang bikin acaranya pinter juga tu orangtua dikasih kegiatan juga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...