Tuesday, April 16, 2013

Naskah Romanceku Kelar, Horee!

Dear Temans, 

Alhamdulillah.. Horee...akhirnya novelku romance-ku kelar juga hihi. 

Setelah lama terpendam di hati, ngerjain bab 1 nggak jadi-jadi, sudah diikutkan worskhop novel sebuah penerbit dan gugur karena nggak ngerjain tugas. Akhirnya karena desperate, akhirnya memantapkan diri ikutan kursus novel online bersama my suhu Teh Ary Nilandari sejak bulan Januari lalu. 

Kursus dengan Teteh Ary, benar-benar seperti dipecut, mengirimkan tugas membuat premis dan tema cerita, karakter, setting, plot lalu langsung dilanjutkan membuat bab 1. Setelah kelar 1 bab kukirim deh ke e-mail beliau, langsung dicek Teh Ary, dicorat-coret ala skripsi! Nyamannyaaa..

Ternyata, EYDku kacau balau sampe maluu! Sembari menanti komentar teh Ary, langsung kulanjutkan bab berikutnya.

Hambatan teknisnya, jaringan internetku luar biasa lelet, maklum di gunung. Tak hanya itu, laptop pun rusak jadi diservis cukup lama. Sembari nunggu, aku nulis di IPAD. Agak grogi karena tak terbiasa. Dan aku pun mengirim lewat email karena susah mengirim naskah ke grup kursus kami di FB.

Dan beginilah cara coaching kami seterusnya hingga bab 17! Ngebut! 

Teh Ary tak hanya mengecek EYD tapi juga memberikan ide cerita, menyarankan menghapus adegan yang sinetron sangat hehe. Setelah naskah selesai ditulis, mulailah kerjaan mengedit dan merevisi naskah, menggunting sana-sini, plotnya pun melar hihihi, kebanyakan bla bla hingga harus dipotong yang tak perlu, uhh, tidak tegaaa! 

Kini tiga bulan berlalu, kursus tinggal tiga hari lagi, akhirnya dakuw menyatakan naskah novel ini kelaar, Alhamdulillah! Lega! Ternyata aku bisa nulis panjang-panjang juga. Nggak hanya kumpulan cerita atau novel anak. 

Aku memaksa diriku, daan..hasilnya 148 halaman atau 43.727 kata. 

Rasanya? Legaaaa, nggak percaya, bahagia! 

Rencananya sih ingin kuikutkan untuk lomba novel romance sebuah penerbit. Dengar kabar di grup, beberapa teman sekelasku di ursus novel ini telah menemukan soulmate untuk naskah mereka yang baru selesai seperti Mbak Aniek Wijaya dan Mba Dewi Liez. Wow.

Semoga naskahku juga menemukan jodohnya, jadi terobosan baru untukku di dunia menulis yang begitu kucintai ini. Aamiin. Bismillah, semoga bisaaa! Yakin, hwaiting!

Last but not least, terima kasih untuk Teh Ary Nilandari yang sudah membimbingku hingga bisa menyelesaikan naskah ini. Maafkan jika selama jadi murid, rempong pisan ya teh. Buat teman-teman sekelas kursusku, ayo semangat berkarya! Kita serbu penerbit  dan bikin mereka jumpalitan, yaa, hehe.


8 comments:

  1. Pengalamannya sama Mbak Dewi. Jungkir balik selama proses nulisnya. Let's rock the publisher ;)
    Ikut berdoa untuk lomba romance-nya. Go, go, go Mbak Dewi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..jungkir balik yang seru ya, semoga menemukan jodoh penerbit yang benar2 klik ya mba fifa...aamiin..

      Delete
  2. menunggu terbitnya si kimmy. Eh, lanjutan Chaca juga ya. Memang nyaman banget ikutan workshop dengan Ibu Ary. bedaa rasanya. benar-benar dibimbing sampai ending. Ganbatte Dedew san! Cemungudh...(pinjem bahasa mak dedew).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya ya liz, moga ada jodohnya nih kayak Kiera. Iya, semoga ilmu sari teh ary bisa kita terapkan di novel2 selamjutnya aamiin hihi. Semoga lancar proses penerbitan naskahmu yaa...

      Delete
  3. Amiiin, semoga cepet ketemu jodoh. Kalo terbit, jangan lupa jatah preman ya Mbak Dedew... wkwkwk.... *nyungslep ke Rawa Pening :D

    Agnes Bemoe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa ada mba agnes hihihi, aamiin..ta traktirrr tp maen ke ungaran dulu doong.. :*

      Delete
  4. horeee mak dedew bisha... good luck n ketemu jodoh si naskah, aamiin... *muach buat Nai n Alde saja, hihihi

    ReplyDelete
  5. Makasih wurii moga naskah kt menang aamiin..ngareepp

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...