Sunday, December 2, 2012

Nulis Wisata Emang Asyiiik! (Laporan Acara Nulis Wisata Kang GG)

Dear Prens,

Akhirnya hari H tiba juga. Perasaan campur aduk. Excited, worry, takut, hehe..

Pagi-pagi, dakuw nitip bocah-bocah ke Mbah Uti lalu turun gunung nyamperin Fenty buat nebeng ke Deoholic. Disms sama teman-teman panitia yang janjian datang jam 8.

Ternyata oh ternyata, Deoholic masih tutuup! Setelah digedor-gedor, Dibukalah pintu oleh para lelaki yang masih aroma bantal. Mereka menunjukkan kalau mereka buka jam 11. Dan menyajikan makanan pukul 11! Lho, kami kan perlu siap-siap? Ruangannya pasti belum diapa-apain sama sekali, huaa!


Untunglah, ada ibu ketua panitia yang cool. Tanpa tarik urat leher, tuh mas-mas sangar membukakan lantai atas untuk kami. 

Lagi heboh angkat barang-barang eh Kang GG datang dengan Odie naik becak! Huaa.. Kang GG menyalami kami lalu membantu memberi komando untuk menata ruangan workshop. 

 Ayo mulai berbenah! Angkat-angkat kursi dibantu yayangnya Fenty dan Mas Jefri, marketing Agromedia. Memasang proyektor, banner dan backdrop. Tak lupa mencoba mik untuk acara. Menata meja dan kursi biar peserta nyaman di ruangan.

Tak lama kemudian Mas Wiwien Wintarto datang dan bertugas jadi panitia, hehe. Mas Wiwien ini penulis tinlit beken dari Semarang. Orangnya baek banget kami selalu iya aja ditodong oleh IIDN Semarang. Hehehe.. Tak lama kemudian, peserta berdatangan. Taro dan Aan jaga gawang. Meregistrasi peserta. Alhamdulillah, pesertanya melebihi target kami. 45 orang! Yeeaay! Senangnya lagi, ada Mbak Elly Lubis dan Evatya Luna, MPers dari jakarta! Mereka ada acara di Yogya dan mampir Semarang karena ada acara ini! Waa...thank you, girls! Mwaah..

Hadir pula Mas Agus Irkham, penulis dan tentor nulis suami tercintanya Mbak Jaziemah Al Muhyi. Hadir pula dari Forum Taman Bacaan Masyarakat Mbak Tirta yang ternyata tetanggaku di Ungaran, hihi kenalan deeh!

Agak molor dari jadwal, Acara pun dimulai oleh MC Wien Okta, Novelis muda Semarang. Acara diawali dengan berdoa, pidato penyambutan oleh dakuw dan Fenty, penyerahan bingkisan buku untuk Rumah Dunia dari Hasfa Publishing. Acara lalu dimulai dengan panduan moderator Mbak Dian Nafi, penulis sekaligus pemilik penerbitan Hasfa Publishing. Mbak Dian yang gesit ini memperkenalkan Kang GG kepada peserta dengan membacakan profilnya. Wow. Kang GG memang keren.

Beliau baru saja menyelesaikan tur ASIA bersama yayangnya, Tias Tatanka yang berakhir di Mekah untuk umrah. Perjalanan mereka dibiayai dengan memberikan pelatihan menulis di tiap negara. Kang GG juga menuliskan kisah perjalanannya di tiap negara dan mengirimkan ke berbagai redaksi majalah by email. Hasil perjalanan gempa literasi itu bakal terbit buku Honeymoon Backpacker yang ditulis bareng MBak Tias. Wow! Mupeng deh. Lihat foto-foto perjalanan mereka. India, Singapura dll. Kapan ya dakuw bisa kesana? Aamin ya Rabb..semoga disegerakan hehe.

Kang GG bercerita tentang backpacker dan makhluk halus. Bagaimana ia berkali-kali dicolek ketika melakukan perjalanan. Hihi. Jadi merinding. Kang GG sharing banyak sekali pengalaman yang berharganya. Antara lain:

1. Jangan jaim ketika travelling.
2. Stop BBM-an or pegang gadgetmu, buka mata lebar-lebar dan perhatikan sekelilingmu. Banyak hal menarik dan baru di perjalan ini. Temukan keunikannya.
3.Bicaralah dengan penduduk asli, kenali kebiasaan mereka, adat istiadat dan kebudayaan mereka.
4. Temukan keunikan itu dan tuliskanlah.

Travelling dalam rangka membaca ciptaan Allah SWT dan membaca ciptaan manusia. Juga menuliskannya, membagikan apa yang saya lihat dan rasakan (Gol A Gong)

Ada banyak jenis travelling. Diantaranya:
1. Wisata keluarga
2. Study tour with school
3. Backpacking
4. Ekspedisi
5. Naik gunung

Apa yang akan ditulis travel writer:

1. Perjalanan ke sebuah tempat
2. Wisata kulinernya, tempat wisatanya
3. Hotel tempat menginap
4. Ragam kehidupan masyarakat
5. Ragam budaya Apa saja bisa dituliskan, asal unik. Temukan keunikannya :)

Waktu berlalu terasa cepat karena Kang GG membawakan materinya dengan santai dan kocak tapi berisi. Peserta jadi jarang mencolek cemilannya karena terpesona. Sampai kami panitia menyodorkan piring snack berkali-kali. Hehe. Pemberian materi diselingi tanya jawab. Juga Kang GG memberikan tugas untuk membuat judul artikel wisata yang menarik dan catchy.

Ada pula tugas membuat sinopsis dari artikel wisata yang dibuat. Wow, ternyata judul dan sinopsis para peserta keren-keren. Jadi keder, hihi. Kang GG kami persilakan memilih judul dan sinopsis mana yang paling keren untuk mendapatkan hadiah dari kami.

Saat istirahat, kami mengedarkan makanan, mempersilakan shalat dan membagikan doorprize. Berbagai hadiah dari sopnsor: pembatas buku dari Uniek, madu dan buku-buku dari Indscript Creative, buku dari Hasfa, vocer spa dari Aluna Spa. Puas banget! Sesudah itu, Kang GG diserbu untuk foto bareng dan menandatangani buku Tewenya. Suasana heboh jadi kayak jumpa fans. Akhirnya disuruh foto berlima-lima agar tertib hehe. Dekat-dekat Kang GG ah biar ketularan jago nulis!
 
Nggak nyangka, Acara kami diliput oleh dua media yang sibuk mewawancarai dan memfoto sana-sini. Asyiik :) Alhamdulilah, buku-buku lapak Mas Jeffri dar Agromedia juga diserbu peserta. Ada yang membeli Anak Kos Dodol dan minta tanda tanganku serta berfoto bareng. Hihi arteees..

 
Sayangnya, rencana Kang GG untuk menulis di alam terbuka yaitu Taman KB terhalang cuaca hujan. Kami hanya sampai di Jalan Pahlawan. Tadinya, kami mau mengangkut para peserta eh keburu Kang GG mengajak rombongan peserta jalan kaki ke lokasi observasi! Hihi...kalah cepat nihh panitia rempong!

Setelah foto bersama dengan latar belakang Gedung Berlian Semarang, usai sudah pelatihan kami. Para peserta diberi tugas untuk mengumpulkan tulisan wisatanya untuk dipilih oleh Kang GG. Yang terpilih, bakal mendapat hadiah buku dari Kang GG dan tulisannya bakal diposting di web Kang GG! Asyiik! Peserta bubar, kami foto-foto dehh, narsiiis!
Sumpee..bodi gempor kecapean wara-wiri tapi hati luar biasa riang. Alhamdulillah, acara yang dipersiapkan sebulan berjalan lancar walau ada gangguan sana-sini. Kami memang emak embak kece! Hihihi..

Alhamdulillah, kami dapat teman baru, ilmu bermanfaat...semoga bisa sekeren Kang GG menulis artikel wisata, bisa jalan-jalan seru kayak beliau, aamiin! Makasih Kang GG dan Odie, para sponsor, para panitia yang udah kerja keras: Fenty Arifianti, Wuri Nugraeni, Aan Wulandari, Lestari, Wiwien Wintarto, Irfa Hudaya, Dian Nafi, Wien Okta, Hidayah Sulstyowati, Uniek Kaswarganti, Rahmi Azisa, Echa Kare, Mas Choirul Amin, semuanyaa!

Juga terima kasiih banget untuk member IIDN Semarang dan para peserta yang antusias. Jangan lupa gabung di grup Semarang WriTravelicious di FB dan kerjakan tugas Kang GG ya teman-teman. Jangan lupa ikutan proyeknya, buku Wisata Semarang. Aamiin! Go! Go! *peluk panitia dan IIDNers Semarang satu-persatu.

I Love You Girls!
Mari menulis, Yuk Berbagii..

1 comment:

  1. AKu termasuk yang beli anak kos dodol plus minta tanda tangan dan foto bersamamu mak, tar ku upload ya potonya :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...