Saturday, October 13, 2012

Jacqueline Wilson, Menulis Gelap Untuk Remaja


Dear Temans

Pertama mengenal karya Aunty Jacqueline Wilson aka Jackie, melalui my master, Bhai Benny Rhamdani. Kira-kira tahun 2007, aku ingin menulis sebuah novel anak. Dan Bhai menyarankan aku untuk membaca karya-karya Jackie Wilson. Terutama yang berjudul Sleepovers atau Pesta Menginap yang ditulis tahun 2001, dan telah diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama. 

Mrs. Jackie

Menurut Bhai, buku itu sangat cocok untuk mengembangkan penulisanku mengenai novel anak/ pre teen terutama dengan tokoh utama anak cewek. Sejak saat itu, aku jatuh cinta dengan Aunty Jackie, telay ya. Padahal buku-bukunya sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sejak lama. Aku pun mulai berburu buku-bukunya. Jackie Wilson penulis asal Inggris yang tersohor seantero dunia dengan buku anak dan remajanya. Ia adalah penulis luar biasa produktif. 



Tak hanya untuk anak, Jackie juga menulis buku untuk remaja. Baik dalam bentuk lepas ataupun serial. Penulis ini lahir di Bath, Inggris pada tahun 1945. Ia suka membaca dan berkhayal setelah membaca karya penulis favoritnya seperti Noel Streatfield dan. Saking hobinya berkhayal, di usia 9 tahun ia berhasilkan novel pertamanya di sebuah buku catatan. Wow. 

Karya fenomenalnya antara lain Serial Tracy Beaker, seorang anak yang tinggal di Panti asuhan. Suka berkhayal dan nyentrik. Serial ini bahkan telah dibuat film serial televisinya. Lebih dari 100 buku telah diterbitkan pleh Aunty Jackie ini. Bukunya terjual 30 juta kopi di Inggris saja, telah memenangkan banyak penghargaan buku anak dan remaja internasional seperti The Smarties Prize.
Oh iya, lumayan banyak juga lho buku Jackie yang telah diterjemahkan Gramedia Pustaka Utama ke Bahasa Indonesia diantaranya Serial Tracy Beaker, The Cat Mummy, Mum Minder, Double Act, Lizzie Zipmouth, Vicky Angel, Cookie, Lola Rose, dan banyak lagi. Aku suka semua buku Jackie yang sudah kubaca, namun favoritku adalah Lola Rose.


Dahsyat rasanya, saat nongkrong di bukfer dan menemukan edisi Lola Rose berbahasa Inggris dan hardcover. Seperti menemukan harta Jkarun  Ceritanya tentang Jayni yang kabur ke London bersama ibu dan adiknya, Kenny karena ayahnya suka memukul. Dalam pelarian itu, mereka mengganti nama dan berusaha bertahan hidup. Jayni menjadi Lola Rose.

Ternyata, hidup tak seindah nama barunya. Jayni harus menjadi dewasa dengan cepat demi melindungi keluarga kecilnya. Begitulah, kelebihan buku Jackie ini adalah walau segmennya anak dan remaja, Jackie banyak mengupas hal-hal yang gelap. Masalah yang sering dihindari oleh penulis buku anak dan remaja. 

Dua bukunya, The Cat Mummy dan Vicky Angel bercerita tentang kematian. Tracy Beaker dan Hetty Feather tentang anak yang tinggal di Panti Asuhan. The Suitcase Kids, Anak Tanpa Rumah bercerita tentang jungkir-balik hidup Andy, anak perempuan berusia 10 tahun setelah orangtuanya bercerai. Seminggu ia harus tinggal di rumah Dad dan minggu berikutnya di rumah Mum. Fiuh, tema yang berat dan menyesakkan dada terkadang.
Buku-bukunya menceritakan secara gamblang tentang KDRT, perceraian, kematian, kesendirian dan lain-lain kadang membuat jengah kita sebagai pembaca. Apalagi untuk pembaca remaja ya. Aku suka buku-bukunya. Semoga Aunty Jackie sehat terus dan terus berkarya. Selain menulis buku, Jackie juga mengajar tentang literature anak dan penulisan kreatif di Roehampton University.

Sumber foto: http://www.randomhouse.com.au/authors/jacqueline-awilson.aspx

Dedew
www.semarangcoret.com


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...