Thursday, July 25, 2013

5 Tips Menangkap Ide Dahsyat


Dear Temans,
Gimana puasanya? Lancar kan
Selama Ramadhan, aktivitas ngeblogku berkurang jauh, hehe. Edisi malas nyalain lappy. Online via Ipad sekarang lebih santai rasanya.Bisa  diselingi baca, nulis, tidur-tidur ayam, dan main dengan bocah. 



Lagi pengen sharing tentang 5 tips menangkap ide. Sudah pernah kutulis belom ya? Hihi lupa *nenek muda
Yak, Ide, jangan ditunggu, kata siapa ya? *lupa lagii ><

Tapi, ditangkap, hap! Dengan stimulasi yang tepat, kamu bisa dapat ide nan dahsyat *wow, berimat.
Jadi, nggak ada tuh namanya nunggu wangsit, sambil terbengong-bengong, hehe.

Menangkap ide kini jadi kegiatan aktif. Bukan kegiatan pasif lagi.
Gimana caranya memantik ide biar nongol? Ada beberapa cara.
Tentu saja dilakukan sambil berdoa kenceng, moga ide yang datang adalah ide keren.Hihi.



Dari hasil pengamatanku*uhuk, 5 tips menangkap ide itu..

1.      Baca status orang di socmed entah di Facebook atau Twitter. Apalagi kalau isinya curhatan remaja yang galau pisan. Ampuh dijadikan ide nulis. Kayak hari ini nih, sebuah grup emak-emak online seller, ada postingan membahas tentang nama unik. Ada yang diberi nama ortunya: Waitingtulet. Jadi waktu dilahirkan, menunggunya lama banget. nggak Jeder, mendadak pengen nulis cerpen tentang orang yang namanya ajaib, kocak banget pasti.

2.      Lihat-lihat katalog buku sebuah penerbit, baca-baca sinopsis, lihat cover bukunya, menikmati ilustrasi buku, sering memantik ide tak terduga lho. Judul bukuku Absolutely Kribo, aku dapatkan setelah membaca novel Sharon Creech hasil hunting di lapak buku bekas impor, judulnya Absolutely Normal Chaos hehe. 

3.      Ngubek-ngubek cerpen atau arsip lama. Ada dua cerpen yang setelah kubaca dan renungi akhirnya dijadikan novel utuh. Ide ini didapat ketika mengubek-ubek arsip. Salah satunya cerpen tentang seorang anak SD yang ingin membeli buku favoritnya dengan mencari duit sendiri. 

tips memantik ide dahsyat


Satu cerpen yang gagal dimuat di media itu, disulap menjadi buku Melacak Penulis Misterius. Buku ini menceritakan seorang anak SD yang memburu penulis idolanya yang super misterius. Hm, seperti Ilana Tan mungkin ya? Enggan identitasnya diketahui publik.
Atau salah satu cerpen yang kutulis untuk ikut lomba, mendadak bisa jadi ide novel ketika aku membaca woro-woro lomba novel Passion Show Bentang Belia. Tinggal plotnya dibikin lebih kompleks.

4.      Hm, membaca majalah sering sukses memantik ideku. Apalagi rubrik kisah nyata yang mengharu-biru itu. Waktu nongkrong nungguin nyokap belanja, aku numpang baca majalah wanita yang isinya artikel kisah hidup penyanyi cantik Shania Twain. Daan, kisah Shania sukses bikin aku tergerak menulis sebuah naskah novel hehe.
Taraa, jadilah kisah hidup Alinka dengan lika-liku masalah keluarganya. Naskah Alinka ini sedang dalam proses menemukan jodohnya, hehe. Doakaan! 

5.      Oh iya, Tema sebuah lomba juga bisa bikin ide cemerlangmu mendadak nongol tuh. Soalnya kadang, tak terpikirkan oleh kita untuk menuliskannya. Tapi, karena ada woro-woro lomba. Jeder!

Misalnya nih tema truth or dare untuk lomba cerpen Onyol, lalu ada pula tema Rendang di Lomba Rubrik Gado-Gado Majalah Femina. Nah, kita jadi memicu ingatan dan pengalaman kita tentang tema itu, kan? 

Kalaupun tulisan nggak menang, naskah bisa dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengisi rubrik cerpen di majalah, atau dijadikan salah satu cerita dalam buku kita nanti. Nggak ada ruginya!

6.      Hm, apa lagi ya? *nenggak ginkgo biloba.

Segitu dulu deh, kalau ingat nanti kuteruskan. Atau kamu bisa menambahkan 5 tips menangkap ide ala kamu sendiri? Boleh banget! Segini duluu, semoga bermanfaat! 


6 comments:

  1. hihi, makasih mbak dew. Lagi mumet nyari ide daku

    ReplyDelete
  2. ide itu ada di mana2 ya...tinggal menuangkannya yang kudu konsisten, dan ini yang agak sulit buat saya #soksibuk :)

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya mak. Saya bookmark ya posting ini. :)

    ReplyDelete
  4. @vica: makasih yaa udah mampir say smga bmanfaat :)

    ReplyDelete
  5. @mba afin: sama-sama mbaa..ayo jalan2 nyari idee :)

    ReplyDelete
  6. @rina: iya mba, sayang kl ide cemerlang ngga segera dieksekusi, ntar keburu dijadikan buku atau artikel sama org lain hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...