Saturday, May 11, 2013

Tips Ngeblog Seru :)

Dear Temans,
Alhamdulillah, jadi juga kopdar ngeblog sekaligus meet and greet dengan Mbak Dian Kristiani, penulis porduktif asli Semarang yang kini tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur. Kopdar ini adalah kopdar bulanan IIDN Semarang. Agar maksimal kopdarnya, kali ini kopdar diisi dengan seluk-beluk ngeblog dari Rahmi Aziza. 

berpose dengan Mbak Dian K

Sebenarnya, kopdarnya mulai dari pagi. Karena Mbak Dian tidak bisa lama ngumpul. Ia dan keluarga mau piknik ke Djokdja. Akibatnya, aku nggak ketemu deh jadinya. Soalnya aku kudu beberes, mandikan dan nyuapin bocah sebelum ciao. Hehe, emak rempong. 

Mana galau lagi karena nggak enak ninggalin my lil family pas hari libur, hiks. Perjalanan ke rumah Mak Unik makan waktu 1.5 jam bersama Nailah, naik Trans Semarang dari Terminal Sisemut Ungaran, jauh yaa. Transit dan pindah bus di halte SMAN 5. Hampir kelewatan turunnya karena mengira Halte Makro dan Lottemart tuh beda, hihi. 


Mejeng Dengan Mbak Dian K, bukunya wow banyak!

Alhamdulillah, sampai juga di Mak Unik. Ketemu my sisters tuh bikin hati riang. Semua nampak senang karena abis kopdaran dengan Mbak Di yang rame. Ihiks. Nggak ikutaan! Kopdar kali ini bermanfaat sekali. Rahmi membagi tips ngeblog. Aku sharing tentang blog dari buku Creative Blog Writing, Rahasia Seni Menulis Blog Lebih Kreatif dari Ollie. Nyontek hihi. 

Bumil Rahmi Aziza sharing ngeblog with Thifa
Bunda sharing, bocah main ipad
Seluk-beluk ngeblog by Rahmi Aziza: 

1. Ada beberapa jenis blog: seleb blog, blogger ahli, blogger motivator, food blogger, fashion blogger, daily blogger, blogger pro, dan seperti dakuw: random blogger yang isi blognya gado-gado hehe. 

 2. Kita bisa menyewa domain sendiri untuk blog kita. lebih keren. Tapi, untuk pemula seperti kita cukup pakai blog gratisan seperti di Blogspot, Wordpress, Tumblr, Detik.com, Kompasiana dll. Pilih yang kita

senangi. Masing-masing blog ada kelebihan dan kekurangannya.

3. Blogger pemula, biasanya hobi mengutak-atik tampilan blognya biar nampak lebih kiyut. Jadi lupa nulis hehe. 

 4. Keaktifan blogger memperbarui isi blognya juga komentar dan pengunjung ke blog mempengaruhi page rank alias tingkat kebonafidan blog kita. 

5. Kini, blogger tidak dipandang sebelah mata lagi. Banyak job menarik yang bisa ditekuni blogger seperti reviewer sebuah produk, mengisi konten sebuah website, mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang di blog. Belum lagi lomba menulis blog yang kian menjamur dengan hadiah menggiurkan. Kuncinya, fokus pada lomba yang diikuti. Jangan diikuti semua, encok hehe. 

 6. Menurut Rahmi, sebaiknya jangan mengirimkan tulisan/posting tulisan untuk lomba blog pada saat-saat terakhir. Beresiko. Bisa tidak dibaca oleh juri, mendadak koneksi macet, juga menurut juri si peserta kurang serius menyiapkan diri untuk lomba sehingga jadi deadliners. Tapi, memposting tulisan di awal juga beresiko: dicontek peserta lain hehe. 

 7. Jangan asal main kopas di blogmu. Karena kalau keseringan akan dibanned Google. 

 8. Apa blog niche-mu? Alias market, target pembaca blogmu: 
 a. Pilih topik yang kamu sukai agar kamu rajin posting 
b. Pilih topik bermanfaat bagi orang lain agar pembaca selalu kembali ke blogmu untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. 
c. Pilih topik yang poternsial untuk berkembang, tidak mentok, bisa digali terus dan dikembangkan 
d. Pilih topik potensial untuk di-monetisasi aka diuangkan seperti fashion, teknologi. Berpikir jauh ke depan dan lihat apakah target pembaca dan topik blogmu bisa menjadi sumber penghasilanmu kelak 

9. Karakteristik Menulis Blog:
 a. Ringan dan bergaya percakapan, seperti layaknya ngobrol dengan sahabat 
b. Pendek dan to the point, tidak bertele-tele dan membuat pembaca bosen 
c. Dapat dibaca cepat 
d. Gambar sangat mendukung postingan kamu. Sebaiknya seimbang antara tulisan gambar biar pembaca seger. 
e. Mempertimbangkan SEO 
f. Ada sentuhan personal, pendapatmu sendiri 

10. Elemen Penulisan Blog: 
 a. Judul menarik perhatian 
b. Paragraf pertama yang nendang, bisa diawali dengan pertanyaan, kutip quote orang terkenal, kutip cerita menarik, buat kesimpulan di awal, pasang gambar dll 
c. Tambahkan link sebagai referensi 
d. Pasang gambar menarik bisa diambil di www.flickr.com tag creative commons. 
e. Buat postingan dalam bentuk list juga menarik pembaca seperti 8 kiat penulis best seller dll. 

Wow, kopdar yang bergizi, banyak ilmu, perut kenyang, foto-foto dan haha hihi bersama sahabat. Great times. 

cake coklat yummi mba sari untuk milad IIDN Semarang :*
Happy Milad IIDN!
Semoga abis ini IIDNers Semarang makin rajin nulis, rajin ngeblog, sering menang lomba lomba blog dan jadi seleb blog kayak Ollie, hihi aamiin! 


Kopdar IIDN Semarang 09 Mei 2013
Thank You Mak Uniek udah merelakan rumahnya diobrak-abrik pagi buta, Rahmi Aziza untuk ilmu ngeblognya, keren! Mbak Dian Kristiani yang meluangkan waktu hadir, sharing ilmu dan bagi-bagi ttd hihi, Mak Hapsari Adiningrum yang udah membuatkan cake milad untuk IIDN Semarang, yummii dan semua teman-teman yang sudah hadir. Jangan kapok yaa!

Dedew
www.semarangcoret.com 

7 comments:

  1. wow, tulisan tentang blog nya kumplit mak... aku gak begitu konsen nih ndengerinnya, disambi riwa riwi ke dalam rumah soalnya xixixxi.... thks for re-share ya mak Dew

    ReplyDelete
  2. Selalu lupa waktu dan males pulang tiap kopdar, kangeeennn

    ReplyDelete
  3. selalu lupa waktu dan males pulang kalo kopdar, kangeeennn

    ReplyDelete
  4. untuk poin no. 6 sebaiknya kirimnya pas kapan mbak ? hehe

    ReplyDelete
  5. untuk poin no. 6 sebaiknya kirimnya pas kapan mbak ? hehe

    ReplyDelete
  6. @susan: pertengahan ajaa..hihi..

    ReplyDelete
  7. Cukup terinspirasi oleh tulisan diatas. Makasih banyak..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...